People & Culture
Berburu Oleh-oleh di Pasar Namdaemun!
2016-01-19 10:01:11
HIS Travel

Berwisata ke suatu negara, tak lengkap rasanya jika tidak menyambangi pusat perbelanjaannya. Apalagi untuk kamu yang hobi berbelanja. Mungkin belanja lah yang menjadi alasan utamamu untuk mengunjungi negara tersebut. Apalagi di negara yang menjadi negara pusat penjualan barang-barang fashion dan elektronik dengan pertokoan yang mewah, canggih dan bersih. Wuih, siapa sih yang tidak mau datang ke sana?

Korea Selatan tidak hanya punya keindahan panorama dan kekayaan budaya, namun juga menawarkan surga belanja yang akan membuatmu gelap mata. Namun di balik toko-toko yang mewah dan canggih tersebut, masih banyak kok pasar-pasar tradisional yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang datang ke negeri gingseng tersebut.

Cobalah datang ke Pasar Namdaemun!

Pasar Namdaemun adalah pasar tradisional terbesar dan tertua sekaligus pasar retail terluas di Korea Selatan. Pasar ini berada di 49 Namchang-dong, Jung-gu, Kota Seoul dengan rata-rata pengunjung 40.000 orang per hari. Pasar Namdaemun ini sebenarnya mulai beroperasi pada tahun 1414 saat pemerintahan Raja Taejong. Namun Pasar Namdaemun baru mulai dibuka kembali pada tahun 1964 setelah mengalami renovasi besar-besaran.

Image source : http://yeongboon.blogspot.co.id/

Image source : http://www.theseoulguide.com/

Namdaemun yang dalam bahasa Inggris berarti “The South Gate” ini bisa dikatakan sebagai pasar serba ada, mulai dari pakaian (anak-anak, dewasa dan tradisional), makanan, kebutuhan sehari-hari, aksesoris, kerajinan tangan, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya. Pasar ini memiliki jalan yang sempit karena dibangun pada masa di mana mobil belum menjadi sesuatu yang lazim. Karena itulah, transportasi untuk mengangkut barang masuk dan keluar pasar menggunakan motor atau gerobak.

Pasarnya buka dari pagi (sekitar jam 9 atau jam 10) sampai pagi lagi (sekitar jam 2 atau jam 3 subuh) dan buka setiap hari. Hanya saja apabila kamu datang hari minggu, banyak toko yang tutup. Paling hanya stand-stand di pinggir jalan saja yang tetap buka. Salah satu waktu terbaik untuk mengunjungi pasar ini adalah pada malam hari dimana pasar ini menjadi benar-benar hidup oleh para penjual dan pembeli.

Untuk kamu yang ingin belanja oleh-oleh semacam gantungan kunci, hiasan dinding dan souvenir lainnya khas korea pasar Namdaemun menawarkan harga yang paling murah! Pasar ini juga merupakan salah satu destinasi wisata populer di Korea untuk kamu yang ingin wisata kuliner, lho. Banyak sekali jajanan khas Korea (Namdaemun terkenal dengan hotteok-nya).

Nah, kalau kamu datang ke sini dan ingin belanja oleh-oleh souvenir khas Korea, sebaiknya pergilah ke Orange Building (kalau di peta adalah D Building). Harga yang di sana lebih murah daripada harga yang di luar atau di pinggir jalan.

Image source : https://elizabethjjancewicz.wordpress.com/

Oh iya, kamu jangan lupa untuk menyiapkan uang cash, ya. Di pasar ini tidak menerima pembayaran menggunakan kartu kredit apalagi kartu debet (meskipun ada beberapa toko yang menerima, sebagian besar tidak).

Satu hal lagi yang penting ketika kamu datang ke pasar ini adalah kamu harus menawar! Karena tidak banyak penjual yang bisa berbahasa Inggris, sebaiknya kamu membawa kalkulator ya ketika menawar.

Untuk menuju ke Pasar Namdaemun sangat mudah. Lokasinya sangat dekat dengan jantung kota Seoul (City Hall). Kamu bisa menggunakan MRT line 1 dan turun di Stasiun Seoul City atau Stasiun Seoul. Kalau kamu ingin langsung menuju pasar ini, sebaiknya turun di Stasiun Seoul. Kamu bisa menggunakan Seoul Subway Line 4 dan turun di Stasiun Hoehyon dan keluar di Stasiun Exit 5.

Selamat belanja...

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

https://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Image source : http://www.theseoulguide.com/