City Travel
7 Bangunan Kuil bersejarah di Athena yang wajib dikunjungi
2018-05-01 08:39:33
HIS Travel

Bicara mengenai Yunani maka mungkin kita akan langsung berpikiran mengenai beberapa peninggalan sejarah ya. Yunani meninggalkan banyak sekali sejarah bagi dunia, mulai dari ilmu pengetahuannya hingga beberapa peninggalan lainnya. Sekarang ini banyak sekali orang yang mengunjungi daerah Yunani untuk berwisata karena Yunani adalah salah satu negara yang memiliki bangungan bersejarah di dunia. Bagi kalian yang akan mengunjungi bagian dari Yunani maka kali ini kami akan memberikan informasi kepada kalian mengenai Bangunan Kuil bersejarah di Athena sehingga kalian bisa mengetahui informasinya dan bisa menambah wawasan. Tidak usah berlama-lama, berikut ini adalah informasinya :

1. Temple of Poseidon – Sounion

Hasil gambar untuk Temple of Poseidon – Sounion

image source : Achtypis Tours

Mungkin kalian semua sudah banyak yang tahu jika Poseidon adalah Dewa penguasa lautan di dalam keyakinan Yunani. Nah salah satu kuil terkenal yang bersejarah itu adalah Temple of Poseidon. Kuil ini berada di daerah Sounion yaitu tepatnya berada di ujung selatan Attica Yunani. Jika kuil ini masih kokoh, maka tampilan bangunannya akan hampir sama dengan kuil Hephaestus yang berada di Acropolis karena memiliki arsitek yang sama. Bangunan yang sekarang tinggal kolom kuilnya saja ini dibangun pada tahun 440 SM di atas bekas reruntuhan kuil dari masa Archaic. Terarik untuk mengunjungi situs bersejarah ini?

2. Temple of Zeus – Cyrene

Hasil gambar untuk Temple of Zeus – Cyrene

image source : fotoLibra

Jika tadi Poseidon adalah dewa penguasa lautan, maka di dalam kepercayaan atau mitologi Yunani. Zeus sendiri adalah raja dari segala dewa yang ada di Yunani dalam artian Zeus ini memiliki tingkatan paling tinggi. Bahkan mitologi Yunani menyebutkan jika dewa petir dan langit ini sebagai ayah dari para dewa dan juga manusia. Kuil ini sebenarnya dulunya berdiri megah, namun sayangnya pada tahun 115 ketika terjadi pemeberontakan di Yahudi. Kuil ini sempat hancur, kemudian 5 tahun setelahnya diperbaiki oleh bangsa Romawi dan juga kaisar Hadrian. Sayangnya pada tahun 365 runtuh kembali karena dahsyatnya gempa dan sampai jaman modern tidak lagi dibangun.

3. Temple of Olympian Zeus

Hasil gambar untuk Temple of Olympian Zeus

image source : Belle Michelle

Kuil yang bersejarah di negara Yunani yang selanjutnya adalah Kuil Olympian Zeus. Kuil yang satu ini merupakan salah astu kuil raksasa  atau kuil terbesar yang ada di Yunani. Bangunan di kuil ini mulai dibangun pada tahun 6 SM pada pemerintahan Tiran Athena. Bangunan ini namun hanya selesai beberapa bagian saja, bahkan bangunan yang dinamakan Olympian Zeus ini tidak pernah diselesaikan oleh pemerintah Kaisar Romawi bahkan setelah tahun 638 setelah proyek pembangunan dimulai. Wah sayang ya!

4. Temple of Erectheum – Acropolis

Gambar terkait

image source : tripadvisor.ru

Bangunan Kuil bersejarah di Athena yang selanjutnya adalah kuil yang bernama Erectheum. Bangunan kuil yang berada di bagian utara Acropolis Athena ini dibangun mulai dari 421 hingga 407 sebelum Masehi. Kuil ini adalah salah satu jenis kuil yang cukup populer pada jaman dahulu, kuil yang namanya diambil adri nama pahlawan Yunani yang bernama Erikhthonios ini pembangunannya digagas oleh 6 toko perempuan terkenal di Yunani yang dikenal dengan sebutan Caryatids. Kuil Yunani yang memiliki gaya iconic ini bisa dibilang masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

5. Temple of Hephaestus

Hasil gambar untuk Temple of Hephaestus

image source : TripAdvisor

Kuil selanjutnya yang berasal dari peninggalan Yunani Kuno adalah kuil Hephaestus. Sekarang ini kuil ini dijadikan sebagai warisan budaya yang sangat dilestarikan oleh Yunani. Jika kalian pergi ke Yunani maka wajib untuk mampir melihat keindahan dan juga kemegahan kuil ini. Kuil yang berada di bagian utara-barat Acropolis ini adalah salah satu kuil yang diawetkan terbaik di dunia. Walau mungkin kuil ini masih kurang dikenal namun kuil ini terjaga dengan sangat baik. Kuil ini dibangung pada tahun 5 SM dan diperuntukkan kepada dewa Hephaestos yanag merupakan dewa yang mengerjakan logam karena di distrik tempat kuil itu berdiri dulunya ada banyak sekali toko logam dan pengecoran logam. Kuil megah ini dirancang oleh seorang arsitek yang bekerja di Parthenon bernama Ictinus. Ketika berlibur ke Yunani jangan lupa supaya mampir ke kuil ini ya! Bangunannya sangat megah dan masih terjaga dengan baik sampai saat ini,.

6. Valley of Temples

Hasil gambar untuk Valley of Temples

image source : TripAdvisor

Kuil selanjutnya yang bisa kalian kunjungi adalah Valley of Temples yang berada di punggung bukit luar kota Agrigento. Kuil yang satu ini hampir sama dengan kuil Hephaestus yang kita bahas di atas tadi, kuil ini masih terjaga dengan sangat baik dan juga terawat. Kuil ini dibangung pada tahun 5 SM, kuil bergaya Doric ini masih terawat dengan baik hingga saat ini dan menjadi salah satu situs yang paling dilindungi kelestariannya. Jika ingin mengetahui mengenai sejarahnya lebih lengkap lagi dan ingin melihat secara langsung maka kami menyarankan agar kalian tidak lupa untuk mengunjungi kuil ini ketika berlibur ke Yunani.

7. Parthenon – Acropolis

Hasil gambar untuk Parthenon – Acropolis

image source : Layover Guide

Nah yang terakhir ini adalah salah satu bangunan yang paling terkenal di dunia. Kuil bernama Parthenon yang ada di Acropolis ini tidak bolehk kalian lewatkan jika kalian mengunjungi Athena. Kuil ini mulai dibangun pada tahun 447 SM dan selesai pada sekitar 432 SM. Kuil megah ini dibangun bertujuan untuk menyimpan patung besar Athena Paternis yang terbuat dari campuran emas, perak, dan juga gading yang berharga.

Nah itu dia beberapa informasi yang bisa kami berikan kepada kalian mengenai Bangunan Kuil bersejarah di Athena. Jika ingin liburan ke Yunani dengan murah maka gunakanlah jasa HIS Travel ya. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bermanfaat bagi kalian semua!