Tips
Catat 7 Hal Ini Sebelum Liburan ke Jepang
2017-09-29 07:16:15
HIS Travel

Jepang terkenal dengan masyarakat nya yang sangat sopan dan raman, namun banyak wisatawan yang datang ke Jepang sedikit nya khawatir akan menyinggung perasaan mereka dengan mengatakan atau melakukan hal yang salah. Sebagai wisatawan yang akan berkunjung ke Jepang, ada baiknya untuk mengetahui kebiasaan masyarakat nya terlebih dahulu.

Selama wisatawan berlaku baik dan sopan, orang Jepang akan memperlakukan hal yang sama. Orang Jepang sangat senang dan menghargai wisatawan yang setidaknya mengetahui kebiasaan dan budaya mereka. Berikut ini etika dan hal-hal tabu yang bisa menjadi panduan untuk berkunjung ke Jepang di musim gugur ini!

1. Membungkuk

Sumber gambar: daddystakoyaki.com

Ojigi atau membungkuk adalah salah satu kebiasaan yang paling terkenal di Jepang. Setiap orang pasti menyadari bahwa orang Jepang selalu menyapa sambil membungkuk, apabila kebiasaan berjabat tangan sering digunakan di Indonesia, di Jepang sebaiknya dihindari.Tetapi, orang Jepang juga memahami budaya berjabat tangan saat berkenalan. Membungkuk juga dilakukan orang Jepang saat mengucapkan terimakasih atau saat meminta maaf, semakin dalam membungkuk, semakin sopan.

2. Melepas sepatu

Sumbergambar: katsurarestaurant.com

Jika memungkinkan, sebaiknya wisatawan mengenakan sepatu yang mudah dilepas dan dipakai apabila berkunjung ke Jepang. Setiap memasuki restoran tradisional, ryokan (penginapan tradisional), atau area dengan tikar tatami, wisatawan perlu melepas sepatu. Perhatikan juga kaus kaki yang dipakai agar tidak mengganggu pengunjung lainnya di area yang sama.

3. Slipper

Sumbergambar: japan-guide.com

Selama melakukan perjalanan di Jepang, ada tempat-tempat seperti ryokan dan izakaya (tempat minum-minum di Jepang) yang menyediakan sandal khusus untuk ke kamar mandi. Saat memasuki kamar mandi, tinggalkan sandal rumah di depan kamar mandi dan ganti dengan sandal khusus kamar mandi. Orang Jepang sangat rinci terhadap melakukan segala hal. Hati-hati saat keluar dari kamar mandi, gantilah sandal khusus kamar mandi dengan sandal rumah, kemudian kembali ke ruangan untuk berkumpul.

4. Pintu Taksi

Sumbergambar: thelifepile.com

Kemajuan teknologi di Jepang membuat efisien dalam segala hal, jadi jangan heran apabila melihat pintu taksi terbuka secara otomatis. Ketika memanggil taksi, pengemudi akan berhenti dan pintu taksi akan terbuka secara otomatis. Hal ini selalu mengejutkan wisatawan yang baru berkunjung di Jepang, pintu taksi akan terbuka dan tertutup otomatis.

5. Cara memberikan uang pembayaran

Sumbergambar: jpninfo.com

Di Jepang, menyerahkan uang dari tangan ketangan sangatlah jarang ditemukan. Saat membeli barang atau pergi ke restoran, uang pembayaran tidak langsung di serahkan ke kasir tetapi melalui baki kecil yang disediakan. Di baki kecil itu lah uang kembalian juga ditempatkan. Hal seperti ini selalu digunakan di hotel, restoran, taksi, toko serba ada, kafe, stasiun kereta api, hingga Starbucks.

6. Penggunaan sumpit

Sumbergambar: tourist-note.com

Meskipun beberapa orang Indonesia sudah bisa menggunakan sumpit untuk makan, tetapi jangan lupakan etika-etika penggunaan sumpit ketika berada di Jepang. Ada banyak aturan penggunaan sumpit yang harus diperhatikan!

- Jangan mengarahkan sumpit ke orang lain, melambaikannya di udara, atau mengambil makanan orang lain dengan sumpit sendiri.

- Jangan menancapkan sumpit ke dalam semangkuk nasi, karena hal ini tradisi saat upacara kematian.

- Jangan berbagi makanan dari sumpit ke sumpit, hal ini juga terkait tradisi saat upacara pemakanan.

- Saat menyajikan hidangan yang dimakan bersama-sama, gunakan ujung sumpit bagian atas untuk mengambil makanan.

 

7. Handuk hangat  dan dingin

Sumbergambar: Japanese-traditions.com

Apabila wisatawan mengunjungi restoran atau izakaya, ada handuk basah yang dingin dan panas, ini biasanya disesuaikan dengan musimnya. Gunakan handuk tersebut untuk membersihkan telapak tangan, lalu lipat kembali dan letakkan di atas meja. Hindari untuk menggunakan handuk basah ini untuk mengelap keringat di wajah atau mengucap bagian tubuh lainnya, hal itu umumnya dianggap sebagai perilaku yang tidak sopan. Jadi berhati-hatilah!

 

Berikut 7 hal penting yang harus diperhatikan selama melakukan perjalanan di Jepang. Tidak perlu khawatir dan takut salah untuk melakukannya, orang Jepang selalu menghargai apabila wisatawan bersikap sopan dan mau beradaptasi dengan budaya mereka.

 

Ada banyak hal-hal menarik lainnya di seluruh Jepang yang bisa kamu cari tahu di H.I.S. Travel Indonesia. Selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan!