City Travel
Australia: Gudangnya Hewan Unik
2016-09-19 03:00:32
HIS Travel

Australia memiliki banyak kejutan, tidak hanya dalam soal makanan maupun festival yang bejibun diadakan setiap tahunnya. Lebih dari itu, Australia menyajikan gambaran mengenai sebuah negara yang alamnya diisi dengan berbagai macam hewan unik yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Ya, hewan merupakan satu dari sekian banyak alasan mengapa kamu harus mengunjung Australia. Negara tersebut memiliki lebih dari 4000 spesies ikan, 300 spesies kadal, 828 spesies burung, 378 spesies mamalia, 2 spesies buaya, dan sekitar 50 spesies mamalia laut hidup di negara tersebut.

Ada sekitar 80 persen Australia, Reptil, Mamalia, serta tumbuhan yang hanya bisa ditemukan di Australia. Mereka ini jarang bisa ditemukan di alam liar, namun kamu tetap bisa melihatnya di kebun binatang serta taman margasatwa yang tersebar di seluruh penjuru Australia. Hewan-hewan aneh lebih gampang ditemukan di Cleland Wildlife Park di Australia Selatan, Australia Zoo di Queensland, Rainforest Habitat di Port Douglas, serta Taronga Zoo Sydney.

Apa saja hewan unik yang hanya bisa ditemukan di Australia? Berikut daftar hewan yang perlu dicermati.

 

1) Berbagai Jenis Reptil Unik

Tidak semua orang menyenangi reptil, namun jenis hewan yang satu ini jelas memilki penggemarnya sendiri. Di Australia Barat, tepatnya di Ningaloo Reef, kamu bisa melihat lima jenis penyu langka yang bertelur dan bersarang di pantai-pantai tertentu, dan di musim-musim tertentu.

Bila kamu adalah penggemar kadal, ada 178 jenis reptil yang hidup Kimberley. Di daerah inilah kamu bisa melihat kadal leher rumbai serta kadal “Ta Ta”. Di padang pasir Australia Barat hidup kadal Thorny Devil yang menakjubkan. Lebih jauh lagi, berbagai jenis reptil termasuk biawak perentie, bearded dragons, dan kadal lidah biru juga bisa ditemukan di Australia Selatan dan Tengah.

 

2) Menikmati Godaan Monotremata

Image source : https://ja.wikipedia.org/

Mamalia bertelur, atau Monotremata, merupakan kelompok hewan yang bisa ditemukan langsung di Australia. Kelompok ini unik karena tidak bisa dinikmati di tempat lain. Di Australia kamu bisa menemukan platipus, hewan yang hidup di sungai dengan tampilan fisik menyerupai bebek. Kaki platypus berselaput dan memiliki bulu yang kedap air. Liang yang digali di tepi sungai merupakan sarang platypus dan hewan yang satu ini sangat sulit ditemukan. Ia pemalu namun kamu mungkin bisa menjumpainya di sungai yang tenang yang bisa ditemukan di kawasan pesisir tengah Australia.

Sementara itu ada juga landak pemakan semut, atau Ekidna, yang lengket, berlidah panjang, serta memiliki kulit berduri seperti landak. Walau terlihat lucu, namun jangan coba-coba menangkapnya. Ekidna bisa dengan mudah dijumpai di Kangaroo Island.

 

3) Meneropong burung

Setengah dari 828 spesies burung di Australia tidak bisa ditemukan di tempat lain. Emu besar setinggi dua meter hanya bisa ditemukan di Australia. Ia tidak bisa terbang namun bisa menjadi objek menarik untuk dilihat. Penguin peri, Kasuari, Lyrebird, Kurawong, dan Angsa Hitam, adalah beberapa jenis burung yang hanya bisa ditemukan di Australia. 

Kamu ingin melihat burung yang gelak tawanya menggelegar seperti manusia? Di Australia terdapat Kukabura yang mudah ditemukan di daerah pedesaan serta di pinggiran kota.

Dengan demikian, Australia bukan hanya sekedar Kangguru atau Koala. Ada banyak jenis hewan unik yang hanya bisa dijumpai di negara tersebut. Para penggemar wisata alam tentu saja tidak boleh melewatkan kesempatan untuk menjumpai mereka.

H.I.S. Tours & Travel siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Australia kamu pada H.I.S.!

http://his-travel.co.id/australia

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia