People & Culture
Event dan Festival di Jepang Selama Bulan September
2015-09-01 10:49:56
HIS Travel

Jepang adalah suatu negara di Asia yang sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan di seluruh dunia. Alasannya bukan hanya karena pemandangannya yang indah dan kemajuan teknologinya, tetapi juga karena Jepang memiliki banyak festival di sana. Pada bulan September ini pun, ada banyak festival dan event yang diadakan di berbagai tempat di Jepang yang pastinya tidak boleh kamu lewatkan.

 

1 - 3 September 2015
Owara Kaze no Bon Matsuri, Toyama

Image source : http://www.nippon.com/

Merupakan festival trasional yang diadakan setiap tahun dari tanggal 1 hingga 3 September di Yatsuo, Toyama. Pada saat festival berlangsung, Yatsuo, desa kecil dan tenang yang berada di tengah-tengah gunung dihiasi oleh ribuan lentera kertas. Suasana yang sunyi digantikan oleh suara alat musik tradisional Jepang; Shamisen dan Kokyuu untuk mengiringi tarian Kaze no Bon.


Festival Owara Kaze no Bon merupakan tarian untuk berdoa kepada Dewa agar dihindari oleh bencana angin topan sehingga mereka dapat memanen padi dengan hasil yang melimpah. Penari pada festival Owara Kaze no Bon adalah laki-laki dan perempuan. Mereka mengenakan Yukata dan Topi yang menutupi wajah. 

Link : http://visit-toyama.com/en/list.php?gid=15 

 

Pertengahan September – Pertengahan Oktober
Hagi (Bush Clover) Matsuri

Image source : https://www.gotokyo.org 

Festival ini dimaksudkan untuk mengajak orang di Jepang dengan menghabiskan hari-hari untuk menikmati suasana musim gugur, khususnya untuk berjalan-jalan di antara lorong “Hagi” (semak semanggi) yang menjadi salah satu daya tarik taman ini,

link:https: //www.gotokyo.org/en/kanko/sumida/event/mukoujimahyakkaen.html?PHPSESSID=6oa9htq689tddhl5cripovl0t6 

 

14-16 September 2015
Reitaisai Kamakura (Kanagawa)

Image source : http://www.asahi.com/

Merupakan festival yang terdiri dari berbagai macam event, seperti upacara persembahan teh kepada Dewa dan pertunjukan tari tradisional Jepang. Namun, acara yang paling dinanti pada festival tersebut adalah Yabusame (dilaksanakan pada tanggal 16 September), merupakan acara yang sudah diwariskan sejak Periode Kamakura. Yabusame adalah kontes yang menggabungkan kemampuan panahan Jepang dan kemampuan berkuda, di mana kemampuan tersebut sangat diagungkan di antara para prajurit pada Periode Heian (749-1192) sampai ke Periode Kamakura (1192-1333)

Link : http://www.jnto.go.jp/eng/location/spot/festival/reitaisai.html 

 

19 - 20 September 2015 
Danjiri Matsuri

Image source : http://www.japantimes.co.jp/ 

Merupakan festival yang telah berlangsung selama ratusan tahun di Kishiwada, Osaka. Ketika festival ini digelar, antusiasme pengunjung begitu fantastis. Mereka datang untuk menyaksikan atraksi berupa tarikan gerobak besar dengan kecepatan tinggi. Cara mereka menarik gerobak tersebut bagaikan orang yang kerasukan makhlus halus. Festival yang biasanya diadakan pada hari Sabtu ini melibatkan hingga 35 Danjiri (gerobak besar dari kayu) yang beratnya mencapai 4 ton, dibawa oleh orang-orang yang menggunakan kostum tradisional. Festival Danjiri diadakan untuk berdoa demi hasil tanam yang terbaik dan melimpah.

Link: http://www.city.kishiwada.osaka.jp/site/danjiri/  

 

17-18 September (Bussiness Day)
19-20 September (General)

Tokyo Game Show

Tokyo Game Show merupakan salah satu even yang diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka mempromosikan hasil karya terbaru/yang akan segera rilis dari para pengembang game baik berupa software maupun hardware. Even yang mulai diselenggarakan sejak tahun 1996 ini dipersembahkan oleh Nikkei Business Publications, Inc dan Computer Entertainment Supplier’s Association (CESA).

Link : http://expo.nikkeibp.co.jp/tgs/2015/exhibition/ 

 

19-21 September 2015
Nezu Jinja Shrine Annual Grand Festival

Festival ini sudah berlangsung sejak periode Edo dan konon menjadi salah satu dari 3 Festival Edo terbesar. Selain bisa menikmati berbagai pertunjukan budaya yang dilangsungkan saat festival ini, pengunjung bisa sambil melihat-lihat keindahan kuil Nezu.

Link : https://www.gotokyo.org/en/kanko/bunkyo/event/nedujinja-reitaisai.html 

 

20 September 2015
Meguro Kumin Festival/Meguro Sanma Matsuri

Image source : http://www.owarai.to/meguro/ 

Ikan Sanma adalah ikon makanan laut di musim gugur karena kelezatannya terlebih pada musim tersebut. Salah satu daerah di Tokyo yakni Meguro, membuat festival ikan sanma setiap musim gugur. Di sana kamu bisa mencoba dan membeli ikan sanma tersebut dengan harga yang murah.

Link : http://sunfest.emeguro.com/ 

 

26-27 September 2015
Fukuro Matsuri (Ikebukuro Matsuri)

Image source : http://japanistas.com/ 

Fukuro Matsuri adalah festival yang dilaksanakan setiap musim gugur di Ikebukuro. Festival Fukuro yang dilaksanakan selama 2 hari ini pertama kali diadakan pada tahun 1968 oleh asosiasi dari empat toko yang ada di area Pintu Keluar Stasiun Ikebukuro. Pada hari pertama berupa upacara pembukaan dan hari kedua yang merupakan puncak acara. Mereka mengadakan pertunjukan seni tari, seni musik, dan juga arak-arakan yang dibawa oleh orang-orang yang menggunakan kostum tradisional.

Link  : https://www.gotokyo.org/en/kanko/toshima/event/fukuro1.html 

 

27-28 September 2015
Okunitama Jinja Shrine Autumn Festival / Chestnut Festival

Image source : http://www.kankou-fuchu.com/ 

Sesuai namanya, festival ini diadakan untuk Chesnut (Kastanye). Festival ini dimulai sejak tahun 1738. Acaranya diisi dengan Pertunjukan Tari Kagura yang megah di Kuil Musashi Rokushogu. Festival ini disebut Chestnut Festival sejak jaman Edo. 

Link : http://www.gotokyo.org/en/kanko/fuchu/event/kurimatsuri.html

 

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia