Tips
Cara Menggunakan Loker Stasiun Di Jepang Yang Memudahkan Para Wisatawan
2018-02-21 04:40:53
HIS Travel

Pergi liburan dengan barang bawaan memang merepotkan. Terlebih lagi saat hendak berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain. Menyimpan barang di penginapan pun dirasa kurang efektif, Tapi tenang, Anda dapat menggunakan loker stasiun di jepang kok! Solusi ini cukup memudahkan bukan?

Fasilitas loker ini dapat Anda temui hampir di seluruh stasiun di Jepang, terutama di stasiun-stasiun besar. Adanya fasilitas sewa loker ini memudahkan Anda untuk keliling kota tanpa harus membawa barang berlebih atau pun membayar biaya sewa hotel hanya untuk menaruh barang.

Disamping itu, Anda tidak perlu merasa khawatir dengan keamanan barang Anda. Sebab, ada sistem komputer yang telah menjamin keamanan loker di semua stasiun jepang. Bila sudah begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi deh saat menggunakan loker stasiun di jepang!

Namun, sebelum Anda menggunakan loker stasiun di Jepang, Anda perlu mengetahui bahwa loker di stasiun jepang terdiri dari 2 jenis. Yakni loker manual, dan loker elektronik. Loker manual merupakan loker yang mengunci dan membukanya menggunakan kunci biasa, sedangkan untuk loker elektronik Anda harus menggunakan monitor atau panel utama berlayar sentuh.

Selain cara penggunaan yang berbeda, kedua loker ini juga menggunakan cara pembayaran yang berbeda. Yang mana, loker manual hanya dapat dibayar dengan uang koin, dan pada loker elektronik Anda dapat membayar dengan e-money dan uang cash ataupun uang koin.

 

Ukuran Loker Stasiun Di Jepang

Loker yang tersedia di stasiun jepang memiliki ukuran yang berbeda-beda. Mulai dari kecil, sedang, sampai besar. Loker kecil memiliki ukuran 35 x 43 x 57 cm yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan tas ransel dan koper kecil. Loker dengan ukuran kecil mudah Anda temui hampir di seluruh stasiun Jepang.

Selanjutnya, ada loker berukuran sedang yang berukuran 57 x 43 x 57 cm. Loker ini dapat menampung tas ransel ukuran besar dan koper dengan ukuran besar pula. Loker sedang hanya tersedia beberapa unit di stasiun jepang.

Terakhir, ada loker besar yang memiliki ukuran 117 x 43 x 57 cm. Loker besar mampu menampung 2 buah koper besar dengan tambahan tas ransel. Sayangnya, loker ini hanya tersedia beberapa di stasiun besar dan bandara saja.

Apapun ukurannya, kesemua fasilitas loker tersebut dapat Anda manfaatkan dengan sebaik mungkin. Dan Anda pun dapat menggunakan loker stasiun di Jepang dengan sebaik mungkin, tanpa melanggar peraturan yang ada.

 

Tarif Menggunakan Loker Stasiun Di Jepang

Perihal biaya sewa, setiap ukuran loker mempunyai tarif yang beragam. Loker ukuran kecil biaya sewanya mulai dari 300 yen/hari, loker ukuran sedang mulai dari 400 yen/hari, sedangkan untuk loker besar biaya sewa mulai dari 500-600 yen per hari. Perhitungkan baik-baik rincian biaya tersebut sebelum menggunakan loker stasiun di Jepang Ya! Agar kebutuhan biaya tidak terlalu membengkak!

 

Durasi Menggunakan Loker Stasiun Di Jepang

Umumnya waktu maksimal penyimpanan barang di loker adalah 3 hari. Tetapi, di stasiun Tokyo ada juga loker yang maksimal penyimpanannya 7-8 hari. Bila Anda melewati batas waktu penyimpanan, maka Anda harus siap jika barang Anda dikeluarkan dan disimpan di bagian keamanan stasiun. Prosedur pengambilannya pun akan panjang dan memakan waktu. Oleh karena itu, usahakan bahwa Anda tidak menyimpan barang  melebihi batas waktu.

 

Cara Menggunakan Loker Stasiun Di Jepang

Setelah mengetahui jenis, ukuran dan biaya sewa, kini Anda perlu mengetahui cara menggunakan loker di stasiun jepang. Yuk, simak penjelasan dari tim H.I.S Travel Indonesia berikut ini!

 

A. Loker manual


Image source : http://japantravelmate.com/

 

1. Cek ketersediaan loker

Loker yang dapat Anda gunakan atau loker yang masih kosong ditandai dengan kunci yang menggantung pada pintu loker.

2. Pilih ukuran loker

Bila Anda menemukan banyak loker yang tersedia dengan ukuran yang berbeda, maka Anda hanya perlu memilih sesuai dengan kebutuhan. Ukuran loker dapat diketahui melalui keterangan yang terletak di bagian depan loker maupun dengan melihat fisik loker.

3. Bayar biaya sewa

Untuk dapat mengunci loker, Anda harus membayar biaya sewa terlebih dahulu. Cara membayarnya adalah dengan memasukkan uang koin ke lubang yang terletak di atas kunci. Biaya sewa yang dibayarkan adalah biaya sewa per hari, di hari pertama.

Kalau Anda akan menggunakan loker untuk 2 atau 3 hari, maka saat Anda hendak mengambil barang, mesin pada loker secara otomatis akan menghitung biaya tambahan yang harus kita bayarkan. Loker manual hanya menerima pecahan uang koin sebesar 100 yen. Jadi, siapkan uang koin sebelum Anda ingin menggunakan loker, ya.

4. Kunci loker dengan benar

Pastikan Anda mengunci loker dengan benar untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Pastikan lagi bahwa barang-barang yang hendak Anda bawa tidak tertinggal di dalam koper. Buka-tutup loker saat telah membayar akan dikenakan biaya sewa normal, meskpiun jarak waktunya dekat.

5. Ambil barang

Untuk mengambil barang di hari yang sama, Anda hanya perlu memasukkan dan memutar kunci loker. Namun, bila mengambil barang di hari yang berbeda, Anda harus membayar tambahan biaya sewa terlebih dahulu.

 

B. Loker elektronik


Image source : https://www.jrailpass.com/

 

Berbeda dengan loker manual, untuk mengetahui loker elektronik yang tersedia, Anda harus mengeceknya melalui layar monitor atau panel utama.

1. Pada layar monitor, pilih menu “English”

2. Pilih menu “Checking” untuk mengecek ketersediaan loker. Monitor akan menunjukkan posisi loker yang kosong. Tanda loker yang kosong adalah berwarna biru.

3. Pergi ke loker yang dituju dan masukkan barang bawaan Anda. Kemudian tutup pintunya dengan rapat sampai terdengar bunyi “klik”

4. Kembali ke monitor, gambar loker yang sebelumnya berwarna biru akan menjadi merah saat sudah diisi. Tekan menu “Confirm” jika tidak ada masalah

5. Pilih cara pembayaran, yaitu cash atau e-money. Masukkan koin sesuai dengan biaya yang tertera pada monitor.

6. Anda akan mendapatkan struk/resi yang berisi nomor PIN untuk mengambil kembali barang yang Anda simpan.

7. Ingin mengambil barang? pilih saja menu “Taking out”. Pilih menu “Your PIN” karena sebelumnya Anda membayar dengan uang cash. Masukkan nomor PIN yang terdapat pada struk, kemudian pilih menu “Confirm”. Loker akan terbuka secara otomatis.

 

Bagaimana? Cukup bermanfat bukan artikel tentang menggunakan loker stasiun di jepang ini?

Itulah tips menggunakan loker di stasiun jepang yang H.I.S Travel Indonesia dapat rangkumkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda. Selamat berkeliling kota dengan nyaman!