Info Muslim
Apa Rasanya Hidup dan Bekerja Sebagai Seorang Muslim di Jepang?
2016-10-18 10:09:24
HIS Travel

Pertanyaan di atas rasanya bakal kamu tanyakan, apalagi bila kamu adalah seorang muslim dan dalam beberapa bulan ke depan kamu bakal menyambangi Jepang entah itu untuk keperluan plesir, studi, maupun untuk keperluan bekerja. Hidup sebagai seorang muslim, apalagi di negara di mana mayoritas penduduknya tidak beragama Islam, tentu cukup sulit. Kamu harus berusaha keras untuk menyesuaikan diri dan menjaga supaya makanan maupun minuman yang masuk ke perut memiliki kategori halal. Singkat cerita, seorang muslim harus bertindak layaknya muslim dan hidup menaati syariat agamanya, dimanapun dia berada. Nah, bagaimana kehidupan sebetulnya potret kehidupan kamu muslim di Jepang?

Masjid sangat jarang ditemukan, meski di setiap kota besar kamu akan dengan mudah menemukan masjid. Akan tetapi sungguh beruntung bila kaum muslim hidup di Tokyo, sebab setidaknya ada 3 masjid yang berdiri di sana. Masjid Tokyo (Tokyo Camii) bisa ditemukan dengan mudah di Yoyogi, dan dua lainnya bisa ditemukan di Okachimachi dan Asakusa. Menurut informasi, ada satu masjid lagi di Shibuya meski bentuknya hanyalah sebuah ruangan kecil di sebuah apartemen. Ruang kecil tersebut kerap digunakan untuk sholat jumat. Agak jauh dari Tokyo, tepatnya di Yokohama, kamu akan menemukan masjid Yokohama. Masjid Kobe juga berdiri dengan mantap, sehingga kamu tidak akan kesulitan menemukan tempat beribadah selama berada di Kobe. Jadi bila kamu tinggal di kota-kota tersebut, kamu tidak akan kesulitan menemukan masjid.

Bagaimana bila saya tinggal di luar Yokohama, Kobe, atau Tokyo? Sangat disarankan untuk menggunakan mesin pencari guna menemukan masjid di Jepang. Kebanyakan masjid di Jepang memiliki situs tersendiri, sehingga kamu tidak akan kesulitan ketika berusaha menemukan salah satu yang dekat dengan tempat tinggal. Masalah yang lain adalah makanan dan minuman halal. Kategori makanan dan minuman dengan label halal lebih sulit ditemukan, apalagi bila kamu tidak tahu dimana mencarinya. Akan tetapi jangan khawatir, sebab sekarang ini ada tren dimana banyak restoran di Jepang yang menyediakan menu makanan/minuman halal. Bahkan ada beberapa toko kebutuhan sehari-hari di Jepang yang memang dari semula hanya menjual makanan/minuman halal. Toko semacam itu biasanya mengimpor bahan-bahannya dari beberapa negara seperti Australia, Brazil, Thailand, Indonesia, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa restoran maupun toko makanan/minuman halal yang direkomendasikan untuk kaum muslim yang tinggal dan bekerja di Jepang:

 

1. Gyoumu Suupaa

Toko ini menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari untuk kaum muslim dengan label halal. Gyoumu Suupaa bukanlah sebuah toko khusus untuk muslim, namun mereka menjual berbagai macam bumbu, makanan, maupun minuman halal. Di sana kamu bisa menemukan mie instan, berbagai macam saus, minuman kaleng, makanan instan, corn flakes, coklat, kue, dan lain sebagainya, yang berlabel halal.Gyoumu Suupaa adalah nama franchise supermarket yang yang memiliki 658 toko yang tersebar di seluruh Jepang.

 

2. Sekai Cafe Oshiage

Cafe yang satu ini menjual berbagai macam menu halal, dan pastinya kamu tidak akan merasa kesulitan untuk menemukan satu jenis makanan/minuman yang sesuai dengan syariat agama. Seluruh makanan dan proses pengolahannya diperiksa untuk memastikan tidak ada kandungan babi, alkohol, maupun penyedap kimia. 

Alamat : 2-16-8, Narihira, Sumida-ku, Tokyo 130-0002

Jam buka : 9:00 - 21:00

 

3. Naritaya

Naritaya adalah sebuah restoran yang menjual ramen. Sebagai pengganti daging babi, dipilihlah daging ayam. Dan restoran ini tidak menyediakan minuman beralkohol. Semangkuk ZARU RAmen dan MAZESOBA dijual masing-masing seharga 700 yen.

Alamat : 2-7-13, Asakusa, Taito-ku, Tokyo

Jam buka : Senin-Jumat 10:00 a.m. - 10:00 p.m. || Sabtu, Minggu, Hari Libur 11:00 a.m. - 11:00 p.m.

Detail mengenai restoran ramen ini bisa kamu cek di sini.

 

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia