City Travel
Ingin Ke Vietnam? Kenali 7 Jenis Transportasi Di Vietnam Terlebih Dahulu Yuk!
2018-01-03 14:35:06
HIS Travel

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menikmati pengalaman berwisata, salah satunya adalah dengan menggunakan transportasi lokal. Tak terkecuali dengan Vietnam. Pilihan untuk menggunakan jenis transportasi di Vietnam harus direncanakan sejak jauh-jauh hari. Pemilihan ini tak hanya menghemat biaya berwisata selama disana, namun juga membuat Anda bisa lebih merasakan suasana khas ala Vietnam yang jarang ditemukan di tempat lain.

Jika Anda hendak merencanakan liburan ke Vietnam, Anda perlu memahami beberapa jenis transportasi di Vietnam. Setidaknya, ada 7 pilihan transportasi yang dapat Anda gunakan setibanya di Vietnam. Lalu, transportasi apa sajakah itu? Yuk, simak 7 pilihan transportasi di Vietnam yang sudah disusun oleh tim H.I.S Travel Indonesia berikut ini!

 

1. Mengidamkan Jenis Transportasi Di Vietnam Yang Tradisionil? Pilih Becak Saja!

 


Image source : http://travel.kompas.com/

Rupanya tidak hanya Indonesia saja yang masih menggunakan becak, di Vietnam juga keberadaannya masih ada, terutama di daerah pariwisata seperti Ho Chi Minh City.

Bentuk becak Vietnam, atau lebih dikenal dengan cyclo, memang agak sedikit berbeda dengan becak Indonesia. Sama-sama memiliki roda berjumlah tiga buah, namun posisi tempat duduk penumpang becak Vietnam lebih miring ke atas.

Lalu, ukuran tempat duduk penumpang dari salah satu jenis transportasi di Vietnam yang satu ini terbilang tanggung, yang dalam kata lain akan terlalu luas untuk satu orang, namun tidak cukup muat untuk diduduki oleh dua orang. Ingin berkeliling kota dengan sensasi klasik tempo dulu? Naik becak saja yuk!

 

2. Ingin Lebih Leluasa Dalam Mengelilingi Lingkungan Vietnam Dengan Santai? Naik Sepeda Pasti Akan Terasa Menyenangkan!


Image source : https://nuseschool.wordpress.com/

Meskipun eksistensi sepeda sudah mulai tergeser dengan adanya kendaraan bermotor, salah satu jenis transportasi di Vietnam yang satu ini keberadaannya masih sering dijumpai meskipun jumlahnya tidak sebanyak zaman dahulu.

Bila Anda berniat untuk berkeliling kota dengan menggunakan sepeda, Anda tidak perlu khawatir. Sebab, di Vietnam juga ada banyak toko rental yang menyewakan sepeda! Memudahkan bukan?

 

3. Selain Sepeda Kayuh, Sepeda Motor Juga Ada Kok! Jenis Transportasi Di Vietnam Yang Satu Ini Sangat Lazim Digunakan Loh!  


Image source : https://mamarantau.com/

Sama halnya dengan Indonesia dan negara berkembang lainnya, motor tidak dapat dipisahkan dari hiruk pikuk aktivitas manusia. Di Vietnam sendiri, kota-kota besar seperti Hanoi dan Ho Chi Minh City memiliki jumlah motor yang bersaing ketat dengan Jakarta. Jadi, sebisa mungkin hindari jam sibuk saat Anda berwisata ke Kota besar yang ada di Vietnam ya!

Meskipun begitu, Anda dapat berkeliling kota menggunakan salah satu jenis transportasi di Vietnam yang satu ini dengan menyewa pada toko rental yang tersedia saat jam senggang. Namun, bila Anda terlalu malas untuk mengendaarai motor sendiri, Anda dapat menaiki xe om, (semacam ojek) dengan tarif mulai 8.000 VND. Atau, bisa juga menyewa xe om berikut supirnya dengan tarif mulai 53.000 VND per hari.

 

4. Ingin Yang Lebih Hemat, Dan Cepat Saat Bertransportasi Di Vietnam? Bus Dalam Kota Bisa Anda Jadikan Pilihan Utama!


Image source : https://www.flickr.com/photos/fotds1961/8228856527

Bus dalam kota merupakan solusi untuk keliling kota dengan biaya murah. Hampir disetiap kota yang ada di Vietnam memiliki jenis transportasi di Vietnam yang satu ini. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 4.000 VND untuk satu tiket bus. Biaya yang dikeluarkan untuk jarak dekat ataupun jauh juga sama.

Khusus untuk bus yang terdapat di bandara internasional, tarifnya berbeda dengan bus dalam kota biasa. Ada beberapa bus dengan kode rute tertentu yang bisa Anda temui saat berada di bandara, antara lain Bus Nomor 152 yang melayani rute International Terminal sampai Trung Son Residential Area dengan tarif 6.000 VND, Bus Nomor 109 yang melayani rute International Terminal sampai 23/9 Park dengan tarif 12.000 VND untuk jarak di bawah 5 km dan 20.000 VND untuk jarak di atas 5 km, dan Shuttle Bus  Nomor 49 yang melayani rute International Terminal sampai Ben Thanh Market dengan tarif 40.000 VND.

 

5. Sudah Pernah Bus Antarkota Vietnam Yang Menawarkan Kenyamanan Ekstra?


Image source : http://www.sleeperbussapa.com/

Setelah bus dalam kota, kini saatnya membahas bus antarkota. Jarak antarkota satu dengan kota yang lain di Vietnam lumayan jauh dan memakan waktu tempuh kira-kira 4-12 jam. Itulah sebabnya, Anda tidak dapat menggunakan bus dalam kota, melainkan harus menggunakan bus antarkota jika hendak berpindah kota.

 

Di Vietnam, bus antarkota dibedakan menjadi dua, yakni seating bus dan sleeping bus.

Seating bus alias bus dengan fasilitas kursi penumpang untuk duduk biasa digunakan untuk menempuh perjalanan antarkota yang tidak terlalu jauh. Sedangkan untuk menempuh jarak yang jauh biasanya menggunakan sleeping bus. Sleeping bus merupakan bus yang dilengkapi fasilitas bantal, selimut, dan reclining seat yang memungkinkan Anda untuk merebahkan badan dan meluruskan kaki, layaknya sedang tidur. Tarif yang dikeluarkan untuk dapat menaiki bus ini sangat beragam, yang ditentukan oleh faktor rute perjalanan, lokasi membeli, dan kemampuan tawar-menawar.

6. Ke Vietnam Bertiga Bersama Sahabat? Sewa Taksi Sepertinya Praktis!


Image source : https://sites.google.com/site/taxiairportnoibai/bai-viet/cac-hang-taxi-o-dhong-nai

Ada banyak perusahaan penyedia taksi di Vietnam. Meskipun begitu, secara umum Argometer taksi di Vietnam akan menyala otomatis saat penumpang baru naik ke dalam taksi tersebut. Beberapa perusahaan taksi sudah menggunakan metode baru untuk pembayaran, yakni dengan menggunakan mesin gesek untuk kartu debit. Kedepannya, para pelanggan akan merasa lebih aman dan nyaman dalam melakukan pembayaran saat menggunakan salah satu jenis transportasi di Vietnam yang satu ini.

 

7. Kereta Juga Jenis Transportasi Di Vietnam Yang Dapat Anda Andalkan Loh! Tertarik Untuk Mencoba?


Image source : https://artikelbusuk.wordpress.com/

Seperti halnya di Indonesia, Vietnam juga memiliki Kereta.  di Vietnam dibagi menjadi tiga kategori, yakni soft seat, hard seat dan sistem kompartemen (kabin/kamar). Saat Anda berkeinginan berpergian menggunakan kereta di Vietnam agar waktu tempuh lebih cepat, sepertinya Anda harus benar-benar memikirkannya kembali. Pasalnya, harga tiket kereta di sana tergolong mahal.

Sebagai contoh, untuk dapat pergi dari Hanoi ke Hue dengan menggunakan kereta soft seat, Anda harus merogoh kocek sebesar 464.000 VND. Tapi, memang biaya yang Anda keluarkan akan sesuai dengan fasilitas yang Anda dapat.

Oke, itulah tadi 7 jenis transportasi di Vietnam yang H.I.S Travel berhasil rangkumkan. Dari jenis  yang kami sebutkaan di atas, transportasi mana yang ingin Anda  gunakan saat berwisata disana? Apapun pilihan Anda, usahakan agar Anda selalu berpergian dengan aman dan nyaman ya!

Baik, cukup sekian dulu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sampai bertemu di artikel selanjutnya.

Top image source : http://travel.kompas.com/