Jepang
Berpetualang di Yakushima, Hutan Tertua di Jepang
2018-03-16 10:16:53
HIS Travel

Jepang memang tidak diragukan lagi adalah sebuah metropolis yang identik dengan kecanggihan dan kemajuan teknologinya. Namun apabila Anda berpikir bahwa negeri sakura ini tidak memiliki keindahan alam yang menakjubkan, maka Anda salah. Kali ini, H.I.S.Travel Indonesia akan mengajak Anda untuk menjelajahi Yakushima, sebuah pulau yang ditutupi oleh hijaunya belantara pepohonan yang disinyalir merupakan hutan tertua di Jepang!

Yakushima merupakan sebuah pulau kecil yang berlokasi dibawah Kyushu, salah satu dari 4 pulau terbesar Jepang yang terletak di paling selatan. Pulau ini terkenal memiliki ekosistem yang menakjubkan. Dengan iklim subtropikal, Yakushima merupakan rumah dari sebuah hutan yang sangat luas berisi pohon-pohon cedar besar. Para ahli lingkungan hidup memprediksi bahwa pohon-pohon cedar tersebut berusia sekitar 1000 tahun lebih. Pohon tertua disini bahkan umurnya nyaris mencapai 7000 tahun lho, Travel Mates!

Pulau menakjubkan yang juga merupakan UNESCO World Heritage Site ini memiliki beberapa spot menarik lho! Diantaranya adalah Shiratani Unsuikyo, Area Jomonsugi, Museum Yakusugi, Air Terjun Okonotaki, dan juga pantai – pantai di Yakushima. Sebelum melihat penjelasan lebih lanjut, yuk lihat video dibawah ini!

 

SHIRATANI UNSUIKYO

Area yang satu ini memperoleh banyak perhatian nasional maupun internasional sejak rilisnya animasi Studio Ghibli yang terkenal yaitu Princess Mononoke. Pasalnya, Shiratani Unsuikyo merupakan salah satu inspirasi terbesar yang dipakai oleh para animator Studio Ghibli ketika menggarap anime sukses ini.

Dilengkapi dengan rute hiking yang bersih, rapi dan relatif mudah, Shiratani Unsuikyo merupakan rumah dari beberapa yakusugi yang paling terkenal di Yakushima. Yakusugi berarti pohon cedar yang berada di Pulau Yakushima. Nama ini datang dari kata Yaku yang melambangkan Pulau Yakushima dan sugi yang dalam Bahasa Jepang berarti pohon cedar. Beberapa yakusugi terkenal yang ada di area Shiratani Unsuikyo diantaranya adalah Nidaiosugi dan Yayoisugi.

AREA JOMONSUGI

Jomonsugi adalah sebuah yakisugi yang wajib Anda lihat saat mengunjungi Pulau Yakushima. Pasalnya, pohon cedar ini merupakan pohon cedar tertua di Jepang! Berusia sekitar 7000 tahun, para ahli lingkungan hidup meyakini bahwa Jomonsugi pertama kali ditanam pada periode Jomon, yaitu periode prehistoris Jepang yang berkisar antara tahun 10.000 – 300 S.M. Meskipun berdiri tidak begitu tinggi di ketinggian 25 meter saja, usia Jomonsugi terpampang jelas di diameter batangnya yang berjarak 5 meter!

Tak jauh dari Jomonsugi, terdapat berbagai yakisugi yang menarik untuk dilihat seperti Meotosugi dan Wilson’s Stump. Meotosugi merupakan sebatang pohon cedar dengan bentuk yang sangat unik, yaitu menyerupai sepasang kekasih yang tengah berpelukan. Sementara Wilson’s Stump adalah bekas akar besar sebuah pohon cedar yang telah tumbang ratusan tahun yang lalu. Akar yakisugi dengan ukuran super besar ini memiliki sebuah lubang hitam di bagian tengahnya sehingga menyerupai sebuah gua. Pemandangan mengagumkan tersebut, ditambah dengan atmosfer mistis di hutan yang tua ini dijamin akan membuat Anda terpukau!

MUSEUM YAKUSUGI

Tidak jauh dari Pelabuhan Anbo di Yakushima, terdapat sebuah museum yang dinamai Museum Yakusugi. Anda yang penasaran akan sejarah pohon-pohon cedar yang sudah ada di bumi sejak jaman primitif ini dapat memuaskan rasa keingintahuan Anda disini.

AIR TERJUN OKONOTAKI

Air terjun Okonotaki tergolong sebagai salah satu air terjun yang paling indah di negeri sakura ini. Dengan tinggi 88 meter dan suasana sekitar yang dikelilingi oleh bebatuan eksotis dan pepohonan tua, Anda akan merasa seolah-olah Anda telah menaiki mesin waktu ke masa lampau.

PANTAI-PANTAI DI YAKUSHIMA

Berhubung Yakushima merupakan sebuah pulau, maka terdapat beberapa pantai dimana Anda dapat berjalan-jalan menikmati suasana. Asyiknya lagi, setiap musim panas di bulan Juni atau Juli, banyak penyu-penyu yang bertandang ke pantai-pantai ini untuk bertelur! Penyu tergolong binatang langka dan harus dilestarikan, maka pada musim bertelurnya penyu ini biasanya diadakan sebuah tur khusus bagi Anda yang berminat untuk menonton fenomena alam yang menakjubkan ini.

Area Yakushima sebagian besar merupakan hutan yang masih liar, Anda disarankan untuk mempersiapkan perlengkapan hiking Anda apabila berminat untuk berkunjung kesini. Ada beberapa area perkemahan yang dapat Anda pakai untuk menginap. Atau Anda juga bisa tinggal di salah satu dari beberapa penginapan kecil yang ada di pulau ini, seperti Morinokokage Cottage.

Jangan lupa untuk membawa bahan makanan, peralatan memasak, air bersih, obat-obatan pribadi, alas kaki yang nyaman untuk dipakai hiking dan jas hujan karena curah hujan di Yakushima terkenal tinggi. Tidak bisa berbicara dalam Bahasa Jepang? Tenang saja. Papan-papan petunjuk arah di rute-rute hiking di Yakushima telah dilengkapi dalam Bahasa Inggris.

Untuk mencapai Yakushima, Anda memiliki beberapa opsi. Cara yang paling cepat adalah via udara dengan menggunakan pesawat terbang. Bandara Yakushima terhubung dengan beberapa bandara besar di Jepang lainnya seperti Bandara Internasional Kansai di Osaka dan Bandara Internasional Fukuoka.

H.I.S. Travel Indonesia menawarkan berbagai deals Penerbangan Internasional ke Jepang yang menarik! Jadi, jangan lupa untuk selalu mengecek website kami ya, Travel Mates!

Cara kedua adalah dengan menggunakan ferry dari pelabuhan di Kagoshima. Untuk mencapai Kota Kagoshima yang terletak di Pulau Kyushu, Anda dapat menggunakan shinkansen (bullet train) dari kota-kota besar di Pulau Honshu seperti Tokyo, Kyoto dan Osaka. 

H.I.S. Travel Indonesia menawarkan JR Pass untuk kemudahan transportasi Anda selama liburan di Jepang.

Tunggu apalagi? Segera jelajahi pesona alam paling bersejarah di Jepang hanya di Pulau Yakushima bersama H.I.S. Travel Indonesia!