City Travel
Berkunjung Ke Desa Samurai di Nagamachi Kanazawa
2017-06-06 00:50:00
HIS Travel

Berbicara tentang destinasi wisata Jepang, sudah pasti yang akan terlintas pertama kali di benak kamu adalah Tokyo, Kyoto dan Hokaido. Tiga kota tersebut memang menjadi destinasi wisata yang paling diminati di Negeri Sakura.

Akan tetapi sepanjang tahun 2016, Kanazawa justru mengalami peningkatan jumlah turis yang jauh lebih banyak dibanding Tokyo, Kyoto, atau Hokaido. Bahkan CNN travel menobatkan Kanazawa sebagai salah satu destinasi wisata terbaik Jepang di tahun 2017.

Kanazawa (金沢) sendiri terletak di wilayah barat Jepang, yakni di Prefektur Ishikawa dan sekaligus menjadi ibu kota prefektur tersebut. Jika kamu mengunjungi Kanazawa, ada satu wilayah khusus yang merupakan desa para samurai pada periode Edo, yaitu Nagamachi.


Image source : japanesesearch.com

Nagamachi (長町) adalah sebuah distrik atau desa para samurai yang terletak di dekat istana Kanazawa, tempat para samurai dan keluarga mereka tinggal pada periode Edo. Kawasan ini menyimpan suasana bersejarah berupa rumah-rumah para samurai, dinding atau pagar tanah, gerbang masuk yang unik, jalan yang sempit, dan kanal air.


Image source : visitkanazawa.jp

Salah satu daya tarik utama di Nagamachi adalah Nomura-ke, sebuah kediaman samurai yang telah direnovasi kembali untuk menampilkan gaya hidup dan benda-benda pada masa kejayaan mereka. Distrik ini juga memiliki beberapa museum dan bangunan lainnya yang telah direnovasi, serta sejumlah toko dan restoran yang tersebar di seluruh penjuru Nagamachi. Berikut ini beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi ketika berada di desa para samurai:

Rumah Keluarga Nomura
Keluarga Nomura adalah salah satu keluarga samurai Kanazawa yang terkaya. Namun, kekayaannya hilang ketika Periode Edo berakhir sehingga mengakibatkan kekuatan samurai menurun. Selama bertahun-tahun, rumah kayu mereka telah direnovasi, dan dilengkapi dengan beberapa koleksi artefak seperti baju besi lengkap di aula depan.


Image source : muza-chan.net

Hal paling mengesankan adalah taman berukuran kecil yang melengkapi keindahan Nomura-ke. Ukuran taman tersebut mungkin tidak terlalu besar, tetapi setiap sudut memiliki view yang unik dan berbeda. Kamu juga wajib mampir ke kedai teh kecil dekat tangga batu, di mana kamu bisa membeli secangkir teh hijau dan makanan tradisional.

Museum Ashigaru Shiroykan
Untuk melihat kehidupan para samurai lainnya, kamu bisa mengunjungi museum Ashigaru Shiroykan di bagian barat Nagamachi. Perlu diketahui, Ashigaru adalah kelas terendah untuk para prajurit samurai. Mereka tinggal secara berkelompok di tempat tinggal yang jauh dari kata mewah. Kamu bebas mengksplorasi tempati ini sekedar melihat tempat tidur dan dapur mereka yang sangat standar. Ada beberapa barang yang dipajang di sana yang jauh lebih sederhana dibandingkan milik keluarga Nomura.


Image source : visitkanazawa.jp

Rumah Keluarga Takada
Dari generasi ke generasi, anggota keluarga Takada menggunakan pedang mereka untuk melayani kekuatan penguasa di provinsi Kaga, atau yang sekarang dikenal sebagai wilayah Kanazawa.


Image source : blogs.yahoo.co.jp

Rumah keluarga Takada terbuat dari kayu dengan taman yang cantik dan dikelilingi dengan kolam ikan. Pintu gerbangnya sangat kental dengan nuansa feodal zaman samurai. Nagaya-mon, pintu gerbang rumah keluarga Takada, telah direnovasi dan dibuka secara umum untuk para wisatawan. Di rumah ini, kamu bisa merasakan seperti apa kehidupan para samurai pada periode edo.

Setelah lelah berkeliling desa samurai, kamu bisa mampir ke wilayah Katamachi yang menjadi pusat perbelanjaan dan tempat makan di sepanjang kanal yang membentang di distrik Nagamachi. Ada sejumlah toko dan kafe yang keren, termasuk chocolaterie yang menyajikan macaroon cokelat super lezat.  

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia