Food
Bento Khas Jepang yang Lezat dan Berseni
2015-08-27 10:45:39
HIS Travel

Bosan dengan bekal makananmu yang itu-itu saja? Ada berbagai cara untuk membuat bekalmu menjadi semakin menarik. Kamu bisa membuat bekalmu seperti Bento. Bento (弁当 atau べんとう) adalah istilah bahasa Jepang untuk makanan bekal berupa nasi berikut lauk pauk dalam kemasan praktis yang bisa dibawa kemana-kemana. Bento bisa kamu makan sebagai makan siang, makan malam atau bahkan bekal untuk piknik.

Jepang terkenal sebagai negara akan teknologi dan kreatifitasnya yang tinggi. Kreatifitas tersebut juga termasuk pada kreasi bento. Ciri khas bento adalah jenis lauk pauknya yang diatur sedemikian rupa agar sedap dipandang, menarik dan tentunya dapat mengundang selera makan. Bento dibuat semenarik mungkin karena enak atau tidaknya suatu makanan dimulai dari mata. Makanan akan terlihat enak dan menarik ketika bentuk dan warna makanan tersebut menarik.

Di Jepang, bento bisa dibuat sendiri di rumah atau beli di supermarket terdekat. Ukuran dan isinya pun bervariasi. Penyajian bento banyak membuat orang tertarik untuk mengeksplorasi kreativitasnya dalam menata lauk dalam kotak makan. Ibu rumah tangga di Jepang dianggap perlu terampil menyiapkan bento, meskipun bento bisa dibeli di mana-mana. Terutama para ibu yang memiliki anak yang masih bersekolah di taman kanak-kanak atau sekolah dasar. Bento ditata agar anak-anak tersebut tertarik memakan bento yang sudah dibuatkan.

Membuat bento sudah menjadi salah satu seni di Jepang. Cara menyajikannya pun bermacam-macam. Bentuk bento juga bisa dikreasikan sesuai kenginan kamu seperti menjadi bentuk tokoh kartun, bunga, benda atau binatang. Saking populernya, sudah ada kompetisi tahunan untuk membuat bento dengan tema karakter tokoh kartun atau semacamnya di sana.

Tetapi membuat bento tidak hanya berdasar “asal cantik” saja, tetapi juga harus memperhatikan prinsip dasarnya. Prinsip dasar bento adalah makanan yang seimbang, yaitu pemenuhan gizi dalam makanan. Jadi, saat membuat bento kamu juga harus memperhatikan kebutuhan gizinya, seperti karbohidrat, protein serta vitamin dalam bento tersebut.

H.I.S Tours & Travel memiliki 273 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S!

http://his-travel.co.id/

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia