People & Culture
Beli Souvenir di Vietnam, Pasar Ben Thanh Tempatnya!
2016-02-26 08:08:04
HIS Travel

Belanja merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan ketika kamu berwisata. Baik itu wisata di dalam negeri atau ke luar negeri. Souvenir merupakan hal yang wajib kamu beli selama di sana. Hanya saja, agar bisa membeli banyak souvenir sebagai oleh-oleh kepada teman-teman dan keluargamu, kamu harus pandai-pandai memilih tempat yang menjual souvenir dengan harga yang murah.

Untuk kamu yang akan pergi ke Vietnam, sebaiknya pergilah ke Pasar Ben Thanh kalau kamu ingin membeli souvenir.

Terletak di jantung kota Ho Chi Minh, pasar Ben Thanh tidak hanya terkenal sebagai tempat perdagangan yang ramai, tetapi juga sebagai salah satu bangunan dengan arsitektur tipikal di kota Ho Chi Minh. Pasar Ben Thanh merupakan salah satu pasar tertua di kota Saigon.

Image source : http://hanoi-inshoku.com/

Pasar ini bermula dari sekumpulan pedagang kaki lima yang berjualan di pinggiran Sungai Saigon. Kemudian pasar tersebut dipindahkan ke kawasan baru dan berganti nama menjadi Pasar New Ben Thanh. Tapi saat ini kebanyakan penduduk di sana sudah lupa dengan istilah ‘New’ yang menempel di pasar ini dan cukup dengan menyebut Ben Thanh saja. Meskipun Ben Thanh merupakan pasar tradisional, pasar ini tetap tertata rapi dan memberikan suasana yang cukup nyaman dalam berbelanja, kok.

Berbagai jenis barang bisa kamu dapatkan di pasar Ben Thanh. Pasar ini menjual berbagai pakaian, makanan, tas, dan berbagai macam souvenir yang menarik. Begitu kamu memasuki pasar Ben Thanh, kamu akan melewati jalan selebar satu meter yang di sisi kanan dan kirinya dipenuhi oleh dagangan. Penjual dengan ramah dan semangat menawarkan barang dagangan, bahkan terkadang sampai memegang tangan pengunjung untuk berhenti melihat jualan mereka.

Hal yang membuat pasar ini sangat digandrungi oleh wisatawan asing adalah karena harganya yang murah meriah dan kebanyakan barang sudah diberi label harga, jadi kamu tidak perlu repot-repot bertanya. Namun meskipun sudah meriah, kamu juga harus pintar-pintar menawar ya. Harga barang disana bisa ditawar hingga 50% dari harga aslinya, apalagi kalau kamu membeli dalam jumlah banyak. Ketika menawar, tidak masalah kok kalau kamu tidak bisa bahasa Vietnam. Beberapa pedagang di sana sudah fasih berbahasa Inggris. Tapi jika tidak bertemu pedagang yang bisa bahasa Inggris, gunakanlah kalkulator untuk menulis harga yang diinginkan.

Satu hal lagi yang sebaiknya kamu siapkan ketika akan belanja di pasar ini adalah sebaiknya membawa uang dalam bentuk Dollar US. Berbelanja di sini juga berlaku 3 jenis mata uang, yaitu Dong Vietnam, Ringgit Malaysia dan Dollar US. Dan kalau kamu ingin menukar dengan mata uang sana, ada banyak money changer di kawasan tersebut, kok.

Puas dengan pasar siangnya, cobalah mampir ke Ben Thanh di malam hari. Setelah pasar di gedung utama tutup, mulai sekitar pukul 19:00 adalah waktunya Ben Thanh Night Market atau Pasar Malam Ben Thanh. Suasanya di pasar malam ini ramai sekali lho.

Image source : http://ameblo.jp/

Di sekitar pasar Ben Thanh juga banyak tempat penginapan dari kelas hostel hingga berbintang. Rumah makan berlabel halal pun tersedia. Namun kamu harus berhati-hati ya selama berada di sekitar pasar Ben Thanh. Karena kendaraan di kawasan sekitar sana sangat padat dan tidak banyak lampu lalu lintas di sini. Jadi kamu harus hati-hati ketika menyebrang jalan ya. Satu hal lagi yang harus kamu ingat, adalah untuk selalu menjaga barang bawaanmu sebaik mungkin agar barang tidak berpindah tangan ya...

Selamat belanja...

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia