Food
Mencoba Olahan Daging ala Jepang, Sukiyaki
2015-09-30 09:12:38
HIS Travel

Sukiyaki (すき焼き) merupakan salah satu kekayaan kuliner asli Jepang. Dilihat dari cara mengolahnya, sukiyaki menyerupai sabu-sabu di Cina ataupun thaisuki di Thailand. Sebelum Perang Dunia II, di daerah Kanto masakan ini lebih dikenal dengan nama gyunabe, yang artinya daging sapi di dalam panci.

Sukiyaki menghidangkan irisan tipis daging sapi, sayur-sayuran dan tahu di dalam panci besi yang dimasak di atas meja makan dengan cara merebus semua bahan tersebut. Sayur-sayuran untuk sukiyaki biasanya adalah bawang bombay, daun bawang, sawi putih, shungiku (nama daun dari pohon keluarga seruni), jamur shiitake dan jamur enoki. Sebagai pelengkap ditambahkan konyaku atau shirataki yang bentuknya mirip soun, berwarna bening atau sedikit abu-abu.

Sukiyaki di Jepang memiliki 2 versi, yaitu sukiyaki versi daerah Kansai dan sukiyaki versi daerah Kanto yang berbeda cara penyajian, jenis bumbu dan rasa.

Sukiyaki versi Kansai dimasak hanya dengan bumbu kecap asin (shoyu) dan gula pasir. Sedangkan sukiyaki versi Kanto dimasak menggunakan saus warishita yang merupakan campuran dashi, kecap asin, gula pasir dan mirin yang dimasak terlebih dahulu.

Menurut cara Kansai, potongan lemak sapi dicairkan di dalam panci sebelum memasukkan irisan daging sapi. Bumbu berupa gula pasir dan kecap asin dituangkan sekaligus dalam jumlah banyak di atas daging yang sudah matang lalu dicampurkan dengan sayur-sayuran hingga matang. Sedangkan menurut cara Kanto, bumbu warishita didihkan dulu di dalam panci sebelum semua bahan dimasukkan.

Ketika sukiyaki sudah matang, jangan lupa untuk mencelupkannya ke dalam telur mentah yang telah di kocok ya sebelum kamu santap. Telur dalam sukiyaki memang bukan bahan yang utama dalam menyantap sukiyaki, akan tetapi rasa sukiyaki dijamin akan semakin lezat dengan menggunakan telur. Selain menggunakan telur, kamu juga bisa menggunakan kecap yang sudah diberi potongan cabai rawit.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

https://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia