Tips
Mengapa Hanbok Disukai Banyak Orang?
2018-03-28 03:17:35
HIS Travel

Setiap negara selalu punya budaya, Indonesia memiliki budaya dan juga memiliki pakaian adat atau tradisional. Sama halnya Korea Selatan pun begitu, jika di Jepang kita bisa menemukan kimono sebagai pakaian tradisional maka di Korea sendiri ada hanbok yang merupakan pakaian tradisional. Nah bagi kalian yang menyukai drama Korea pasti sudah tidak asing dengan pakaian yang satu ini bukan? Terutama jika drama yang kalian tonton adalah drama yang mengisahkan sejarah atau joseon pasti kita bisa melihat berbagai macam jenis hanbok. Nah kali ini kami akan memberikan informasi kepada kalian semua mengenai alasan hanbok disukai sehingga kita bisa lebih mengenal pakaian khas Korea Selatan ini. Mari kita simak ulasannya :

Mengenal lebih dekat Hanbok

Hasil gambar untuk hanbok korea

 Jika sebentar lagi kalian dan juga rombongan akan pergi ke Korea Selatan maka sebaiknya mulai sekarang kamu harus mencari informasi mengenai Korea Selatan. Nah kalau kita berlibur ke Korea Selatan rasanya seperti ada yang kurang jika kita tak menyewa hanbok. Sebelum berangkat ke Korea Selatan dan mengenakan Hanbok yuk kita kenali lebih dulu pakaian tradisional ini. Simak ulasannya di bawah ini ya :

  • Detail Hanbok

Hasil gambar untuk hanbok detail

image source : https://cepatbelajarkorea.wordpress.com

Kalau kimono (pakaian tradisional Jepang) itu dibuat dengan ukuran yang sama atau standart. Namun berbeda dengan Hanbok ya, pakaian tradisional asal Korea ini dibuat menyesuaikan orang yang akan menggunakannya. Sehingga orang tersebut tidak kebesaran atau kekecilan ketika menggunakan Hanbok. Hanbok ini ada versi pria dan wanita ya, untuk yang wanita Hanbok sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu atas dan bawah. Bagian atasnya disebut dengan jeogori dan bagian bawahnya disebut sebagai chima. Jeogori sendiri adalah atasan Hanbok berlengan panjang yang mana memiliki dua tali yang nantinya diikatkan, tali itu ada di bagian depan. Untuk bagian bawah disebut sebagai Chimaa adalah rok panjang yang didalamnya ada underwear atau pakaian dalamnya. Sedangkan untuk pria Hanbok ini hanya ada mantel dan jeogori yang setiap pria memiliki motif dan bentuk yang hampir sama. Untuk Hanbok pria ini lebih simpel dan pemasangannya tidak serumit hanbok milik wanita.

  • Hiasan tambahan

Hasil gambar untuk binyeo

image source : pinterest

Yang kedua adalah hiasan tambahan. Selain menggunakan Hanbok, untuk mempercantik tampilan maka akan ada hiasan atau acessoris tambahan yang biasanya digunakan bersamaan dengan Hanbok. Untuk wanita, biasanya akan menggunakan hiasan tambahan seperti tusuk rambut atau yang disebut sebagai binyeo dan juga menggunakan alas kaki tradisional yang bentuknya hampir seperti flat-shoes. Sedangkan untuk pria biasanya hiasan tambahan itu adalah topi dan terkadang juga ada kalanya menggunakan rompi sebagai hiasan tambahan Hanbok yang dikenakan. Adanya hiasan tambahan atau acessoris ini membuat orang yang menggunakan Hanbok akan tampil lebih sempurna dan menawan.

  • Warna Hanbok

Hasil gambar untuk pink hanbok

image souce : http://itspinkpandaland.blogspot.co.id/

Selanjutnya kami akan membahas mengenai warna dari Hanbok. Warna Hanbok ini juga tidak kalah pentingnya dari hiasan dan bagian Hanbok. Bahkan pada jaman dahulu, warna dan juga model Hanbok itu menunjukkan status atau kedudukan seseorang sampai hari. Biasanya Hanbok yang digunakan oleh keluarga kerajaan atau keturunan bangsawan akan beda modelnya dengan rakyat biasa. Namun sekarang ini, Hanbok tidak lagi menggunakan sistem itu. Pada tradisi Korea Selatan, Hanbok memang masih sering digunakan dan warna itu pengaruh kepada kesempatan yang sedang dilalui. Misalnya saja pernikahan, kematian, atau ulang tahun. Ada beberapa peraturan Hanbok yang harus kamu perhatikan dan ketahui ya. Biasanya Hanbok berwarna pink itu digunakan anak-anak, orang dewasa menggunakan Hanbok pink jika ada acara seperti pernikahan, atau pertunangan saja. Selain itu untuk musim panas, Hanbok yang digunakan lebih condong ke warna-warna alami. Lalu warna mencolok digunakan ketika musim dingin tiba.

  • Masih digunakan sampai sekarang

Kendati Hanbok adalah pakaian tradisional, namun nyatanya sampai sekarang Hanbok juga masih digunakan ketika acara tertentu seperti misalnya acara pernikahan dan lain-lainnya.

Alasan Hanbok disukai

Kita semua telah mengenal Hanbok lebih daripada sebelumnya, sekarang kamu semua tahu kan mulai dari bagian sampai warna dari Hanbok. Hanbok nyatanya masih digunakan sampai saat ini dan bahkan banyak sekali tempat di Korea yang menyewakan Hanbok karena banyak sekali turis yang merasa menyukai dan tertarik dengan pakaian tradisional ini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Hanbok banyak disukai :

  • Hanya bisa ditemukan di Korea : Hanbok adalah salah satu pakaian yang hanya bisa kita temukan di Korea Selatan dan tidak di negara lain. Mungkin di Indonesia sendiri kita bisa menyewa Hanbok. Namun jika sedang berkunjung ke negara asalnya mengapa tidak sekalian mencobanya?
  • Warnanya yang menarik dan cantik : Alasan kedua mengapa banyak sekali turis asing termasuk turis Indonesia yang ingin sekali mencoba pakaian khas Korea Selatan ini adalah karena warna dari Hanbok yang menarik dan sangat cantik. Hanbok hadir dengan warna pastel dan soft yang membuatnya menjadi salah satu pakaian tradisional terindah di dunia sehingga banyak yang ingin menjajalnya.
  • Banyak penyewaannya : Selai  itu, ketika kamu pergi ke Korea Selatan tepaatnya di Seoul maka kamu tidak perlu lagi khawatir jika ingin menyewa Hanbok. Hal yang membuat turis semakin menyukai Hanbok adalah karena Hanbok ini banyak sekali tempat penyewaannya di Seoul. Selain itu juga lengkap dan banyak pilihan, kita bisa menyewanya untuk berfoto di beberapa tempat sehingga bisa merasakan sensasi menggunakan pakaian tradisional ini.

Nah itu dia beberapa alasan Hanbok disukai. Sekarang kamu semua sudah tahu kan? Jika ingin liburan ke Korea Selatan dan juga ingin mengenakan hanbok, yuk liburan bersama H.I.S Travel Indonesia! Semoga artikel ini bermanfaat ya!