City Travel
7 Tempat Terbaik Berbelanja Oleh-Oleh di Berbagai Negara
2017-01-17 09:51:59
HIS Travel

Apabila berkunjung ke suatu tempat terutama ke luar negeri, tidak lengkap rasanya tanpa belanja oleh-oleh. Terlebih untuk kamu turis Indonesia. Kalau kamu berkunjung ke negara di bawah ini, jangan lupa untuk mengunjungi pasar atau tempat belanja oleh-oleh ini ya!

Turki

Kalau kamu sedang berwisata ke Turki, beberapa benda khas bisa menjadi pilihan oleh-olehmu. Kamu bisa membawa pulang karpet khas Turki yang terkenal karena tenunannya yang indah. Selain itu, emas dan perak juga banyak dicari karena harganya yang tergolong murah. Atau kamu juga bisa membeli keramik tradisional Turki yang sangat indah dan masih dibuat secara manual.

Untuk mencari barang-barang di atas, kamu bisa pergi ke Grand Bazaar yang berada di Istanbul, Turki, yang merupakan pasar tertutup tertua di dunia.

Di dalam kompleks pasar tersebut terdapat sekitar 60 lorong yang menampung lebih dari 5000 toko dan kios, dengan jumlah pengunjung yang datang mencapai 400.000 orang per harinya yang datang dari berbagai negara. Grand Bazaar bagaikan surganya para wisatawan.

Lokasinya berada di kompleks Kota Tua Istanbul, tepatnya di distrik Fatih yang sangat dekat dari Masjid Biru dan Museum Hagya Sofia. Kamu hanya perlu berjalan kaki ke Grand Bazaar setelah menikmati arsitektur Masjid Biru yang megah dan kekayaan sejarah dua agama di Hagya Sofia. Pasar ini juga sangat mudah dijangkau dengan trem dari Beyazid. Dari Beyazid bisa kamu lanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 15 menit.

Thailand

Chatuchak yang diucap ‘Jatujak’, adalah salah satu pasar terbesar di dunia. Pasar ini diperkirakan dikunjungi sekitar 400 ribu orang setiap weekend-nya (2 hari). Pasar Chatuchak hanya buka pada sabtu dan minggu yang dimulai sekitar pukul 08:00 sampai sekitar pukul 06:00 sore.

Penjual di pasar Chatuchak menawarkan beraneka barang dengan harga murah mulai dari pakaian, hewan, buku, tanaman, artefak, bahkan di sana juga tersedia seperti keramik, keranjang unik, barang antik, aneka dekorasi rumah, sepatu, kerajinan tangan, perhiasan perak hingga peralatan rumah tangga. Pokoknya serba lengkap! Tetapi kebersihan masih tetap dijaga di pasar Chatuchak ini sehingga belanja pun menjadi lebih nyaman.

Image source: http://thebeartraveller.com/

Lokasi Pasar Chatuchak terletak di seberang utara terminal bus yang berada di sepanjang Phahonyothin. Untuk menuju ke sana kamu bisa menggunakan MRT, Skytrain, bus, Taksi (meski tidak dianjurkan), atau Tuk-Tuk.

Korea Selatan

Korea Selatan tidak hanya punya keindahan panorama dan kekayaan budaya, namun juga menawarkan surga belanja yang akan membuatmu gelap mata. Namun di balik toko-toko yang mewah dan canggih tersebut, masih banyak kok pasar-pasar tradisional yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan yang datang ke negeri gingseng tersebut.

Image source : http://www.theseoulguide.com/

Pasar Namdaemun adalah pasar tradisional terbesar dan tertua sekaligus pasar retail terluas di Korea Selatan. Pasar ini berada di 49 Namchang-dong, Jung-gu, Kota Seoul dengan rata-rata pengunjung 40.000 orang per hari. Pasar Namdaemun ini sebenarnya mulai beroperasi pada tahun 1414 saat pemerintahan Raja Taejong. Namun Pasar Namdaemun baru mulai dibuka kembali pada tahun 1964 setelah mengalami renovasi besar-besaran.

Vietnam

Terletak di jantung kota Ho Chi Minh, pasar Ben Thanh tidak hanya terkenal sebagai tempat perdagangan yang ramai, tetapi juga sebagai salah satu bangunan dengan arsitektur tipikal di kota Ho Chi Minh. Pasar Ben Thanh merupakan salah satu pasar tertua di kota Saigon.

Berbagai jenis barang bisa kamu dapatkan di pasar Ben Thanh. Pasar ini menjual berbagai pakaian, makanan, tas, dan berbagai macam souvenir yang menarik. Begitu kamu memasuki pasar Ben Thanh, kamu akan melewati jalan selebar satu meter yang di sisi kanan dan kirinya dipenuhi oleh dagangan. Penjual dengan ramah dan semangat menawarkan barang dagangan, bahkan terkadang sampai memegang tangan pengunjung untuk berhenti melihat jualan mereka.

Hal yang membuat pasar ini sangat digandrungi oleh wisatawan asing adalah karena harganya yang murah meriah dan kebanyakan barang sudah diberi label harga, jadi kamu tidak perlu repot-repot bertanya. Namun meskipun sudah meriah, kamu juga harus pintar-pintar menawar ya. Harga barang disana bisa ditawar hingga 50% dari harga aslinya, apalagi kalau kamu membeli dalam jumlah banyak. Ketika menawar, tidak masalah kok kalau kamu tidak bisa bahasa Vietnam. Beberapa pedagang di sana sudah fasih berbahasa Inggris. Tapi jika tidak bertemu pedagang yang bisa bahasa Inggris, gunakanlah kalkulator untuk menulis harga yang diinginkan.

Jepang

Di Tokyo ada kok, tempat belanja cokelat dan oleh-oleh camilan khas Jepang dengan harga murah meriah. Datang saja ke shopping street di daerah Ameya Yokocho atau sering juga disebut Ameyoko.

Shopping Street Ameyoko ini merupakan area belanja yang sangat luas dan tersebar di sepanjang jalan antara daerah Ueno dan Okachimachi. Sepanjang jalan tersebut dipenuhi oleh lebih dari 450 toko yang menjual berbagai macam produk mulai dari baju, sepatu, tas, pernak-pernik kosmetik, kue tradisional, cokelat, alat rumah tangga, bumbu masak, barang sehari-hari, restoran, cafe, bahan makanan, makanan kering, ikan segar, bahkan perhiasan. Semua itu dijual dengan harga murah meriah.

Tidak hanya pecinta belanja yang senang berkunjung ke Ameyoko. Untuk kamu pecinta kuliner, ada banyak sekali restoran yang bisa kamu nikmati. Apalagi kalau kamu pecinta makanan pedas.

Hongkong

Nah, kalau kamu mau memborong aneka souvenir seperti kaus dan gantungan kunci dengan harga miring, datanglah ke Ladies Market yang berada di Tung Choi Street, Kowloon. Ladies Market adanya persis di pinggir jalan dan memanjang hingga ke belakang jalanan setapak. Pasar yang buka setiap hari dari siang sampai malam ini selalu menarik para wisatawan yang datang ke Hong Kong karena harga barangnya yang murah.

Sesuai dengan namanya, pasar ini mengkhususkan diri dalam menjual berbagai barang mulai dari busana wanita, aksesoris, jam tangan, barang-barang elektronik, hingga prabot rumah lengkap ada di sini. Tempatnya pun tertata dengan rapi dan kebersihannya selalu terjaga. Tetapi kalau mencari oleh-oleh berupa makanan, bukan di sinilah tempatnya. Di sana banyak terdapat kios makanan di pinggir jalan dan ada beberapa restaurant, tetapi hampir tidak ada pedagang yang menjual makanan untuk ‘oleh-oleh’.

Inggris

Untuk para pecinta barang antik, Portobello Road Market merupakan destinasi utama di London. Portobello Road Market adalah pasar yang paling terkenal di London yang menjual barang-barang antik. Tapi meskipun kamu bukan pecinta barang-barang antik, market ini juga sangat terkenal untuk para pelancong, lho. Karena di sini kamu akan dapat melihat bangunan bergaya London tempo dulu.

Market ini sangat ramai, terutama di akhir pekan, karena toko-toko di dalam yang ada di dalam gang pun ikut buka. Setelah lelah berbelanja atau melihat-lihat di pasar tersebut, kamu bisa bersantai di kafe atau restoran yang ada di area tersebut sembari menikmati pemandangan Portobello Road Market yang meriah.