City Travel
Berkenalan dengan Pulau para Dewa di Hiroshima- Pulau Miyajima
2017-07-19 11:08:14
HIS Travel

Hiroshima, merupakan destinasi wisata favorit yang berada di Region Chugoku, Jepang. Bagi sebagian orang, Kota Hiroshima mungkin tidak asing lagi. Bagaimana tidak, Kota ini menjadi saksi sejarah pilu masa perang dunia ke- 2. Dibalik Sejarahnya yang terkenal di dunia, Prefektur Hiroshima juga menyimpan keindahan alam dan budaya khas Jepang yang tak kalah terkenal.

Baca juga MENELUSURI JEJAK SEJARAH BOM ATOM DI TAMAN PERINGATAN PERDAMAIAN HIROSHIMA

Yuk kita menyeberang sedikit dari kota Hiroshima, yaitu ke Miyajima, Sebuah pulau kecil yang dapat ditempuh kurang dari 1 Jam dari kota Hiroshima.

  • Pulau Para dewa dimana Kuil shinto dan kuil budha terawat dengan baik

Pulau Miyajima ini terkenal memiliki Kuil Itsukushima yang termasuk dapal 3 top scenic sight di Jepang (dua lainnya adalah pine-clad Island di Matsushima dan Amanohashidate di Kyoto). Kuil yang berlokasi di Miyajima, prefektur Hiroshima ini memang tersohor dengan torii atau gerbang kuil yang “mengapung” di atas lautan! Tak hanya gerbangnya saja, Bangunan dari Kuil Itsukushima pun juga “mengapung” di atas lautan.  Selain Kuil Itsukushima, ada beberapa Kuil lainnya seperti kuil Daisho-in yang sayang untuk dilewatkan bila berkunjung ke Pulau para dewa ini.

Baca juga MELIHAT GERBANG “MENGAPUNG” DI KUIL ITSUKUSHIMA

(Kuil Itsukushima)

  • Pulau dengan Keindahan Alam

Setibanya di pulau Miyajima, Kamu bisa melihat Rusa berkeliaran sekeliling pulau. Pemandangan yang apik antara laut dengan Hutan yang berpadu menyajikan keindahan alam di sekeliling pulau Miyajima, Sangan cocok untuk dinikmati di sore hari.

Terdapat Gunung Misen, yang merupakan tempat favorit kedua di pulau ini setelah kuil itsukushima. Gunung yang berada di 500 meter diatas permukaan laut ini menyuguhkan pemandangan di titik tertinggi di pulau ini. Dari Puncaknya, Kamu bisa menikmati pemandangan laut Seto Inland hingga Kota Hiroshima. Bagi Wisatawan yang gemar mendaki, tersedia 3 jalur pendakian yang dapat ditempuh sekitar 1,5 jam – 2 jam untuk sampai di puncak.

Jangan Khawatir, disini juga terdapat Ropeway untuk menuju observatori Shishi-Iwa yang berada di atas gunung Misen. Ropeway Station berada di taman Momijidani berjarak 10 menit jalan kaki dari Kuil Itsukushima. Kalau Kamu tidak naik hingga ke gunung misen, Taman Momijidani ini pun layak untuk kamu jelajahi. Taman ini terkenal akan pemandangan “Momiji”-nya di Musim Gugur. Kamu juga bisa mencoba membuat makanan khas Momiji Manju dengan harga 300 Yen per orangnya.

Baca juga MOMIJI MANJU, KUE UNIK KHAS HIROSHIMA

  • Pulau yang kaya dengan Festival Budaya

Beginning Kangen-sai Festival (Image Source = http://visit-miyajima-japan.com/en)

Salah satu Festival Budaya terbesar yang diadakan di Pulau Miyajima adalah Kangensai Festival.  Kangensai Festival adalah sebuah festival tahunan yang diadakan di Miyajima. Festival ini adalah salah satu dari 3 festival terbesar di budaya Jepang yang menggunakan perahu. Secara harafiah, Kangen (dibaca kan-gen) adalah seni musik pertunjukan dengan memainkan instrumen alat musik khas jepang seperti 3 seruling (sho, hichiriki, ryuteki), 3 drum (kakko, taiko, shoko) , dan 3 dawai (wagon, biwa , koto). Sedangkan kata –sai (dari Kangensai) dapat diartikan festival, atau perayaan.  Para bangsawan di masa lalu menikmati pertunjukan musik yang dimainkan diatas perahu. Konon Festival ini dimulai sekitar 800 tahun lalu di masa Heian yang dimulai oleh kaum bangsawan untuk menghormati para Dewa.

(Image Source = http://www.backpackers-miyajima.com/)

Kangensai diselenggarakan setiap tanggal 17 bulan ke enam di kalender lunar, pada tahun 2017 ini akan diselenggarakan pada 8 Agustus 2017. Pada Kangensai Festival, Perahu yang digunakan di festival ini akan dirakit dari awal, setelah terbentuk perahu akan dihiasi dengan lampion cantik dan didekorasi warna-warni indah sedemikan rupa, pantas saja festival ini dinobatkan menjadi Best 3 festival perahu di Jepang. Tak hanya itu, Kamu dapat menikmati Musik tradisional, makanan, dan indahnya pemandangan Itsukushima saat perayaan yang hanya dapat dilihat disini.

(Image Source = http://visit-miyajima-japan.com/en)

Nah, bagaimana caranya menuju ke Pulau Miyajima ini?

Kamu dapat menuju Prefektur Hiroshima dari Osaka Menggunakan Kereta Shinkansen hingga kota Hiroshima. Setelah tiba di Kota Hiroshima, naik Kereta JR Sanyo line (arah Iwakuni) turun di Stasiun Miyajima Guchi.  Nah, dari stasiun ini Kamu bisa menaiki Ferry untuk menyeberang ke Pulau Miyajima dengan waktu tempuh kurang lebih 10 Menit (Interval keberangkatan Ferry : setiap 15 menit).

(JR Miyajima Ferry)

Kabar Baik untuk Kamu yang memiliki JR WEST Pass (Untuk Kansai-Hiroshima Area Pass, Sanyo-San’in Area Pass, dan Setouchi Area Pass ) dapat menggunakan kereta Shinkansen NOZOMI  (Shinkansen NOZOMI tidak dapat digunakan dengan JR PASS biasa). Shinkansen Nozomi dapat menghemat waktu perjalananmu dari Osaka ke Hiroshima Hanya 1 jam 20 Menit . Kerennya lagi dari JR WEST Pass (Untuk Kansai-Hiroshima Area Pass, Sanyo-San’in Area Pass, dan Setouchi Area Pass ) ini sudah termasuk JR Miyajima Ferry, jadi kamu gratis menaiki ferry menuju Miyajima dengan menunjukkan JR WEST PASS-mu. Berwisata di Hiroshima mungkin tak cukup hanya di Pulau Miyajima saja, jadi kamu juga bisa memanfaatkan Bus dalam kota Meipuru-pu untuk berkeliling di kota Hiroshima sepuasnya menggunakan JR WEST PASS-mu. 

Informasi mengenai JR Pass Klik disini

Beli JR West Pass Online disini