Jepang
Cari Tahu Fakta Wasabi di Wasabi Farm
2017-03-25 04:59:33
HIS Travel

Jenis makanan unik dari Jepang ini sering dihindari oleh beberapa penikmat sushi di Indonesia karena rasanya yang sensasional, kepedasannya yang berbeda dari bubuk pedas biasanya membuat lidah orang Indonesia sedikit terkejut. Namun ada juga yang menyukai wasabi karena rasanya membuat kombinasi unik ketika dimakan bersama sushi.

Nah, apakah kamu tahu wasabi itu jenis makanan yang terbuat dari apa? Berikut ulasannya langsung dari Wasabi Farm di Wilayah Azumino, Prefektur Nagano!

1. Jenis-Jenis Wasabi

Wasabi yang sering disediakan di restoran-restoran sushi kebanyakan merupakan wasabi buatan dan bukan wasabi asli dari Jepang yang disebut Sawa Wasabi, selain rasanya yang lebih khas, budidayanya yang sedikit sulit karena hanya bisa ditanam di air, serta harganya yang lumayan mahal membuat Sawa Wasabi jarang diproduksi di luar Jepang. Sedangkan wasabi yang sering diproduksi disebut Horseradish yang budidayanya bisa ditanam di tanah, serta harganya lebih terjangkau.

2. Mirip Lobak dan Harus Ditanam di Air

Tanaman yang mirip dengan lobak atau kubis ini sulit untuk dibudidayakan. Tanaman dengan nama latin Wasabia japonica ini biasanya hanya tumbuh di tempat dingin dan sungai-sungai mengalir di kaki gunung yang teduh di Jepang. Namun, kini petani wasabi mulai muncul di Taiwan, Tingkok, Amerika Serikat dan negara lainnya. Cukup sulit untuk menumbuhkan tanaman wasabi karena tidak dapat terkena sinar matahari langsung. Wasabi juga kadang menjadi langka karena permintaan yang meningkat tajam.

3. Dapat Meningkatkan Energi Dalam Tubuh

Wasabi merupakan makanan yang kaya akan kalsium tinggi, vitamin C, dan termasuk bagian dari antimikrobial yang dapat meringankan penyakit alergi, asma, dan kanker. Anti inflamasi yang terkandung di dalamnya dapat membangkitkan energi dalam tubuh. Wasabi bisa dikonsumsi dalam jumlah kecil dengan efek yang begitu besar untuk meningkatkan energi dalam tubuh.

4. Penasaran Dengan Es Krim Wasabi?
Ternyata wasabi juga bisa dibuat menjadi es krim. Bagaimana rasanya ya, Travel Mates?


Ikuti serunya #ExploreJapanwithHIS di Fanpage HIS Travel Indonesia untuk melihat secara langsung keindahan alam dan budaya Jepang!