Jepang
Sepuluh Ribu Gerbang di Kuil Fushimi Inari
2015-09-09 09:56:19
HIS Travel

Kalau kamu berkunjung ke Jepang, salah satu destinasi wisata yang harus kamu kunjungi adalah kuil Fushimi Inari. Fushimi Inari Taisha adalah kuil Shinto yang berada di Fushimi-ku, Kyoto, Jepang. Kuil ini merupakan kuil pusat bagi sekitar 40.000 kuil Inari yang memuliakan Inari (Dewa Padi) yang tersebar di seluruh Jepang. Kuil utama terletak di kaki Gunung Inari dan tanah milik kuil mencakup gunung yang tingginya 233 meter.

Inari dipercaya sebagai dewa pertanian sehingga kuil ini dipercaya membawa berkah bagi panen, terutama tumbuhan palawija, kesuksesan dalam perdagangan bisnis, dan keselamatan di bidang transportasi. Bagi orang Jepang Oinarisan (Kuil tempat memuja Dewa Inari) adalah tempat untuk berdoa dan memohon bantuan untuk kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, keberadaan “Oinarisan” sangat erat dengan masyarakat Jepang.

Aula utama kuil ditetapkan pemerintah Jepang sebagai warisan budaya yang penting. Sejak abad ke-17, penganut kuil Fushimi Inari memiliki tradisi membangun torii (gerbang).

Kalau kamu mengunjungi kuil ini pastinya tidak ketinggalan juga untuk melewati sekitar 10.000 Torii (gerbang) yang merupakan ikon dari Kuil Fushimi Inari tersebut. Gerbang tersebut konon merupakan gerbang yang disumbangkan oleh para pengikutnya di jaman dulu sebagai persembahan kepada para Dewa. 

Kalau melihat ini, kamu pasti langsung teringat beberapa adegan di serial anime, khususnya Rurouni Kenshin atau lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan Samurai X. Kamu akan diliputi oleh suasana misterius ketika memasuki 1000 gerbang yang dicat warna vermillion dengan tulisan-tulisan bercat hitam yang berisi sutera Buddha. Warna vermillion (merah delima, atau warna campuran antara merah dan jingga) yang meliputi keseluruhan bangunan kuil dan gerbangnya dipercaya sebagai warna yang mengusir berbagai kejahatan dan penyakit. Warna tersebut juga hadir di berbagai bangunan dan menjadi pemandangan yang khas di Jepang. Dapat dikatakan bahwa ini adalah warna yang mendefinisikan Jepang.

Berbeda dengan banyak kuil lain di Jepang, Dewa penjaga yang ada di kuil ini bukanlah singa, melainkan rubah. Ada banyak sekali kisah di balik pembangunan kuil ini. Ada yang mengayakan kalau kuil ini dibangun sebagai wujud syukur seorang anak atas balas budi seekor rubah, dan diyakini oleh penduduk dan para pengikut kuil bahwa rubah merupakan hewan penjaga sekaligus tunggangan dari Dewa Daikini (Buddha Wanita).

Sementara kisah lain mengatakan bahwa pembangunan kuil ini dilatar belakangi oleh rasa syukur dari sebuah klan di Jepang bernama Klan Hata, atas suburnya tanah dan berkah dari Dewa Padi (Inari). Namun, versi yang lebih formal dan dipercaya merupakan versi asli dari pembangunan kuil ini adalah pembangunan atas perintah dari kaisar kepada Hata no Iroku pada tahun 711. Kuil ini kelak diharapkan dapat membantu kaisar untuk bisa menjadi penguasa Jepang yang handal. Bangunan kuil yang asli hancur ketika terjadi pemberontakan Onin (tahun 1467 hingga 1477), sedangkan bangunan yang beridiri hingga sekarang adalah hasil rekontruksi dari bangunan lama pada tahun 1499.

Jika berkunjung ke kuil ini, jangan lupa juga untuk menulis ‘Ema’, ya. Ema adalah semacam papan kayu kecil yang dibuat khusus untuk menuliskan permohonan dan dipercaya oleh penganut Shinto sebagai salah satu cara supaya permohonan mereka tersampaikan ke para Dewa. Biasanya setelah ditulis, Ema ini akan digantung di tempat khusus di kuil tersebut. Fushimi Inari memiliki Ema yang berbentuk unik, diantaranya ada yang berbentuk wajah rubah dan gerbang kuil.

Cara untuk menuju ke Fushimi Inari cukup mudah kok. Dari Stasiun JR Kyoto, kamu tinggal naik kereta JR jurusan Nara dan turun di Stasiun Inari. Setelah keluar kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar satu menit dari Pintu Timur Stasiun Inari. Kalau kamu berangkat dari kawasan Kawaramachi, maka kamu bisa menaiki kereta Keihan Main Line dari Stasiun Gion Shijio. Kamu tidak perlu merogoh kocek untuk masuk ke kuil ini, alias gratis!

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

https://his-travel.co.id/

https://his-travel.co.id/japan-optional-tour 

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia