Jepang
Asiknya Melihat Monyet Berendam di Jigokudani Snow Monkey Park
2017-12-27 10:38:20
HIS Travel

Jigokudani yang berarti “Lembah Neraka” ini sejatinya adalah surga indah di utara Prefektur Nagano. Salju yang hampir selalu menyelimuti wilayah ini dalam 1/3 tahunnya ini membuat Jigokudani menjadi tempat favorit untuk menghabiskan libur musim dingin. 

Tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, kamu bisa menikmati kawasan taman nasional Jigokudani Yaen-Koen yang merupakan habitat dari monyet-monyet lucu berbulu tebal yang merupakan jenis monyel salju.

Tak jauh dari lokasi habitat monyet salju ini, kamu juga bisa menikmati wilayah pedesaan dengan menyewa sepeda dan berkeliling menyusuri sungai Yokoyu yang tenang dan indah. 

Pemandangan unik lain saat musim dingin tiba yang juga merupakan atraksi turis terpopuler di Jigokudani adalah saat melihat monyet-monyel lucu ini berendam di Onsen. Meskipun kawasan ini buka sepanjang tahun, waktu terbaik untuk melihat para monyet berendam ini adalah ketika area tertutup oleh salju, yang biasanya turun dari bulan Desember hingga Maret. Dan waktu terbaik berkunjung adalah sekitar bulan Januari dan Februari. Karena kalau cuaca belum terlalu dingin, maka tidak begitu banyak monyet salju yang akan berendam di sana.

Untuk kamu yang ingin mengetahui lebih jelas mengenai monyet salju dan habitatnya ini, petugas di sana juga telah siap dengan pemandumu. Disediakan pula penjelasan-penjelasan dalam bahasa inggris di dalam kawasan berendamnya monyet salju.

Meskipun monyet di sana sudah terbiasa dengan kehadiran manusia, dan kamu bisa mengamati mereka dari jarak dekat, kamu tetap harus berhati-hati ya. Kamu tidak boleh mendekati monyet-monyet itu, ataupun memberi makan mereka. Kalau mereka sedang bersikap agresif dan sedang terjadi konflik dengan sesama kawanannya, mungkin ada baiknya kalau kamu sedikit menjauh ya. Hahaha..

Karena Snow Monkey Park merupakan destinasi wisata yang terkenal di Nagano, ada banyak cara yang bisa kamu gunakan untuk bisa mencapai ke tempat ini.

Kamu bisa menggunakan bus dari Stasiun Yudanaka dengan Kanbayashi Line dan turun di Kanbayashi Onsen atau dengan Shiga Kogen Line dan turun di Snow Monkey Park (masing-masing perjalanan sekitar 10 menit). Kalau kamu berangkat dari Stasiun Nagano, kamu bisa langsung menggunakan bus Shiga Kogen Line, dengan tujuan langsung ke Snow Monkey Park (perjalanan sekitar 40 menit). 

Tak ingin repot memikirkan biaya yang harus keluarkan di masing-masing lokasi wisata di Nagano, Nagano Snow Resort Pass bisa menjadi pilihanmu.

Nah, dari tempat pemberhentian itu, kamu masih harus melalui jalur yang cukup jauh. Kira-kira perjalanan akan memakan sekitar 25-40 menit dengan berjalan kaki melalui hutan. Karena jalurnya yang kebanyakan menanjak dan salju akan membuat jalan menjadi licin, sebaiknya kamu sudah mempersiapkan sepatu yang cocok ya. Kalau kamu tidak mempersiapkan sepatu sebelumnya, tersedia juga tempat penyewaan sepatu boots. Harganya penyewaan adalah 800 yen.

Kalau kamu merasa sedikit lelah dan ingin beristirahat, jangan khawatir. Di tengah-tengah perjalanan, kamu akan menemukan cafe, Enza Cafe.

Makanan rekomendasi adalah ramen ayam, dan tersedia juga menu spicy untuk kamu yang menyukai makanan pedas.. Oh iya, mereka juga menyediakan makanan yang muslim friendly loh.. Dan rasanya,, hmmmm.. enak banget!

Cek juga : Berbagai Makanan Lezat di Nagano

Tak jauh dari Enza Cafe, kamu juga akan menemukan toko souvenir sekaligus information center untuk pengunjung yang ingin berbelanja oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Official web bisa kamu lihat di sini

Selamat berwisata...