People & Culture
Cari Tahu 8 Festival Terbesar di Kamboja
2017-10-20 07:40:14
HIS Travel

Festival di Kamboja biasanya serentak menjadi hari libur nasional, hari libur di Kamboja erat kaitannya dengan ritual Buddha Theravada. Tradisi dan ritual ini selalu menjadi festival yang diadakan masyarakat lokal Kamboja setiap tahunnya. Ada setidaknya festival besar di Kamboja yang bisa menjadi referensi saat wisatawan akan berlibur dan merasakan fesival budaya lokal Kamboja.

1. Februari, Meak Bochea

Sumber gambar: www.tripsavvy.com
Meak Bochea merupakan festival dengan tujuan untuk merayakan kunjungan 1.250 biksu yang memberikan penghormatan kepada Sang Buddha. Sang Buddha akan menuju Vihara Valuwan di Kota Rajagaha, di mana 1.250 biksu menjadi pengiringnya. Ada 3 prinsip utama yang Sang Buddha berikan, yaitu berbuat baik, menjauhkan diri dari perbuatan buruk, dan menyucikan pikiran. Meak Bochea terjadi pada bulan purnama ketiga atau sekitar bulan Februari. Pada hari ini, umat Buddha merayakan Meak Bochea dengan mengikuti prosesi lilin di dalan kuil dan di sekitarnya. Berikut perayaan Meak Bochea yang bisa dicatat wisatawan:
2017 – 11 Februari
2018 – 31 Januari
2019 – 19 Februari
2020 – 8 Februari

2. April, Tahun Baru Khmer (Chaul Chnam Thmey)

Sumber gambar: www.tripsavvy.com

Perayaan ini sama seperti perayaan tahun baru lainnya, seluruh keluarga akan berkumpul sehingga rumah menjadi ramai. Dalam beberapa hari masyarakat lokal Kamboja akan membersihkan rumah, menyiapkan makanan sebagai ungkapan rasa syukur kepada Biksu setempat, memberikan sumbangan kepada kuil setempat, dan bagi anak-anak muda di Kamboja akan bermain permainan tradisional dengan anggota yang berbeda jenis. Pada hari terakhir, sama seperti perayaan tahun baru di Thailand dan Laos, masyarakat tua maupun muda memberikan percikan air satu sama lain sebagai perayaan inti. Tidak seperti kebanyakan hari libur di Kamboja yang mengikuti kalender Lunar, Chaul Chnam Thmey mengikuti kalender Gregorian yang diadakan selama 3 hari setiap 13 hingga 15 April.

3. April/May, Royal Ploughing Ceremony (Pithi Chrat Preah Neanng Korl)

Sumber gambar: www.tripsavvy.com

Royal Ploughing Ceremony merupakan festival keagamaan yang menandai dimulainya musim menanam padi di Kamboja. Pada hari tersebut, perwakilan Raja akan membajak sawah di Phnom Penh dengan sapi-sapi yang telah disucikan, kemudian mengumumkan apa bahan makanan di musim selanjutnya. Festival ini dimulai sejak pertengahan tahun 1200an, berasal dari ritual Hindu kuno yang dibuat untuk memastikan panen yang baik. Orang Kamboja percaya bahwa ritual tersebut dapat mengatasi kejadian seperti banjir, gagal panen, kelaparan, hingga penyakit. Festival ini diadakan pada hari keempat bulan enam pada kalender Lunar. Berikut tanggal-tanggal perkiraan festival ini akan berlangsung:
2017 - 29 April
2018 - 18 April
2019 - 7 Mei
2020 - 25 April

4. May 13-15 - Ulang Tahun King Norodom Sihamoni

Sumber gambar: www.tripsavvy.com

Festival ini merupakan perayaan ulang tahun Raja, perayaannya begitu sederhana, dengan memberikan persembahan kepada Biarawan dan orang miskin di Kamboja, namun pemerintah merayakan ulang tahun Raja dengan memberikan hari libur tiga hari untuk seluruh masyarakat Kamboja. Pada saat itu, jalanan akan dipenuhi spanduk dan papan reklame yang dibawa orang-orang sambil menari dan mengucapkan selamat kepada Raja. Pada hari ulang tahun Raja dan dua hari setelahnya merupakan hari libur di Kamboja.

5. September - Hari Leluhur (Pchum Ben)

Sumber gambar: www.tripsavvy.com

Festival Pchum Ben disebut juga festival leluhur, sebenarnya merupakan puncak dari ketaatan lima belas hari yang disebut Dak Ben, pada saat itu orang Khmers akan mengunjungi setidaknya tujuh kuil untuk memberikan persembahan kepada nenek moyang dan lilin untuk membimbing roh-roh leluhur dalam persembahan ini. Ritual melemparkan biji wijen ke dasar kuil juga dilakukan setelahny. Ketaatan ini dipercaya bisa memberi makan roh leluhur yang berkeliaran di Pchum Ben akibat kelaparan karena tidak makan sepanjang tahun. Festival Pchum Ben dirayakan pada tanggal 15 bulan ke-10 dalam kalender Khmer dengan perayaan besar-besaran sepanjang festival berlangsung. Berikut tanggal yang diperkirakan perayaan Pchum Ben berlangsung:
2017 - 19-21 September
2018 - 8-10 Oktober
2019 - 27-29 September
2020 - 16-18 September

6. 9 November, Hari Kemerdekaan Kamboja

Sumber gambar: www.tripsavvy.com

Festival ini dirayakan untuk menandai hari kemerdekaan Kamboja dari Perancis di tahun 1953. Perayaan ini dipusatkan di sekitar Monumen Kemerdekaan di pusat Phnom Penh, di mana Raja akan menyalakan api kemenangan di hadapan politisi, jendral, dan diplomat Kamboja. Perayaan juga mencakup kegiatan budaya seperti parade di Norodom Boulevard dan kembang api di malam hari yang cocok disaksikan wisatawan sata berkunjung.

7. November, Festival Air (Bonn Om Touk)

Sumber gambar: www.tripsavvy.com

Festival Air Kamboja (Bonn Om Touk) berlangsung setahun sekali, biasanya dilangsungkan pada bulan November. Festival dirayakan sebagai ungkapan rasa syukur atas arus yang bagus dari Tonle Sap dan Sungai Mekong. Festival ini dirayakan di Kamboja selama tiga 3, meliputi juga parade fluvial, lomba perahu, kembang api, dan parade dari masyarakat lokal. Orang-orang biasanya datang dari jauh untuk menikmati festival ini. Lebih dari satu juta orang Kamboja akan tiba di Phnom Penh untuk mengikuti karnaval segar, makanan dan minuman melimpah di jalanan, band-band pop menghibur banyak orang, dan sungai-sungai yang dipenuhi orang-orang yang menyemangati lomba perahu. Bonn Om touk dirayakan pada bulan purnama di kalender Lunar. Tetapi saat ini perayaan mengikuti tanggal kalender Gregorian, yaitu:
2017 - 3 November
2018 - 22 November
2019 - 11 November
2020 - 31 November

8. Mei, Vesaka Bochea (Hari Ulang Tahun Buddha)

Sumber gambar: www.visit-angkor.org

Vesaka Bochea adalah satu hari untuk memperingati tiga peristiwa dalam kehidupan Sang Buddha: kelahirannya, pencerahan, dan masuk ke Nirvana. Selama Vesaka Bochea, umat Buddha memanjatkan doa kepada Sang Buddha dan menyumbangkan pakaian serta makanan kepada biarawan setempat. Hari libur ini merupakan yang paling diminati di Asia Tenggara bagi penganut agama Buddha, salah satunya Indonesia yang juga merayakan hari Waisak. Di Kamboja, Vesaka Bochea dirayakan pada bulan purnama bulan keenam kalender Lunar. Berikut tanggal yang diperkirakan perayaan Vesaka Bochea berlangsung: 
2017 - 10 Mei
2018 - 29 April
2019 - 18 Mei
2020 - 6 Mei

Nah, sekarang wisatawan tinggal memilih kapan waktu yang cocok untuk datang ke Kamboja. Mulai tertarik untuk berkunjung ke Kamboja? Ada banyak referensi mengenai informasi wisata, one day tour, dan paket-paket wisata di H.I.S. Travel Indonesia. Kunjungi lebih banyak tempat-tempat wisata untuk dapatkan pengalaman yang lebih banyak.