Tips
Haneda, Bandar Udara Ramah bagi Kamu yang Singgah
2015-09-07 09:23:07
HIS Travel

Jepang memiliki 2 bandara internasional di Ibukotanya, Tokyo. Mungkin nama Narita sudah tidak asing lagi bagi kamu yang sering bepergian ke Jepang. Nah, bagaimana dengan bandar udara internasional Haneda?

Haneda adalah bandara terbesar kedua setelah Narita di Tokyo. Perbedaan di antara kedua bandara  tersebut ialah: pertama; Haneda berada di pusat kota Tokyo, dan Narita berada di propinsi Chiba, pinggiran Tokyo. Kedua; Haneda difungsikan sebagai bandara domestik, sementara Narita difungsikan sebagai bandara internasional. Sejak tahun 2010, Haneda pun akhirnya membuka penerbangan untuk internasional.

Apakah yang menarik dari bandara ini? Mungkin kamu akan terkagum-kahum melihat rancangan bangunannya. Tidak saja menonjolkan unsur modern, namun juga unsur tradisional budaya khas Jepangnya. Sebuah ciri khas yang unik yang tidak banyak dijumpai di bandara lainnya di dunia. Berkat arsitek yang piawai, serta sentuhan teknologi tinggi, elemen tradisional dapat dikolaborasikan dengan elemen modern secara serasi, apik dan artistik.

Kamu bisa menemukan sebuah lantai khusus dengan gaya arsitektur rumah-rumah pada jaman Edo, yang disebut dengan “Edo Market Place”. Edo sendiri adalah nama kota sebelum berganti menjadi Tokyo pada tahun 1868. Edo didirikan pada tahun 1603 oleh Shogun Tokugawa Ieyasu serta berakhir saat terjadinya Restorasi Meiji tahun 1868. Edo identik dengan masa di mana terjadi hegemoni kekuasaan polityik samurai di bawah Dinasti Tokugawa dan keturunannya selama 250 tahun lebih. Salah satu dinasti militer yang pernah berkuasa paling lama sepanjang sejarah manusia. Karenanya Edo mempresentasikan tidak hanya kejayaanm namun juga superioritas dan kegagahan.

Semangat pada era Edo inilah yang tampaknya ingin dihidupkan kembali di berbagai properti dan arsitektur, melalui simbol dan rancangan di Edo Koji atau Edo Market Place. Berbagai souvenir menarik hingga berbagai macam makanan khas Jepang dapat kamu temukan di sini.

Selain rancangan bangunan yang unik dan menarik, bandara Haneda juga merupakan bandara tempat singgah dan menginapnya para traveler yang ingin berhemat (hemat untuk hotel tentunya) dan tempat menginap juga bagi mereka yang sudah kemalaman untuk beranjak ke lokasi lain di luar bandara.

Kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan di bandara ini. Kamu juga tidak perlu takut juga kalau-kalau diganggu atau diusir jika duduk di kursi-kursi bandara. Bandar udara internasional ini ramah bagi para wisatawan, kok. Mereka memaklumi para wisatawan yang kadang tidur di bangku-bangku bandara. Jangan heran kalau ke sana nanti kamu akan banyak melihat ransel-ransel ataupun koper-koper berserakan di sekitar turis yang terlelap di malam hari.

Sekedar saran untuk kamu, kalau mau bermalam di bandara, hindari lokasi tidur yang dekat dengan eskalator. Kenapa? Karena eskalator di bandara Haneda ini sedikit berisik. Setiap akan bergerak, pasti akan berbunyi “This escalator will be going up to 2nd/3rd/4th and go on floor”, dst.

Akses menuju Haneda tidaklah sulit. Dari pusat kota Tokyo letaknya lebih mudah dan dekat dibanding Narita. Cukup naik kereta Yamanote, turun di stasiun Hamamatsu. Kemudian ganti dengan monorail ke arah Haneda.

Informasi area bandara dan info lengkap lainnya, bisa kamu cek di Official Website Haneda:

http://www.haneda-airport.jp/inter/en/map/

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia