Jepang
Berwisata di Hutan Kuno di Yakushima
2016-11-28 09:54:56
HIS Travel

Tahukah kamu, kalau di Kagoshima terdapat hutan yang sering dijadikan tempat pembuatan film-film terkenal di Jepang.

Yakushima adalah pulau kecil di selatan pulau Kyushu yang merupakan bagian dari Prefektur Kagoshima. Mungkin karena letaknya yang cukup terpencil, tidak banyak orang yang mengetahui keberadaan hutan yang mempesona ini. Namun dari sisi sejarahnya, Yakushima sangat terkenal, lho. Yakushima masuk ke dalam situs warisan dunia pertama di Jepang yang diakui oleh UNESCO pada tahun 1993.

Kesan natural sangat terasa karena ternyata pohon di hutan ini tidak pernah ditebang! Jadi, ekosistem dan habitat di Yakushima masih tetap terjaga hingga kini. Pemandangan hutan di Yakushima cukup berbeda dengan hutan-hutan lainnya, karena sebagai tempat yang paling basah di Jepang, hutan di Yakushima hampir seluruhnya diselubungi oleh lumut!

Jenis tumbuhan pun beraneka ragam. Kamu bisa menemukan vegetasi lebih dari 1.900 jenis di pulau ini. Mulai dari tanaman subarktik yang banyak didapat di daerah pegunungan hingga tumbuhan subtropis yang hidup di daerah pesisir. Selain flora, kamu juga bisa menemukan sekitar 150 spesies burung dan 16 spesies mamalia seperti kera merah dan rusa. Kera merah “Yakushima macaques” ini bahkan menjadi ikon dari Yakushima.

Untuk menuju ke Yakushima, akses bisa dengan mudah kamu dapat dari Kagoshima menggunakan kapal feri, dengan perjalanan kurang lebih sekitar 4 jam. Kurang lebih sejauh perjalanan dari Merak ke Bakau Heni.

Ongkos perjalanan dengan menggunakan kapal feri cukup mahal, sekitar 14,000 yen untuk perjalanan pulang-pergi. Namun tersedia juga kapal fery dengan harga yang lebih murah, namun kamu harus memastikan ketersediaan kapal dengan shcedule kamu dulu ya.

Meskipun tempat ini masih dijaga keasliannya, bukan berarti kamu tidak akan menemukan akses untuk bisa berwisata disini ya.

Terdapat anak tangga dan jembatan yang memudahkan para wisatawan untuk menikmati keindahan dari Lembah Shiratani Unsui. Kalau misalnya kamu sedikit kebingungan (tersesat) ketika berada di Yakushima, kamu tidak perlu takut bertanya kepada penduduk di pulau Yakushima, ya. Mereka akan sangat senang menunjukkan arah jalan menuju hutan Yakushima.

Daya tarik Yakushima bukan hanya dari hutannya yang masih natural saja. Mereka ingin melihat sebuah pohon cedar sudah sangat tua ‘Jomon Sugi’, yang konon sudah berusia 7,200 tahun! Pohon yang menakjubkan ini memiliki ketinggian lebih dari 25 meter. Selain pohon ‘jomon sugi’, kamu juga akan menemukan pohon cedar ‘sugi’ lainnya yang berusia lebih dari 3,000 tahun.

Menuju lokasi pohon keramat ini kamu harus mendaki kurang lebih 5 jam dengan jalan yang relatif sulit, terlebih untuk pendaki pemula. Namun ketika sampai di tujuan, rasanya lelah kamu langsung terbalas.

Di Yakushima juga terdapat gunung yang bernama Miyanoura-dake, yang letaknya tepat berada di tengah pulau dan memiliki ketinggian hampir 2,000 meter. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Kyushu. Nah, kalau sedang musim dingin, di puncak gunung akan tertutup salju dan suhu akan menjadi dingin.

Selamat berwisata~

 

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang/wisata/kagoshima

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia