Tips
Beragam Pilihan Transportasi Umum Di Bangkok Thailand
2017-06-01 08:26:47
HIS Travel

Bangkok terkenal dengan lalu lintasnya yang sangat padat. Tidak heran jika kemacetan terjadi dimana-mana. Setiap saat, pagi, siang, dan malam selalu terjadi kemacetan di sudut-sudut kota Bangkok, Thailand. Menyita banyak waktu kamu ketika hendak berkeliling Bangkok. 

Beruntungnya, dengan beragam fasilitas transportasi publik yang modern akan mempermudah kamu mengunjungi tempat-tempat kece di Bangkok. Berikut ini beragam pilihan transportasi umum di Bangkok Thailand :

1.Skytrain (BTS)
BTS Skytrain adalah cara teraman, nyaman, dan mudah untuk berkeliling Bangkok. Diresmikan sejak 5 Desember 1999 dan telah mengubah wajah transportasi umum di ibukota Thailand, dimana untuk pertama kalinya Bangkok menawarkan transportasi bebas macet, bising, dan polusi kepada warga lokal dan wisatawan di pusat kota Bangkok


Image source : investvine.com

Masing-masing stasiun terdiri dari dua bagian yaitu concourse dan platform. Concourse menawarkan fasilitas ticketing dan fasilitas penumpang lainnya, sedangkan platform adalah tempat dimana penumpang menunggu , naik, dan turun dari kereta.

2.Subway (MRT)
Sistem kereta api bawah tanah (disebut MRT - Mass Rapid Transit) yang baru dibuka di Bangkok memiliki jalur terbatas. Dimulai dari stasiun Bangsue hingga ke stasiun Hua Lumphong, dan terhubung dengan Skytrain di 3 stasiun yakni Silom, Sukhumvit, dan Chatuchak Park. 


Image source : siemens.com

Sistem ticketing milik Subway mirip dengan Skytrain (BTS), tetapi sebenarnya kedua sistem tersebut berbeda dan tidak saling kompatibel. Semua stasiun bawah tanah MRT dapat kamu capai dengan menggunakan ramp atau elevator, atau bisa juga menggunakan eskalator.

3.Airport Rail Link(ARL)
Airport Rail Link Suvarnabhumi mulai dioperasikan secara resmi pada bulan Agustus, 2010. Untuk menghindari kemacetan di pusat kota Bangkok, ARL menempuh perjalanan sejauh 28.6 km dari Bangkok menuju bandara Internasional atau sebaliknya hanya dalam waktu kurang dari 30 menit.


Image source : boutiquehotelbangkok.com

Layanan ARL terdiri dari 2 jenis yaitu layanan non-stop Express dan layanan City Train. Kedua layanan tersebut beroperasi sejak pukul 06.00a.m hingga tengah malam dan memiliki stasiun transit Makkasan yang terhubung dengan stasiun MRT (Subway) Phetchaburi. Sedangkan khusus untuk jalur City Train terhubung dengan stasiun BTS (Skytrain) Phaya Thai.

4.Taksi
Taksi adalah cara tercepat dan nyaman untuk berkeliling kota Bangkok, setidaknya jika kondisi jalanan tidak macet total. Semua taksi di Bangkok juga sudah dilengkapi dengan AC. Tarif minimalnya yaitu 35 baht dan rata-rata perjalanan di Bangkok membutuhkan 100 baht. Tanda berupa lampu berwarna merah manandakan bahwa taksi tersebut kosong. Begitu argo dijalankan, kamu akan langsung melihat tarif sebesar 35 baht pada layar argo.


Image source : thecontinenthotel.com

5.Express Boat
Perahu Chao Phraya Express merupakan salah satu transputasi umum di Bangkok yang beroperasi di sungai Chao phraya. Transportasi ini menghubungkan pusat kota Bangkok dan Nonthaburi, provinsi di wilayah utara Bangkok. Pada akhir pekan, perahu ini juga menawarkan perjalanan wisata bagi para turis. Bahkan kamu pun bisa menyewa perahu tersebut selama seharian.


Image source : bangkokriver.com

6. Bis Kota
Bis Kota Bangkok yang sebagian besar dioperasikan oleh Bangkok Mass Transit Authority (BMTA) merupakan moda transportasi umum paling murah, tetapi juga menantang karena ada banyak sekali rute yang tersedia. Bahkan penomoran bis menggunakan bahasa Thailand, semakin membuat kamu kebingungan. Selain itu halte bus biasanya hanya menampilkan nomor bus yang berhenti disistu. Ditambah lagi dengan penumpangnya yang sangat ramai dan tidak ber-AC.


Image source : hiveminer.com

6.Tuk Tuk
Sebelum BTS, MRT dan taksi muncul, Tuk Tuk atau sam lor sempat menjadi moda transportasi umum yang paling populer di kota Bangkok. Sekilas tuk tuk menyerupai perpaduan antara becak dan bajaj dengan mesin kecil yang dipasang di dalamnya. Namun, tuk tuk tetap menjadi ikon tersendiri bagi kota Bangkok. Tidak heran jika banyak diantara para wisatawan yang mencoba menggunakan tuk tuk untuk mengelilingi Bangkok.


Image source : thecontinenthotel.com

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Thailand pada H.I.S!

https://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia