Tips
7 Panduan Wisata di Dogo Onsen
2017-09-07 08:14:47
HIS Travel

Menjelajahi Jepang tidak hanya di sekitar Tokyo, Osaka, dan Kyoto. Ada banyak daerah lain yang tidak boleh dilewatkan ketika wisatawan mengunjungi Jepang. Salah satunya, prefektur Ehime. Terletak di area Shikoku Jepang dan merupakan kota yang unik dengan arsitektur bergaya retro di setiap sudut kotanya. 

Kota Matsuyama memiliki bangunan-bangunan bersejarah yang sangat terkenal, salah satunya Dogo Onsen. Onsen tertua di Jepang ini menjadi destinasi yang sering dikunjungi wisatawan, lokasi yang menjadi latar dari anime terkenal karya Ghibli ini tidak pernah dilewatkan wisatawan ketika berkunjung ke Ehime.

Apa saja yang bisa dilakukan di Dogo Onsen? Lihat ulasan 7 hal yang bisa dilakukan di Dogo Onsen berikut ini!

1. Menikmati Bangunan Bersejarah

Sumber gambar: ikidane-nippon.com

Bersantai di bangunan utama Dogo Onsen merupakan salah satu penghilang rasa penat yang bisa dilakukan bagi wisatawan. Bangunan Dogo Onsen selalu menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung. Bangunan yang menjadi inspirasi bagi film animasi Spirited Away karya Studio Ghibli ini merupakan asal mula menjadi "Yuya" di dalam film itu. Bangunan yang dari jauh terlihat seperti hotel ini sebenarnya merupakan pemandian umum, seperti namanya Dogo Onsen. Wisatawan bisa menikmati mandi air panas mulai dari pukul 6 pagi setiap harinya. Uniknya, ada drum khas Jepang di dalam bangunan dengan sosok bangau putih di atasnya yang akan terdengar pada waktu-waktu tertentu setiap harinya.

2. Berendam

Sumber gambar: ikidane-nippon.com

Apabila sebelumnya belum pernah mengunjungi onsen di Jepang, ada beberapa etika yang harus diperhatikan oleh wisatawan. Tipe onsen dibagi menjadi dua, yaitu onsen pribadi dan onsen untuk umum. Apabila memilih berendam di onsen pribadi, wisatawan lebih leluasa karena tidak perlu malu dengan pengunjung lainnya, tetapi harga yang dibayarkan sedikit lebih mahal. Sementara apabila wisatawan lebih memilih berendam di onsen untuk umum, wisatawan harus siap berendam bersama-sama. Tapi jangan khawatir, untuk pengunjung laki-laki dan perempuan tempat dibuat terpisah. Berikut peraturan dan etika ketika akan berendam di onsen yang harus wisatawan perhatikan:

- Sebelum masuk bak mandi, bilas dahulu tubuh dengan air hangat di tempat yang telah disediakan.

- Masuk ke dalam bak mandi dalam keadaan rileks, hindari perbuatan-perbuatan yang membuat keributan seperti melompat ke dalam kolam atau berteriak-teriak.

- Setelah keluar dari bak mandi, bilas tubuh dengan sabun dan air hangat di luar bak mandi.

- Setelah membilas dengan sabun, masuk ke dalam bak mandi lagi dan rileks (hati-hati jangan sampai terlalu lama berada di bak mandi karena suhu airnya yang tinggi).

- Keluar dari bak mandi ketika sudah selesai.

- Keringkan dan pakai yukata, kemudian bersantai di ruang duduk.

3. Bersantai Di Ruangan
Sumber gambar: ikidane-nippon.com

Bangunan yang dipugar pada tahun 1894 dan menyediakan ruangan untuk berbagai macam acara. Misalnya, wisatawan bisa memilih Kami no Yu Nikaiseki dengan harga 840 yen setiap satu jam, wisatawan bisa mendapatkan ruangan dengan luas 90 ? dengan teras yang dipenuhi dekorasi dari pengrajin. Ruangan dilengkapi dengan yukata, handuk, keranjang barang, dan zabuton (alas duduk). Wisatawan juga bisa menikmati panganan seperti teh dan biskuit beras yang bisa disantap setelah berendam. Tempat duduk terbaik yaitu di dekat jendela sehingga bisa langsung menikmati pemandangan kota Matsuyama. Rekomendasi ruangan yang bisa wisatawan pilih adalah Tama no Yu Sankaiseki Koshitsu dengan harga 1,550 yen selama 1 jam 20 menit. Wisatawan bisa mendapatkan akses ruangan Kami no Yu, Tama no Yu, hingga ruangan pribadi. Namun, karena banyak pengunjung yang memesan ruangan ini jadi wisatawan harus menunggu antrian pesanan lebih dulu. Menariknya, panganan khas Matsuyama disediakan di tempat ini mulai dari teh, kue beras, hingga Botchan dango yang populer.

Dogo Onsen, Bangunan Utama

Alamat: 5-6 Dogoyunomachi, Matsuyama-shi, Ehime

Nomor telepon: +81-89-921-5141

Website: www.dogo.or.jp

4. Menikmati Bir Dogo Setelah Berendam
Sumber gambar: ikidane-nippon.com

Setelah berendam, kebiasaan yang selalu dilakukan orang Jepang adalah minum bir. Bir Dogo di Dogo Bakushu-kan sering menjadi pilihan wisatawan untuk bersantai setelah berendam, letaknya di depan bangunan utama Dogo Onsen. Ada banyak menu lezat untuk makan siang seperti Taimeshi yang menjadi kuliner khas dari Ehime.

Dogo Bakushu-kan

Alamat: 20-13 Dogoyunomachi, Matsuyama-shi, Ehime

Nomor telepon: +81-89-945-6866

Jam Buka: 11:00-22:00

Website: www.dogobeer.co.jp

5. Belanja Di Dogo Haikara-dori
Sumber gambar: ikidane-nippon.com

Shopping street selalu menjadi pilihan wisatawan untuk menghabiskan liburan di Jepang, ada kawasan belanja di Dogo Onsen yang bernama Dogo Haikara-dori, kawasan yang memanjang hingga stasiun Dogo Onsen ini dipenuhi toko-toko dengan pilihan yang beragam. Salah satunya Ichiroku Tart yang merupakan panganan terkenal di Ehime dan sering menjadi pilihan oleh-oleh bagi wisatawan. Ichiroku Tart merupakan kue bolu lembut yang digulung dengan isi pasta kacang manis dan yuzu.

Ichiroku Honpo, di depan bangunan utama Dogo Onsen

Alamat: 20-17 Dogoyunomachi, Matsuyama-shi, Ehime

Nomor telepon: +81-89-963-5716

Jam Buka: 8:30-22:00

Website: www.itm-gr.co.jp/ichiroku/

6. Bersantai Sambil Merendam Kaki
Sumber gambar: ikidane-nippon.com

Kolam kecil yang berada tidak jauh dari stasiun Dogo Onsen menawarkan wisatawan untuk bersantai sambil merendam kaki setelah berjalan-jalan di sekitar Dogo Onsen. Sambil merendam kaki biasanya wisatawan juga menikmati pertunjukan dari Botchan Wind up Clock setiap beberapa jam sekali, Botchan merupakan karya sastra yang terkenal di Jepang sekaligus menjadi ikon kota Matsuyama.

7. Kembali Ke Hotel Dengan Kereta Botchan
Sumber gambar: ikidane-nippon.com

 

Wisatawan bisa kembali ke hotel atau melakukan perjalanan lainnya dengan trem dari stasiun Dogo Onsen ke stasiun Matsuyama. Apabila waktunya tepat, wisatawan bisa menikmati Kereta Botchan, replika lokomotif uap yang beroperasi sejak tahun 1888 di Ehime. Untuk bisa menikmatinya, perhatikan dan pastikan jadwal keberangkatannya karena jumlah Kereta Botchan terbatas.

Setelah menempuh perjalanan yang menakjubkan di Dogo Onsen selama seharian penuh, ada pilihan rekomendasi hotel yang bisa dipilih wisatawan. Berikut ulasannya!

1.Dogo-kan
Sumber gambar: ikidane-nippon.com

Penginapan dengan gaya Jepang yang dirancang arsitektur dunia Kisho Kurokawa. Dogo-kan mendapatkan penghargaan sebagai penginapan terbaik bergaya Jepang di situs-situs perjalanan karena keramahan pelayanannya.

Alamat: 7-26 Dogotako-cho, Matsuyama-shi, Ehime

Nomor telepon: +81-89-941-7777

Website: www.dogokan.co.jp

2. Hotel Tsubaki-kan
Sumber gambar: ikidane-nippon.com

Buffet-style yang ditawarkan hampir keseluruhannya makanan laut yang segar termasuk bream laut yang populer di Ehime dengan kelezatan dagingnya. Wisatawan bisa menikmati pertunjukan drum Jepang yang dimulai pukul 21:00.

Alamat: 5-32 Dogosagidanicho, Matsuyama-shi, Ehime

Nomor telepon:+81-89-945-1000s

Website: www.tsubakikan.co.jp

Sumber gambar: ikidane-nippon.com

 

Waktu populer yang bisa dipilih untuk mengunjungi Dogo Onsen adalah di musim semi. Keindahan bunga sakura yang mekar menambah kesan tradisional Jepang yang melekat di kota Matsuyama. Wisatawan bisa mencapai Dogo Onsen dengan kereta dengan durasi 25 menit melalui Stasiun Matsuyama, atau dengan pesawat dengan durasi 38 menit melalui bandara Matsuyama, bus Limousine bisa menjadi pilihan.

Ada banyak hal menarik lainnya lagi di prefektur Ehime yang bisa kamu cari tahu di H.I.S. Travel Indonesia. Selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour  serta kebutuhan liburanmu dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan.