Tips
Cara Mudah Menggunakan Suica dan PASMO
2015-08-31 10:04:45
HIS Travel

Jalan-jalan ke Jepang memang lebih enak kalau mengunjungi ke berbagai kota di sana. Namun ada kalanya kamu hanya mengunjungi satu kota saja, seperti ketika sedang melakukan perjalanan bisnis. Ketika kamu ingin menggunakan kereta api di Tokyo, kita harus membeli karcis ataupun menggunakan kartu tiket prabayar. Jika kamu menggunakan karcis, kamu harus membeli karcis di stasiun dan kamu harus bisa membaca kanji nama stasiun yang menjadi tujuanmu. Belum lagi ketika kamu salah turun dan kamu kurang bayar, maka kamu harus membayar kekurangannya di mesin fare adjustment. Kamu juga harus membeli tiket yang berbeda apabila terdapat transit dalam satu perjalanan.

Tentunya hal-hal tersebut akan merepotkanmu yang ingin berjalan-jalan dengan nyaman di Jepang, khususnya di kota-kota besar seperti Tokyo. Akan lebih mudah untukmu jika menggunakan IC Card atau kartu prabayar seperti Suica atau PASMO.

(image source : http://www.japan-guide.com/)

Suica adalah kartu yang digunakan sebagai pengganti tiket kereta yang dikeluarkan oleh JR Higashinihon yang dapat diisi ulang dan digunakan pada jalur kereta api di Jepang. Cukup dengan  melakukan deposit uang elektronik ke dalam kartu ini maka calon penumpang tidak perlu membeli tiket setiap kali hendak naik kereta. PASMO juga sama seperti Suica, yaitu IC Card yang digunakan untuk transportasi selain dari JR, terutama untuk kereta dan subway nya.

Tidak hanya digunakan di kereta, IC Card juga dapat digunakan pada sarana subway di kota-kota seperti osaka, Kyoto dan tempat-tempat lain di Jepang (*meski masih ada beberapa tempat yang belum bisa menggunakan jenis kartu ini). Selain Kereta dan subway, IC Card tersebut juga bisa digunakan sebagai pengganti uang elektronik untuk membayar bus, taksi di Tokyo, berbelanja di Mall, membeli makanan atau minuman di toko, kios atau mesin otomatis yang ada di stasiun. Selain itu saat IC Card juga sudah bisa digunakan untuk membayar koin loker yang ada di dalam stasiun yang harga sewanya bervariasi mulai dari 300 sampai 600 yen per hari tergantung besar lokernya.

Bagaimana sih cara menggunakan Suica dan PASMO? Tentu saja sebelum menggunakannya kamu harus terlebih dahulu mengisi debit kartu tersebut. Katu Suica atau PASMO bisa diisi ulang di setiap mesin penjual tiket di stasiun-stasiun dan di tempat-tempat yang berlogo “bisa isi ulang PASMO/Suica”.

Saat pertama kali membeli, kamu diwajibkan untuk memasukkan uang 2000 yen di mesin pembelian PASMO dan Suica. 500 yen sebagai biaya pembuatan kartu sedangkan 1500 yen sisanya menjadi deposit kartu. Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pilih opsi bahasa Inggris yang terletak di ujung kanan atas pada layar,
  2. Pilih “Purchase New”,
  3. Layar akan menampilkan jumlah biaya, kamu tinggal memasukkan uang dan kartu akan keluar.

Sedangkan untuk isi ulang, nanti akan ada pilihan berapa jumlah uang yang akan kamu masukkan ke kartumu. Pilihannya mulai dari 1000 sampai 10.000 yen. Kamu tidak perlu khawatir kamu akan kesulitan untuk membelinya karena di mesin pembelian Suica dan PASMO sudah tersedia menu berbahasa inggris. Yang pasti mudah kok cara pembeliannya. Selain di stasiun, kamu juga bisa mengisi ulang IC card-mu di minimarket.

(image source  : http://anakjajan.com/)

Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Masukkan IC Card,
  2. Pilih opsi bahasa Inggris yang terletak di ujung kanan atas pada layar,
  3. Pilih “Charge”
  4. Pilih jumlah uang yang kamu inginkan,
  5. Masukkan uang dan ambil kartumu.

Nah, setelah kamu mendapatkan kartu, kamu bisa langsung menggunakannya. Kamu harus selalu tap kan kartu di pintu masuk dan keluar stasiun yang kamu tuju ya! Sama seperti tiket biasa yang setiap 1 kali perjalanan harus dimasukkan ke lubang yang ada di gate otomastis lalu dimasukkan kembali di gate keluar saat kamu sudah sampai di stasiun tujuan. Untuk men tap kartunya, cari di pintu bertanda huruf “Suica” atau yang bertuliskan “IC” yang menyala berwarna biru.

(image source : http://banwis.blogspot.com/)

Kalau kamu ingin menggunakan IC Card untuk membayar ketika menaiki bus, kamu hanya perlu menempelkan kartumu ketika akan naik dan turun di tempat yang telah tersedia. Informasi lebih jelas cara menaiki bus di Jepang bisa kamu lihat di sini.

Ketika kembali ke tanah air, kartu Suica atau PASMO dapat diuangkan kembali. Kamu hanya perlu datang ke “Midori Madoguchi” atau tempat informasi di stasiun-staisun besar, kamu dapat menukarkan deposit dengan uang tunai dan kembali. Sangat mudah dan praktis bukan!

Semoga bermanfaat!

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

(image source :  http://japonpratique.com/ )