City Travel
Fukuoka Trip (Part 1)
2015-09-02 12:19:22
HIS Travel

Prefektur Fukuoka adalah Prefektur Jepang yang terletak di pulau Kyushu, dengan Fukuoka sebagai Ibukotanya. Dibandingkan dengan kota-kota lain seperti Osaka, Kyoto, apalagi Tokyo, Fukuoka memang hanyalah kota kecil di Pulau Kyushu. Namun, Fukuoka merupakan salah satu kota terpenting di Jepang. Fukuoka telah menjadi gerbang Jepang untuk menuju ke dunia luar selama 2000 tahun, dan juga sebagai gerbang dari dunia luar untuk menuju ke Kyushu. Melalui berbagai pertemuan budaya budaya dengan budaya asing, Fukuoka telah mengadaptasi berbagai aspek dari budaya asing sementara mereka memelihara kebudayaan uniknya sendiri.

Untuk menuju ke Fukuoka, kamu bisa menggunakan Shinkansen Super Ekspres kurang lebih 6 jam atau menggunakan pesawat selama 2 jam dari Tokyo. Kalau kamu berangkat dari Osaka, kamu bisa menaiki Shinkansen selama kurang lebih 3 jam. Banyak sekali yang dapat kamu temukan di Fukuoka. Wisata alam, wisata belanja, wisata religi, wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata sejarah. 

Wisata Alam

Fukuoka menyajikan banyak wisata alam yang harus kamu kunjungi. Fukuoka merupakan kota yang dikelilingi oleh pegunungan dan laut yang indah sehingga meskipun kotanya padat namun kealamian dan keasriannya masih sangat terasa dan terpelihara.

  • Nokonoshima

image source : http://todaysword.blog42.fc2.com/

Untuk menuju ke Nokonoshima, hanya 10 menit dengan kapal dari Terminal Ferry Meinohama. Kamu bisa menyaksikan berbagai macam bunga yang mekar di masing-masing musimnya. 

  • Grin-Grin Fukuoka

Grin-Grin Fukuoka merupakan sebuah objek wisata unik yang patut kamu datangi ketika berada di Fukuoka. Bangunan rumah kaca yang memiliki arsitektur yang unik ini telah menarik perhatian banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Kamu dapat menikmati sensai kebun dalam ruangan yang sangat unik dan penuh inspirasi dari hasil rancangan arsitek Toyo Ito ini. 

  • Rakusuien Fukuoka

Merupakan taman kota Hakaya-ku yang ramai dikunjungi wisatawan terlebih saat musim liburan. Kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk mengunjungi taman ini. Salah satu tempat yang paling menarik bagi para wisatawan adalah rumah teh yang dibangun sejak periode Meiji dan masih dilestarikan hingga kini oleh pemerintah Jepang.

  • Taman Ohori

Taman Ohori terletak di dekat pusat kota, Tenjin. Untuk mengunjunginya kamu tidak perlu membayar, alias gratis. 

  • Taman Uminonakamichi

Taman ini merupakan pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu, terlebih pada musim semi. Dengan hiasan pohon sakura di kanan-kiri pintu masuk di taman tentu akan menambah keindahan dari taman ini.

  • Momochi Seaside park

Merupakan taman dengan pantai buatan yang terletak sebelah utara dari Menara Fukuoka. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan pemandangan matahari terbit dan tenggelam yang menakjubkan. Di tengah-tengah pantai terdapat toko pengantin dan restoran bernama Area Marizon. Tempat ini di malam hari menjadi salah satu tempat favorit untuk berkencan.

Wisata Belanja

Fukuoka terkenal akan wisata belanjanya yang pasti tidak boleh kamu lewatkan. Kamu hanya perlu menaiki kereta dari Bandara Fukuoka selama 10 sampai 15 menit untuk sampai ke Stasiun Hakata, kamu bisa langsung menuju ke Pusat Perbelanjaan di Tenjin. Belanja di pusat kota, distrik Tenjin dan Hakata adalah simbol dari kata ‘belanja’ di Fukuoka. Baik dari barang-barang murah, seperti toko 100 Yen atau Toko yang menjual barang-barang bermerek, semua ada di Fukuoka! Di bawah ini adalah beberapa Mall yang dapat kamu datangi.

  • Mina Tenjin

Alamat : 4-3-8 Tenjin, Chuo-ku, Kota Fukuoka

Link : http://www.mina-tenjin.com/ 

  • Iwataya Department Store

Alamat : 2-5-35 Tenjin, Chuo-ku, Fukuoka

Link : http://www.i.iwataya-mitsukoshi.co.jp/ 

  • Fukuoka Mitsukoshi

Alamat : 2-1-1 Tenjin, Chuo-ku, Fukuoka

Link : http://www.m.iwataya-mitsukoshi.co.jp/ 

  • Tenjin Chikagai

Alamat : Tenjin, Chuo-ku, Fukuoka

Link : http://www.tenchika.com 

  • Canal City Hakata

Alamat : 1-2 Sumiyoshi Hakata-ku, Fukuoka

Link : http://canalcity.co.jp/ 

Wisata Religi

Fukuoka merupakan kota yang sangat melestarikan budayanya, seperti situs kesejarahan dan agama yang sangat disakralkan oleh warga setempat. 

  • Kuil Tochoji

image source : http://showcase.city.fukuoka.lg.jp/

Kuil Tochoji merupakan kuil yang menjadi tempat ibadah populer di Fukuoka. Kamu hanya perlu berjalan kaki kurang lebih selama 10 menit dari Stasiun Hakata untuk menuju ke Kuil Tochoji. Hal pertama yang akan menarik perhatianmu adalah pagoda lima tingkat yang dibagung sejak 1200 tahun yang lalu. Tidak hanya mengandalkan arsitektur yang berusia ribuan tahun, Kuil Tochoji memiliki objek unik lainnya. Yakni Patung Buddha raksasa yang terbuat dari kayu. Patung buddha tersebut juga menjadi ikon kuil dan banyak dilihat oleh pengunjung yang mampir ke kuil tersebut.

  • Kuil Jotenji

Di Kuil Jotenji kamu bisa menemukan taman ala Jepang (Taman Zen) yang elegan. Motif taman tersebut dibuat berdasarkan motif Laut Genkai dan patung buddha yang telah menjadi benda budaya yang penting.

  • Kuil Sofukuji

Merupakan kuil Zen pertama Jepang. Meskipun sebagian besar dari kuil ini tertutup umum, kamu tetap bisa untuk mengagumi keindahan dari arsitektur kuil yang kental dengan unsur Buddhisme ini sambil berjalan-jalan di taman kuil yang rindang.

  • Kuil Dazaifu Tenmangu

Dazaifu Tenmangu merupakan sebuah kuil yang didedikasikan untuk Sugawara Michizane yang merupakan dewa simbol pengajaran. Kuil ini selalu sibuk setiap tahunnya karena didatangi mereka yang ingin lulus ujian dan ingin mencapai prestasi pendidikan. Sekitar 6000 pohon plum menghiasi kuil ini sehingga tampak indah saat bermekaran di bulan Februari sampai Maret.

  • Kuil Kashii-gu Fukuoka

Kuil Kashii-gu merupakan sebuah kuil Shinto yang berlokasi di Higashi-ku, Fukuoka. Setiap tahun di Kashii-gu Fukuoka selalu digelar Yabusame (panahan sambil menunggang kuda khas Jepang). Festival tersebut berlangsung selama musim gugur atau sekitar bulan Juni setiap tahunnya.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

https://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia