Jepang
Bertemu Rusa Sambil Menikmati Indahnya Miyajima
2018-04-18 07:10:34
HIS Travel

Jika kamu sedang berada di Hiroshima maka disarankan untuk menghabiskan sehari penuh di pulau Miyajima. Dari sana, kamu juga dapat melakukan perjalanan ke kota-kota lainnya seperti Kyoto, Osaka, atau Kobe terutama jika kamu memiliki JR Pass. Kereta Shinkansen, kereta JR, dan feri semuanya dapat diakses secara gratis jika memiliki JR pass sehingga tentu saja biaya yang dikeluarkan akan lebih murah.

Pulau Miyajima sendiri adalah rumah bagi lebih dari seribu rusa Sika yang bebas berkeliaran di jalanan. Dalam agama Shinto, rusa dianggap sebagai utusan para dewa, dan pada zaman kuno, penduduk setempat akan menyisakan makanan untuk para rusa di sekitar kuil. Hingga tahun 1637, siapapun yang membunuh salah satu rusa di pulau Miyajima akan dihukum mati.

Hari ini, rusa Miyajima masih tetap dilindungi oleh hukum Jepang, tapi hewan lucu ini akan terus menciumi ransel kamu untuk mencari makanan. Mengingat bahaya yang ditimbulkan oleh rusa agresif dengan tanduk panjang, tanduk rusa dewasa dipangkas sebelum musim kawin, tepatnya pada musim gugur, sebagai bagian dari upacara tahunan agama Shinto, yang sudah dimulai sejak tahun 1600-an.

Beberapa papan peringatan juga telah dipasang untuk memperingatkan turis agar tidak menggoda rusa atau mendekati mereka karena dapat menyebabkan cedera. Selain itu, memberi makan rusa juga tidak dianjurkan bagi para turis karena dapat menarik perhatian kerumunan rusa. Kerumunan rusa Miyajima yang mendekat dikhawatirkan akan mencederai kamu.

Image source : mextgen.wordpress.com

 

Sama lucu dan menggemaskannya seperti rusa, Kuil Itsukushima yang paling terkenal di pulau ini dianggap sebagai salah satu dari tiga tempat terindah di Jepang. Namun, bergantung pada waktu dan hari kamu berkunjung karena pemandangan di sana dapat berubah sewaktu-waktu. Saat air surut, kamu bahkan dapat mendekat untuk mengambil beberapa foto di gerbang Torii.

Setelah mengunjungi kuil, belok ke arah kiri untuk mampir ke Pagoda Lima Tingkat, sebuah pagoda yang dibuat pada tahun 1407 dan memiliki pengaruh besar dalam sejarah Budha di Jepang. Desain struktur pagoda dibuat dengan sangat indah dan berwibawa, apalagi dengan cat berwarna merah yang membuatnya semakin hidup.

Image source : destinationtips.com

Tidak jauh dari Kuil Itsukushima ada sebuah jalan sempit yang menjadi pusat belanja, yang umumnya di Jepang dikenal sebagai "Omotesando". Di sepanjang jalan ini kamu akan menemukan berbagai toko yang menjual hadiah termasuk patung, mainan anak-anak, makanan ringan, dan masih banyak lagi. Tempat semacam ini selalu menjadi kesempatan terbaik bagi kamu untuk membeli beberapa "omiyage" atau souvenir untuk dibagikan kepada sanak keluarga, teman, dan rekan kerja. Di Jepang, omiyage yang dapat dimakan biasanya menjadi incara para turis.

Untuk menuju ke Miyajima sangat mudah sekali. Jika kamu memiliki Japan RailPass, kamu tidak akan dikenakan biaya apapun. Cara terbaik untuk sampai ke Pulau Miyahima adalah dengan menggunakan kapal feri. Kamu dapat menaiki feri selama 10 menit menggunakan Japan Rail Pass dari Hiroshima Port yang berada tepat di sebelah Stasiun Miyajimaguchi. Sedangkan untuk mencapai Hiroshima Port, kamu dapat menaiki kereta api selama 25 menit dari stasiun Hiroshima.

Jika kamu ingin menginap di pulau Miyajima, ada berbagai pilihan hotel dan Ryokan yang tersedia di sana. Namun, jika kamu ingin melakukan perjalanan pulang pergi dalam sehari, kapal Feri terakhir dari pulau ini berangkat setelah matahari terbenam sekitar pukul 9.30 / 10 malam sehingga kamu tetap memiliki banyak waktu untuk menjelajahi pulau, bermain dengan rusa, menyaksikan matahari terbenam di atas Gerbang Torii dan mencicipi beberapa kuliner lokal.

 

Miyajima tetap menjadi tujuan yang sangat populer bagi turis asing maupun lokal. Mulai dari melihat kerumunan rusa hingga menjelajah kuil Budha kuno yang berusia ratusan tahun, Miyajima benar-benar memiliki sesuatu yang menarik untuk dieksplorasi. Jika kamu tertarik untuk melihat rusa dan berkunjung ke kuil Itsukushima di Miyajima, yuk persiapkan perjalanan wisata kamu bersama HIS!

Nah, bagaimana caranya menuju ke Pulau Miyajima ini?

Kamu dapat menuju Prefektur Hiroshima dari Osaka Menggunakan Kereta Shinkansen hingga kota Hiroshima. Setelah tiba di Kota Hiroshima, naik Kereta JR Sanyo line (arah Iwakuni) turun di Stasiun Miyajima Guchi.  Nah, dari stasiun ini Kamu bisa menaiki Ferry untuk menyeberang ke Pulau Miyajima dengan waktu tempuh kurang lebih 10 Menit (Interval keberangkatan Ferry : setiap 15 menit).

 

(JR Miyajima Ferry)

Kabar Baik untuk Kamu yang memiliki JR WEST Pass (Untuk Kansai-Hiroshima Area Pass, Sanyo-San’in Area Pass, dan Setouchi Area Pass ) dapat menggunakan kereta Shinkansen NOZOMI  (Shinkansen NOZOMI tidak dapat digunakan dengan JR PASS biasa). Shinkansen Nozomi dapat menghemat waktu perjalananmu dari Osaka ke Hiroshima Hanya 1 jam 20 Menit . Kerennya lagi dari JR WEST Pass (Untuk Kansai-Hiroshima Area Pass, Sanyo-San’in Area Pass, dan Setouchi Area Pass ) ini sudah termasuk JR Miyajima Ferry, jadi kamu gratis menaiki ferry menuju Miyajima dengan menunjukkan JR WEST PASS-mu. Berwisata di Hiroshima mungkin tak cukup hanya di Pulau Miyajima saja, jadi kamu juga bisa memanfaatkan Bus dalam kota Meipuru-pu untuk berkeliling di kota Hiroshima sepuasnya menggunakan JR WEST PASS-mu.

Informasi mengenai JR Pass Klik disini

Beli JR West Pass Online disini

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu.