Food
Camilan musim semi, Sakura-mochi
2016-03-07 10:39:18
HIS Travel

Siapa yang suka dengan mochi? Mochi merupakan salah satu camilan yang paling digemari oleh warga Indonesia. Mochi juga ada di Jepang, hanya saja ada beberapa perbedaan antara mochi Jepang dengan mochi di Indonesia.

Mochi di Jepang terdapat berbagai macam dan biasanya berbeda tergantung musim. Musim semi yang semakin dekat ini, kamu harus coba camilan khas musim semi yaitu “Sakura Mochi”. Ini adalah salah satu jenis kue yang dibuat di Jepang menjelang musim semi tiba. 

Sakura Mochi adalah salah satu kue tradisional Jepang, terbuat dari beras ketan yang ditumbuk dan dibungkus dengan sehelai daun sakura. Makanan ini juga dimakan saat diselenggarakannya festival boneka atau Hinamatsuri pada tanggal 3 Maret. Bentuknya sangat mungil dan indah. Keseluruhan mochi berwarna pink dan dibagian luarnya dibungkus oleh daun sakura yang sudah diasinkan.

Darimana warna pink berasal? Ternyata warna pink tersebut muncul dari beras ketan yang dikombinasikan dengan kacang merah yang manis dan dihaluskan di dalamnya. Citarasa mochi yang manis dan daun sakura yang asin gurih membuat Sakura Mochi terasa sangat lezat.

Selain dimakan ketika perayaan Hinamatsuri, Sakura Mochi juga merupakan makanan yang biasa dimakan ketika festival Hanami.

Ada dua jenis Sakura Mochi di Jepang, yaitu model Kansai (Osaka dan bagian barat Jepang) dan model Kanto (Tokyo dan bagian timur Jepang). Sakura Mochi model Kansai, mochi terbuat dari beras ketan yang lengket. Model mochinya tertutup.

Sementara model Kanto, mochi terbuat dari tepung beras dan bentuknya agak terbuka. Sehingga kamu bisa mengintip pasta kacang merah yang menyembul di baliknya. Namun meskipun berbeda bentuk mochinya, kedua mochi tersebut sama-sama dibungkus oleh daun sakura.

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia