Tips
Akses Mudah ke Pusat Kota Seoul Dengan AREX (Airport Railroad Express)
2017-09-20 14:10:24
HIS Travel

Berpergian ke luar negri merupakan salah satu impian banyak orang. Biarpun untuk sebagian orang hal ini mulai dianggap biasa, tetapi nuansa yang berbeda saat berlibur ke luar negri akan terasa istimewa. Banyak hal yang amat menarik untuk dicoba, mulai dari destinasi makanan yang cukup populer, tempat wisata yang sedang viral, hingga transportasi canggih ataupun akses mudah ke pusat kota Seoul dengan menggunakan AREX (Airport Railroad Express).

Berbicara tentang transportasi publik, negara semaju Korea Selatan tentunya telah memiliki beberapa pilihan moda transportasi. Orang-orang yang ada di Korea Selatan bebas untuk memilih bus, van, dan taksi, agar bisa segera menuju ke tempat yang mereka inginkan. Tapi untuk yang menginginkan moda transportasi yang lebih cepat dari Bandara Incheon ke Stasiun Seoul, Anda bisa mencoba untuk menaiki AREX.

Belum tau tentang AREX? Tenang! Di artikel ini, H.I.S Travel Indonesia akan sedikit menjelaskan tentang AREX yang menjadi primadona bagi orang-orang yang menginginkan moda transportasi cepat agar bisa segera sampai ke stasiun Seoul. Anda penasaran? Simak terus hingga usai yuk!

 

Sebenarnya, Apa Sih AREX Itu? Lalu, Cara Naiknya Bagaimana Ya?

AREX adalah penyebutan untuk Airport Railroad Express. Sesuai namanya, AREX adalah moda transportasi kereta yang melayani masyarakat dalam berhilir mudik dari bandara ke stasiun kereta yang ada diluar bandara.

Sumber : http://korea.iyaa.com/

Seperti kereta yang lain, AREX memiliki pintu masuk untuk para penumpang di kereta bandara Incheon, tepatnya di lantai B1. Saat telah turun dari pesawat dan masuk ke dalam terminal kedatangan, Anda harus menggunakan lift untuk mencapai lantai tersebut. Di stasiun bandara terdapat beberapa macam kereta semisal KTX, Express Train, dan All Stop Train.

Anda ingin ke Seoul? Bisa kok menaiki Express Train ataupun All Stop Train yang tujuan akhirnya sama-sama ke stasiun Seoul! Anda ingin langsung ke kota besar lain dengan kereta cepat? KTX adalah solusi yang paling baik untuk Anda. Ingin mencoba sensasi kenyamanan naik KTX tetapi ingin ke Seoul? Santai! Kereta ini juga berhenti di kota Seoul kok!

Namun bila Anda ingin lebih bersantai, Anda bisa mencoba untuk menaiki All Stop Train yang berhenti di setiap stasiun, sebelum akhirnya sampai ke stasiun Seoul. Meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama, kereta All Stop Train cukup nyaman untuk ditumpangi. Keamanannya juga bisa diandalkan. Jadi, Anda tak perlu khawatir bila ingin menumpangi All Stop Train ini.

Perbedaan antara KTX dengan All Stop Train dan Express Train yang ada di AREX itu apa sih?


Sumber : http://korea.iyaa.com/

Bila ditanya tentang perbedaannya, faktor perbedaan yang paling mencolok adalah waktu tempuh dari setiap perjalanan keretanya. Hal ini wajar, mengingat kereta Ekspress tidak berhenti di setiap stasiun, tidak seperti All Stop train.


Sumber : http://korea.iyaa.com/

Selain itu, kereta express memiliki kursi yang menyerupai KTX ataupun kereta jarak jauh lain yang mempunyai susunan kursi 2-2. Berbeda dengan All Stop Train yang memiliki susunan kursi yang menyerupai subway ataupun KRL yang ada di Jakarta.

Anda membawa koper yang berukuran besar? Tak perlu khawatir! Kereta ekspress yang beroperasi sebagai AREX ini, telah dilengkapi dengan ruang bagasi yang terletak di atas setiap tempat duduk yang disediakan. Selain itu, setiap gerbong keretanya juga menyediakan space khusus yang posisinya ada di bagian depan yang keamanannya cukup terjamin.

Butuh akses internet? Koneksikan saja gawai Anda dengan jaringan wifi! Kereta Ekspress ini sudah dilengkapi dengan fasilitas free wifi kok! Jadi Anda bisa bertransportasi tanpa harus takut mengalami putus koneksi untuk mengakses internet deh!

Jadwal keberangkatan kereta ekspress dari Bandara Internasional Incheon

Seperti halnya dengan KRL yang ada di Jakarta, kereta ekspress Bandara Incheon sudah beroperasi sejak pukul 05.20 pagi. Dan pada pukul 21.45, adalah jadwal pemberangkatan terakhir untuk kereta ekspres ini. Masing-masing kereta diberangkatkan dengan jeda sekitar 35 menit sekali, dan untuk pembelian tiket kereta ekspresnya bisa dilakukan di AREX Travel Center lantai B1 bandara Incheon.

Tarif tiket kereta ekspress memang cukup mahal. Dan dari kereta yang ada, yang paling mahal adalah kereta KTX yang satu seat kursinya harus dibayar dengan uang sekitar 8.000 won. Sebuah tiket yang cukup mahal, namun sebanding dengan fasilitas sarana dan prasarana penunjang transportasi yang akan Anda dapatkan. Selain itu, Anda juga bisa menghemat waktu lebih banyak ketimbang menaiki All Stop Train yang berhenti di tiap stasiun.


Sumber : http://korea.iyaa.com/

Sudah membeli tiket? Melangkah ke pintu masuk yang posisinya biasa berada di sebelah kanan yang penuh dengan corak warna oranye yuk! Kemudian, tap kartu yang Anda dapatkan tadi pada gate oranye yang teresedia, agar bisa memasuki peron untuk menunggu keberangkatan kereta yang akan membawa Anda ke Kota Seoul.

Anda belum tau yang mana kereta anda? Coba saja bertanya pada petugas keamanan yang selalu standby dan siap melayani kebutuhan para penumpang. Setelah menemukan kereta, langkah selanjutnya adalah mencari nomor gerbong dan tempat duduk sesuai dengan apa yang tertera di struk pembelian tiket AREX yang Anda punya. Setelah itu, Anda sudah boleh berlega hati dan menikmati perjalanan hingga sampai ke stasiun Seoul.

Sesampainya Anda di stasiun Seoul, jangan dulu cepat-cepat pergi dari stasiun. Sebab Anda bisa mendapatkan refund sebesar 500 won bila Anda menukarkan kartu pada mesin refund yang terdapat di sekitar pintu keluar. Jumlah itu amat lumayan untuk membeli cemilan ala Korea Selatan yang bisa Anda temukan di sudut-sudut jalan.

 

Anda masih memiliki pertanyaan seputar kereta ekspress tadi ataupun hal lain yang masih dalam ruang lingkup berlibur di Korea Selatan? Tanyakan langsung ke kami yuk! Bila semua sudah jelas, liburan Anda bersama H.I.S Travel Indonesia nanti pasti akan lebih terasa menyenangkan.

Oke, itulah tadi artikel singkat kami tentang akses mudah ke pusat kota Seoul dengan AREX. Terimakasih telah menyimak, sampai jumpa lagi dilain waktu ya travelers!