Tips
7 Resor Ski Terbaik di Jepang
2017-11-21 02:04:54
HIS Travel

Siapa yang tidak takjub dengan keindahan hamparan salju di seluruh pegunungan saat musim dingin di Jepang? Destinasi wisata seperti resor ski begitu populer bagi wisatawan asing saat musim dingin tiba dan sering menjadi alasan bagi wisatawan asing untuk berlibur ke Jepang. Ada lebih dari 500 resor ski yang selalu dicari-cari wisatawan asing. Selain keindahan saljunya, resor ski di Jepang juga dilengkapi onsen yang bisa menghangatkan tubuh setelah beraktivitas di luar dengan udara dingin. Nah, berikut ini ulasan 7 resor ski terbaik di Jepang!

1. Appi Kogen, Iwate

Sumber gambar: theculturetrip.com
Resor Appi Kogen bisa ditemukan di sepanjang lereng Gunung Maemori, kamu bisa melakukan ski di area sepanjang 45,1 km. Resor ini populer karena memiliki area yang luas dan lintasan ski yang panjang. Meskipun tidak ada desa di sekitar dan jaraknya sedikit jauh dari kota, Resor Appi Kogen menawarkan kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati nuansa otentik Jepang seutuhnya. Resor ini cocok untuk destinasi liburan bagi keluarga, dilengkapi dengan area bermain anak-anak hingga kereta luncur. Resor Appi Kogen terletak di Dataran Tinggi Appi, Prefektur Iwate. Kira-kira jaraknya 50 km di sebelah utara Morioka dan 580 km di sebelah utara Tokyo.

2. Furano, Hokkaido

Sumber gambar: theculturetrip.com
Furano merupakan resor ski terbaik di Hokkaido dengan panjang lintasan ski mencapai 25 km. Resor ski ini cocok untuk liburan keluarga dengan berbagai fasilitas pendukung untuk keluarga seperti Family Snowland yang menawarkan berbagai aktivitas bermain di salju seperti snowmobiling dan sledding. Furano memiliki cuaca yang umumnya lebih cerah dibanding resor lainnya di Hokkaido. Kota Furano letaknya 141 km di sebelah timur laut Sapporo. Bagi wisatawan yang membutuhkan pemandu berbahasa Inggris, kamu bisa langsung menghubungi pusat informasi di sana.

3. Hakuba, Nagano

Sumber gambar: theculturetrip.com
Hakuba terletak di Pegunungan Alpen Utara yaitu 44 km di sebelah barat Nagano. Hakuba merupakan salah satu resor ski yang paling banyak dikunjungi wisatawan asing. Ada 11 resor ski yang tersedia dengan panjang lintasan mencapai 137 km. Kawasan Hakuba pernah menjadi arena kompetisi selama Olimpiade Musim Dingin bertaraf internasional pada tahun 1998. Resor Hakuba menawarkan variasi bagi seluruh wisatawan untuk bermain ski, mulai dari pemula hingga yang sudah terbiasa. Desa yang terdekat adalah Desa Happo, terdapat izakaya dan restoran yang bisa dikunjungi wisatawan selepas bermain ski. 

4. Asahidake, Asahikawa

Sumber gambar: theculturetrip.com
Asahidake merupakan tempat yang cocok bagi pemain ski dan peselancar, area yang ditawarkan mulai dari pegunungan hingga lintasan pohon. Terdapat Taman Nasional Daisetsuzan di lereng belakang Gunung Asahi yang terletak di sebelah timur Asahikawa. Wisatawan bisa bermain di lintasan sepanjang 500 meter secara vertikal dan empat jalur lainnya. Asahidake lebih dikenal sebagai Taman Nasional daripada sebuah resor ski, jadi fasilitasnya sangat terbatas. Hal ini menjadi daya tarik wisatawan untuk menghindari keramaian yang biasanya terjadi pada resor-resor ski lainnya. Adahidake juga menyediakan jalur lintas alam dan beberapa hotel memiliki onsen, sama seperti resor lainnya.

5. Rusutsu, Hokkaido

Sumber gambar: theculturetrip.com
Rusutsu adalah salah satu resor ski yang berada di utara Hokkaido, terdapat 42 km lereng yang dijadikan lintasan. Area ski tersebar hingga di tiga gunung, serta terdapat jalur-jalur yang dibuat untuk pemula. Sementara, bagi wisatawan yang memiliki kemampuan bermain ski tingkat lanjut disediakan juga lintasan pohon yang dibuat nyaman dan aman. Hotel-hotel di daerah ini menawarkan banyak pilihan restoran, serta restoran kecil yang biasanya ditemukan di bawah kaki bukit. Terdapat fasilitas onsen dan area bermain anak-anak mulai dari sledding hingga mobil salju. Rusutsu bisa dicapai dengan bus, letaknya 90 menit di sebelah barat daya Sapporo.

6. Yuzawa, Niigata

Sumber gambar: theculturetrip.com
Yuzawa atau lebih sering dikenal dengan Gala Yuzawa merupakan resor ski yang paling mudah diakses dari Tokyo, jaraknya hanya 300 km dari pusat kota dan bisa dicapai dalam waktu kurang dari dua jam dengan shinkansen (kereta cepat) [link]. Yuzawa terletak di Prefektur Niigata, daerah ini memiliki sekitar 20 resor yang keseluruhannya dapat diakses dengan kendaraan umum. Sejumlah resor tersebut menawarkan tiket kombinasi yang memungkinkan wisatawan bisa bermain ski dan snowboarding. Wisatawan disediakan jalur khusus untuk pemula hingga tingkat lanjut. Kawasan resor ini memiliki hotel yang sudah menyediakan onsen yang nyaman di hotel atau pemandian umum yang tidak jauh berada dari hotel.

7. Niseko, Hokkaido

Sumber gambar: theculturetrip.com
Niseko terletak di 100 km sebelah barat daya Sapporo. Niseko merupakan salah satu resor paling terkenal di Jepang. Tersedia lintasan sepanjang 47 km dengan intensitas salju yang sering turun dibanding resor lainnya. Jalur yang disediakan cocok untuk para pemain ski dan peselancar dari semua tingkatan, tersedia peralatan yang bisa digunakan untuk keluarga. Resor ini juga menawarkan ski off-trail dengan area yang luas. Ada 5 resor berbeda di kawasan Niseko, salah satu yang terbesar adalah Grand Hirafu. Hirafu Town dikenal dengan après-ski yang bagus dilengkapi bar, restoran, hingga tempat karaoke.

Ada banyak pilihan untuk menentukan destinasi resor ski yang bisa dikunjungi selama musim dingin di Jepang. Hal yang paling menarik adalah seluruh resor ski di Jepang pasti dilengkapi onsen yang bisa menghangatkan tubuh selepas bermain ski seharian. Cari tahu lebih banyak keindahan musim dingin di Jepang bersama H.I.S. Travel Indonesia, selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan.