Tips
Cara Mudah Naik BTS SkyTrain di Bangkok Thailand
2017-06-09 03:27:50
HIS Travel

BTS atau Bangkok Skytrain adalah salah satu plihan transportasi umum termudah untuk berkeliling Bangkok. Meskipun jalurnya terbatas, skytrain menawarkan perjalanan bebas macet kepada 200 juta penggunanya setiap tahun.

Selain itu, meskipun Bangkok skytrain mudah untuk digunakan, masih banyak wisatawan asing yang bertanya mengenai cara penggunaan tranportasi umum yang satu ini. Pada kenyataannya, menggunakan BTS tidak begitu sulit, bahkan bagi mereka yang baru pertama kali. Di sekitar stasiun juga terdapat ruang informasi yang akan menjawab semua pertanyaan kamu mengenai BTS skytrain. Namun, jika kamu penasaran, berikut ini beberapa informasi mengenai cara penggunaan BTS skytrain di Bangkok:

Stasiun BTS
Ada sekitar 32 stasiun BTS yang saling terhubung di Bangkok sehingga tidak heran jika kamu akan sering melihat jalur dan stasiun BTS di atas jalan raya kota Bangkok. Untuk naik ke stasiun, ada eskalator dan jalur otomatis yang akan membawa kamu ke loket pembelian tiket. Selain itu, stasiun BTS juga bisa kamu gunakan untuk menyebrang jalan tanpa perlu membeli tiket. Pada bagian belakang tiket, terdapat peta jalur BTS sehingga kamu tidak akan lupa jalur dan stasiun tujuan.


Image source : bangkok.com

Jenis Tiket BTS
Tiket BTS dapat dibeli melalui vending machine atau loket tiket yang tersedia di setiap stasiun dan hanya bisa dibeli menggunakan uang tunai. Harga tiket bergantung dengan jarak stasiun tujuan, atau mulai dari 15 hingga 50 Bath sekali jalan. Ada beberapa jenis tiket yang bisa kamu beli: 

- Smart Pass Ticket: Tiket ini sangat cocok untuk kamu yang sering menggunakan BTS karena hitungan biayanya jauh lebih terjangkau. Namun, untuk memiliki tiket ini kamu harus menyimpan deposit terlebih dahulu.
- One Day Pass Ticket: Tiket ini menawarkan perjalanan tanpa batas selama sehari penuh, namun tidak 24 jam. Kartu akan secara otomatis expired tengah malam ketika BTS berhenti beroperasi. Kartu ini sangat cocok untuk wisatawan yang akan berkeliling Bangkok selama seharian.
- Single-Trip Ticket: Tiket ini tergolong standar dan hanya berlaku untuk satu kali perjalanan. Sangat cocok untuk kamu yang tidak terlalu sering menggunakan BTS Bangkok.


Image source : tripadvisor.com

Cara Membeli Tiket BTS
Cara paling umum dan mudah bagi wisatawan untuk membeli tiket BTS adalah dengan memasukan koin ke dalam vending machine yang terletak di dekat barrier masuk platform atau peron skytrain.

Di samping vending machine akan ditampilkan peta dan lokasi dimana stasiun BTS kamu berada. Masing-masing stasiun direpresentasikan menggunakan gabungan antara nama dan angka. Pada vending machine penjualan tiket, kamu cukup menekan nomor stasiun. Kemudian harga tiket akan ditampilkan sesuai dengan jarak yang ditempuh. Masukan uang koin kamu ke dalam lubang yang sudah disediakan dan mesin akan menghitung jumlahnya. Tidak lama setelah itu, tiket berukuran kartu ATM akan muncul pada slot di bagian bawah.


Image source : bicyclethailand.com

Kalo kamu cuma punya uang kertas, maka bisa menukarkannya terlebih dahulu menjadi uang koin pada loket yang sudah disediakan. Namun, beberapa vending machine versi terbaru sudah bisa menerima pembelian tiket menggunakan uang kertas.

Cara Menggunakan Tiket
Sekarang kamu sudah memiliki tiket BTS berukuran kartu ATM, kemudian tinggal menuju ke barrier atau gate masuk menuju platform tempat menunggu skytrain. Pilih gate dengan lampu berwarna hijau. Lampu tersebut menandakan gate masuk. Sedangkan yang berwarna merah adalah gate keluar dari sisi yang berlawanan.


Image source : tagfly.ru

Masukan tiket kamu pada slot di bagian bawah barrier. Tiket kemudian akan muncul kembali pada slot bagian atas dan pintu penghalang akan terbuka secara otomatis. Segera ambil tiket kamu dan masuklah ke dalam. Tiket tersebut akan kamu gunakan kembali untuk keluar di stasiun tujuan. Jangan berdiam diri terlalu lama karena barrier akan tertutup kembali secara otomatis setelah 2.4 detik. 

Cara Naik Skytrain
Setelah melewati barrier, berjalanlah menuju platform tempat kamu menunggu skytrain. Perhatikan tanda dan arah stasiun tujuan yang tersedia di sekitar barrier. Biasanya platform diberi nama sesuai dengan stasiun terakhir dari jalur tersebut. Jadi pastikan terlebih dahulu jalur dan arah kereta yang akan kamu gunakan, kemudian lihat stasiun terakhirnya. Kalau kamu lupa, kamu bisa melihatnya di balik tiket BTS.

Platform BTS memiliki garis kuning di dekat rel skytrain. Demi keselamatan, kamu harus menunggu skytrain di belakang garis kuning. Ketika skytrain tiba, pintu penumpang akan terbuka secara otomatis. Penumpang yang naik harus mengutamakan penumpang yang turun terlebih dahulu, baru setelah itu kamu boleh naik.


Image source : flickr.com

Terhubung Dengan MRT, Airport Rail Link dan Chao Phraya Express
Pada stasiun BTS tertentu, kamu bisa transit dan berpindah moda transportasi menggunakan MRT, yaitu kereta bawah tanah yang menghubungkan Hualamphong dan Bang Sue. Kamu bisa transit ke stasiun MRT Sukhumvit di Asok, stasiun MRT Si Lom di Sala Daeng, dan stasiun MRT Chatucak Park di Mo Chit.

Kalau ingin naik perahu ekspres Chao Phraya, kamu bisa naik dari stasiun BTS Saphan Taksin di jalur Silom. Sedangkan untuk menuju Bangkok International airport, kamu bisa menggunakan Airport Rail Link di stasiun Phaya Thai pada jalur Sukhumvit.