Tips
Berburu Sakura di Jepang
2016-04-16 05:55:20
HIS Travel

Tahukah kalian bahwa di Jepang itu ada ramalan mekarnya sakura? Ramalan sakura ini dibuat seperti ramalan cuaca untuk mengetahui kapan sakura di suatu tempat bermekaran.

Sakura merupakan bunga yang mekar saat musim semi, yaitu bulan Maret sampai dengan Mei yang mekar mulai dari daerah Selatan Jepang lalu menuju Utara secara berurutan. Berikut hal-hal yang harus kamu ketahui jika datang ke Jepang khususnya untuk melihat sakura :

  • Cek Ramalan Sakura

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, di Jepang ada yang dinamakan ramalan sakura, yaitu jadwal ramalan kapan sakura mekar di suatu tempat. Biasanya ramalan ini diberitakan oleh beberapa stasiun dan program acara TV di Jepang atau juga tercantum dalam koran.

Kalau kamu khusus datang ke Jepang untuk menggenapkan cita-cita melihat sakura, maka sebaiknya kamu mencocokkan tanggal kedatanganmu dengan tanggal mekarnya sakura di tempat yang ingin kamu kunjungi ya.

Silakan cek postingan sebelumnya mengenai ramalan mekarnya sakura di sini.

  • Alergi Serbuk Bunga

Sudah pernah dengar tentang alergi serbuk bunga? Alergi ini sering sekali ditemui saat musim semi, karena bunga-bunga mulai kembali bermekaran. Alergi ini biasa disebut dengan ‘Kafunsho’ atau hanya ‘Kafun’.

Hampir sebagian besar orang Jepang memiliki alergi terhadap serbuk bunga, khususnya dari bunga pohon Sugi. Pohon Sugi dulunya merupakan salah satu pohon yang digunakan kayunya untuk membuat konstruksi bangunan. Namun saat ini kayu pohon tersebut sudah tidak begitu dipakai lagi sehingga pohonnya dibiarkan saja sehingga tumbuh banyak, dan serbuk bunganya yang beterbangan membuat alergi orang-orang tertentu.

Meskipun bunganya tak nampak di depan matamu, namun serbuk yang berterbangan di udara bisa jadi sampai ke tempatmu dan menyebabkan alergi. Tetapi belum tentu juga kamu dapat terkena alergi ini, tergantung dengan kondisi dan ketahanan tubuh masing-masing. Jadi jangan khawatir terhadap alergi serbuk ini, namun tetap berhati-hati dan selalu siap sedia masker dan obat tetes mata ya.

  • Acara Hanami

Salah satu kebiasaan orang Jepang dalam menikmati keindahan bunga sakura yang hanya mekar sekitar 2 minggu dalam satu tahun di setiap daerahnya ini, adalah dengan mengadakan ‘hanami’. Istilah ‘Hnami’ sendiri secara harfiag berarti ‘melihat bunga’, khususnya di musim ini yaitu melihat bunga sakura.

Warga Jepang akan datang ke taman, menggelar matras untuk piknik atau menempati tempat yang tersedia, dan mengadakan acara minum-minum baik dengan keluarga, teman, maupun rekan kantor. Semuanya boleh bersenang-senang saat hanami, karena moment tersebut begitu langka dan dikatakan harus dinikmati bersama dan sepuasnya.

Banyak sekali taman-taman besar bahkan di Tokyo yang memiliki kebun sakura yang indah. Kamu mungkin bisa mengunjungi beberapa tempat seperti taman Ueno, Shinjuku Gyoen Mae, dan Tachikawa. Jika kebetulan sedang di Tokyo dengan jadwal mekar sakuranya kamu hanya perlu berebut tempat sedikit, menggelar tiket, lalu berpiknik ria bersama teman, di bawah pohon sakura yang indah bermekaran.

  • Pakaian Musim Dingin atau Musim Semi?

Jangan berpikir kalau masuk musim semi, maka udaranya sudah mulai hangat. Justru karena sedang peralihan musim, udara bisa berubah sewaktu-waktu dari panas ke dingin dan sebaliknya. Untuk berjaga-jaga, disarankan kamu tetap membawa jaket tebal, atau sekedar down jacket yang simpel namun tetap hangat.

Kamu juga harus siap-siap dengan mendung dan hujan sewaktu-waktu karena perubahan musim ini. paling tidak siapkan patung, juga siapkan kondisi badan yang fit jika kamu bepergian saat pergantian musim seperti sekarang ini.

  • Oleh-oleh Serba Sakura

Siap-siap untuk membawa uang ‘jajan’ lebih karena oleh-oleh serba sakura akan membuatmu tertarik. Oleh-oleh ini memang sangat spesial, karena beberapa barang seperti mochi khusus sakura, teh matcha sakura, dan beragai macam kudapan khas sakura dapat kamu beli di musim ini.

Selain makanan, banyak juga pernak pernik seperti gantungan kunci, kartu pos, dan lain-lain. Jadi siapkan budget khusus untuk oleh-oleh spesial ini ya!

Sakura merupakan bunga yang hanya mekar 2 minggu dalam satu tahun. Kadang bahkan kurang dari 2 minggu bunga cantik ini sudah mulai berguguran.

Sebagai pengunjung yang budiman, menikmati indahnya skaura tidak harus dengan memetik atau menarik dahan ranting agar bisa foto bersama bunga pink mungil ini. Nikmati keindahannya sambil menikmati matcha khas Jepang atau berpiknik ria bersama teman di bawah pohon, dengan rindangnya sakura yang bermekaran dan tetap terjaga kelestarian bunga khas matahari terbit ini.

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia