Info Muslim
BBQ dan Gyudon Halal Pertama di Tokyo
2017-07-25 07:12:44
HIS Travel

Menikmati olahan kuliner Jepang tentunya merupakan salah satu tujuan utama para turis mancanegara mengunjungi negara sakura ini; dan barangkali merupakan pengalaman yang kamu nanti-nantikan. Disamping hidangan khas Jepang seperti sushi, kue dorayaki, nasi onigiri dan macam-macam makanan lainnya, ada satu hidangan yang menjadi buruan para turis di Jepang; yakni gyudon. Panganan ini terkenal dengan kesederhanaan dan sangat cocok dimakan sebagai menu makan siang kamu. Pada dasarnya, hidangan ini terbuat dari semangkuk nasi yang diberi irisan daging sapi dan bawang bombai diatasnya; tidak lupa juga disajikan dengan siraman saus manis yang terbuat dari dashi (kaldu ikan dan rumput laut), kecap dan mirin (produk olahan beralkohol dari beras). Karena adanya kandungan alkohol dalam mirin ini, gyudon menjadi haram hukumnya untuk umat muslim. Bukan hanya itu saja, seringkali para pembuat gyudon mencampurkan sedikit minyak babi ke dalam panganan ini untuk memperkaya citarasanya; yang jelas-jelas haram untuk dikonsumsi. Demikian pula dengan saus yang digunakan dalam BBQ, seringkali mengandung bahan-bahan yang haram.

Namun, kamu tidak perlu berkecil hati; karena di Restoran Gyumon, kamu dapat menikmati sajian gyudon dan BBQ halal pertama di sekitaran ibukota Jepang ini.

Imagesource : www.google.maps.com

Beralamat lengkap di Tokyo, Shibuya, 3-14-5, berdekatan dengan stasiun shibuya membuat restoran ini jamak dikunjungi. Sehingga kamu dapat menjadikan tempat ini sebagai destinasi utama ketika kamu sudah capek berkeliling dan berbelanja di stasiun shibuya, karena selain letaknya yang dekat –hanya memakan 5-10 menit perjalanan, jam buka dari restoran ini pun sangat kooperatif dengan tujuan wisatamu. Restoran yang buka pada waktu makan siang dan pukul 17.00-04.00 (waktu setempat) di hari senin-kamis, dan pukul 17.00-23.00 di hari sabtu-minggu ini mulai berkancah di bisnis makanan halal sejak tahun 2011; dan telah mengantongi sertifikasi Japan Halal Standart (standarisasi pengolahan dan penyajian makanan halal) dari lembaga sertifikasi yang berkedudukan di Malaysia. Sehingga kamu tidak perlu ragu ketika menyantap sajian-sajian yang dihidangkan di restoran ini.

Imagesource : kelilingjepang, via instagram

Imagesource : By Meryem Chin (March 2017) – Gyumon (Halal Japanese BBQ Restaurant), via maps.google.com 

Apabila kamu mengunjungi tempat ini di jam makan siang, kamu dapat memesan 1 set Gyudon   halal seharga 1000 yen. Selain menggunakan topping yang lazim ditemui, kamu dapat mengganti topping dengan bahan-bahan seperti onsen tamago (kuning telur setengah matang) dan mie shirataki (cocok bagi kamu yang sedang menjalani diet karbohidrat). Kamu juga dapat meminta tambahan topping seperti beni shoga (acar dari jahe) atau shichimi (bubuk cabai). Selain itu, terdapat 3 jenis set BBQ yang ditawarkan gyumon kepada para pelanggannya, dan jangan lupa, setiap porsi dari set ini hanya berlaku untuk satu orang. Dengan harga yang bervariasi dari 3000-4000 yen kamu dapat menikmati daging-daging yang berbeda; seperti daging ayam, daging bahu sapi (shoulder meat), daging punggung belakang (round meat), atau daging iga sapi (rib loin) untuk kemudian dipanggang bersama sepiring salad, semangkuk nasi, dan minuman.

Imagesource : www.halalmedia.jp

Imagesource : Gyumon Restaurant (牛門渋谷並木橋古民家焼肉), via Facebook

Daging-daging yang ditawarkan di Gyumon telah mendapatkan sertifikasi halal dan bebas dari penyakit. Dalam proses distribusinya, daging-daging tersebut tidak dicampurkan dengan daging-daging yang haram dan menggunakan truk khusus. Selain itu, koki yang mengolah makanan di Gyumon merupakan seorang muslim dan menggunakan seperangkat peralatan yang hanya dipergunakan untuk mengolah bahan-bahan halal dan tidak dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya. Dan karena hal itu, restoran ini menjadi terkenal dan merupakan magnet bagi kaum muslim di Tokyo, terbukti dari presentase pengunjung muslim yang mencapai angka 50% setiap harinya.

Sedikit tips, apabila kamu ingin mengunjungi restoran ini, usahakan untuk datang seawal mungkin agar kamu mendapatkan tempat yang sesuai dengan seleramu.

 

topimagesource : Akihiro Shugo, via Facebook