Tips
Cara Melakukan Perjalanan dari Kobe ke Tokyo dan Sebaliknya
2016-08-02 03:50:22
HIS Travel

Halo travelers! Kali ini kami ingin menyajikan informasi penting untuk kamu yang ingin melakukan perjalanan di antara dua kota, yakni Kobe dan Tokyo. Informasi yang ingin kami sajikan di sini mencakup beberapa moda transportasi maupun jalur yang bisa digunakan di kedua kota tersebut. Antara Kobe dan Tokyo sebetulnya merupakan jalur yang mudah dilalui, sebab ada banyak moda transportasi yang bisa dipilih sesuai dengan budget dan kebutuhan. 

Simak beberapa pilihan jalur dan moda transportasi yang tersedia di antara kedua kota tersebut:

1) Dengan bus

Bila bepergian menggunakan bus, biaya yang umumnya dibutuhkan mulai dari 3,000 - 8,500 yen dengan lama perjalanan sekitar 8-9 jam. Ada banyak perjalanan bus yang bisa dipilih di malam hari, sehingga kamu tidak akan kesulitan menemukannya. Yang oke adalah, rute Tokyo - Osaka - Kobe dijejali berbagai macam operator bus dan masing-masing menawarkan varian diskon yang menarik bagi traveler. Operator seperti Willer Express misalnya, memberikan tiket diskon dengan harga mulai dari 5,000 yen. Bila diskon digunakan secara efektif, harga tiketnya malah hanya berkisar 3,000 yen. Hanya saja memang bus dengan harga tiket segitu tergolong bus standar yang hanya menawarkan kenyamanan minimum. Bila menginginkan kenyamanan lebih, harga yang mesti kamu bayarkan sekitar 8,500 yen.

2) Bepergian melalui udara

Dibutuhkan biaya sekitar 10,000 sampai 24,000 yen sekali jalan untuk penerbangan di antara Kobe - Tokyo. Penerbangan memakan waktu 3 jam dengan transit sebanyak 2-3 kali per penerbangan. Ada banyak pilihan maskapai pada malam hari, di antara bandara Haneda (Tokyo dan Bandara Kobe. Skymark dan ANA Airlines biasanya melayani penerbangan di antara kedua kota tersebut. Tarif umum yang berlaku untuk sekali penerbangan biasanya berkisar 25,000 yen. Namun bila beruntung, kamu bisa memperoleh tiket diskon dimana tiket dihargai sebesar 10,000 yen. Ambil contoh pada Skymark Airlines, misalnya. Harga tiket normal berkisar 13,000 yen, dengan harga tiket diskon sebesar 10,000 yen. 

3) Bepergian dengan kereta lokal 

Harga tiket kereta lokal dari Kobe ke Tokyo, dan sebaliknya, berkisar antara 2,370 sampai 9,290 yen. Dibutuhkan waktu sekitar 10 jam perjalanan menggunakan kereta lokal, dengan empat kali transfer. Ada banyak koneksi jalur kereta api yang tersedia setiap jamnya. Harga tiket regulernya memang relatif mahal, yakni sebesar 9,290 yen, dimana kamu bisa menghabiskan uang sebanyak itu untuk membeli tiket pesawat terbang. Akan tetapi kamu hanya perlu menghabiskan 2,370 yen bila menggunakan jalur Seishun 18 Kippu.

4) Bepergian dengan Shinkansen

Dibutuhkan waktu sekitar 160-195 menit untuk mencapai Tokyo dari Kobe, dengan menggunakan Shinkansen. Biaya yang dibutuhkan berkisar di antara 14,160 - 15,300 yen sekali jalan. Ada banyak pilihan Shinkansen yang beroperasi setiap jamnya. Jalur Tokyo dan Kobe terkoneksi satu sama lain berkat JR Tokaido/Sanyo Shinkansen. Kreta Shinkansen Nozomi membutuhkan waktu 160 menit untuk mencapai stasiun Shin-Kobe dari Tokyo, sementara Shinkansen Hikari membutuhkan waktu 195 menit. Bila memiliki kartu Japan Rail Pass, kamu bisa menggunakannya untuk naik Shinkansen Hikari, namun kartu tersebut tidak berlaku untuk kereta Nozomi.

Selain pilihan moda transportasi antara Kobe - Tokyo, ada beberapa hal lain yang perlu kamu ketahui. Stasiun Sannomiya di Kobe merupakan stasiun kereta api tersibuk, yang terdapat di tengah kota. Stasiun ini dilayani oleh beberapa perusahaan kereta api, termasuk Japan Railways (JR). Kereta Shinkansen berhenti stasiun Shin-Kobe, sebuah pemberhentian kereta bawah tanah yang terdapat di utara Stasiun Sannomiya. 

Di antara semua pilihan transportasi untuk perjalanan ke Kobe, untuk kamu yang ingin menghemat waktu di perjalanan, tentulah perjalanan dengan udara akan menjadi pilihan utamamu. Apalagi kalau melihat harga tiket apabila kamu menggunakan Shinkansen yang ternyata tidak terlalu jauh dengan harga tiket pesawat.

Kamu bisa memilih menggunakan Japan Air Pass (HAnavi) sebagai salah satu cara untuk wisata murah meriah ke Kobe, karena Japan Air Pass merupakan paket tiket penerbangan domestik dan hotel.

Semoga perjalananmu menyenangkan!

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia