People & Culture
7 Hal Ini Harus Anda Tau Sebelum Ikut Festival Songkran
2017-08-30 12:24:53
HIS Travel

Thailand merupakan negri yang unik. Banyak hal yang menurut sebagian besar orang Indonesia aneh, ternyata dianggap wajar disana. Meskipun begitu, dengan segala hal aneh yang dimilikinya, Thailand mampu menggeber daya tariknya di sektor pariwisata.

Seperti yang kita tau, Thailand memiliki event-event menarik yang membuat kita ingin kesana. Dan, salah satu dari event tersebut terdapat sebuah event yang bernama Festival Songkran. Anda sudah pernah ikut festival ini? Atau malah, Anda belum pernah dengar sama sekali?

Oke, berbicara tentang Festival Songkran, ini adalah salah satu event spesial yang rutin diadakan oleh negri Gajah Putih itu. Disana, festival ini lebih dikenal sebagai “Perayaan Tahun Baru Thailand”. Acara ini sendiri dilaksanakan secara rutin, berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 13 hingga 15 April. Dari tiga hari tadi, warga setempat akan menyibukan diri mereka dengan ritual pencucian patung Buddha, menawarkan makanan ke para biksu, membangun pagoda dari pasir, melepaskan burung dan ikan ke alam, kemudian perang air yang amat seru!

Khusus perang air, Wisatawan juga turut dilibatkan. Mulanya, kegiatan ini hanya sebuah tradisi mencipratkan air bekas pencucian patung agar mendapat berkat, membersihkan diri dari segala hal negative, serta memperoleh keberuntungan di tahun yang baru. Seiring waktu berjalan, prosesi saling menciprat tadi pun berkembang ke acara perang air masal!

Walaupun seru, sebaiknya Anda tahu tentang 7 hal berikut sebelum ikut ke ajang tahunan ini. Apa sajakah 7 hal itu? Mari kita simak sejenak!

 

1.Tak Perlu Pergi Jauh Hingga Ke Pelosok Thailand. Bangkok, Chiang Mai, Dan Phuket Juga Menyelenggarakan Festival Unik Ini


Image source : https://www.flickr.com/photos/lukehoyland/4523623866/
Bila Anda benar-benar berniat untuk ikut event perang air di festival rakyat negri Thailand, Anda bisa ikut menuju ke Bangkok, Chiang Mai, ataupun Phuket. Kota-kota tadi merupakan kota yang cukup strategis, cukup ramai, dan cukup padat dengan Wisatawan.

Di Bangkok, Anda bisa datang ke kawasan Rattanakosin Royal Square, Phra Athit Road, Santhichaiprakan, dan Wisut Krasat untuk menyemarakan Festival Songkran ini. Selain tempat tadi, Anda juga bisa datang ke Khao San Road yang biasanya akan banjir ringan setelah aksi perang air diberlangsungkan.

Untuk Chiang Mai, Anda bisa menyaksikan parade keliling kota, dan pencipratan air wangi ke patung Buddha, dan ke para sesepuh. Setelah itu, Anda bisa ikut aksi saling siram ataupun perang pistol air bersama semua peserta yang ada. Seru? Tunggu dulu! Di Bangla Road dan Beach Road kota Phuket, para peserta bisa disemprot oleh mobil tangki berisi air sewaktu-waktu.

 

2.Tempat Menginap Yang Strategis, Amat Cocok Untuk Turis Yang Ikut Festival Songkran


Image source : https://www.flickr.com/photos/richgo/
Sudah menentukan kota mana yang akan menjadi destinasimu untuk ikut festival ini? Bila sudah, Anda harus cepat-cepat mencari tempat menginap yang lokasinya straegis! Alasannya, lokasi yang strategis ini akan memudahkanmu saat ingin berganti baju nanti.

Bayangkan saja bila lokasi penginapan Anda jauh dari lokasi Festival Songkran. Dengan kondisi basah kuyup, Anda masih harus berjalan sembari menahan rasa tidak nyaman dari pakaian yang terlalu lama kebasahan. Kalo begitu caranya, bisa-bisa Anda masuk angin. Untuk itu, sebaiknya anda segera mencari tempat menginap yang paling strategis.

 

3.Membawa Benda Elektronik Tanpa Waterproof Case Selama Festival Berlangsung Itu Beresiko!


Image source : https://www.pexels.com/
Di festival ini, ada aturan yang diberlakukan. Membuat orang basah, atau dibuat basah kuyup oleh orang lain! Karena aturan tadi, rasanya tak berlebihan bila bagian penghujung Festival Songkran ini, dijuluki sebagai ajang perang air.

Sepandai apapun Anda menghindari semprotan, Anda tetap akan pulang dengan kondisi basah kuyup! Maka dari itu, amat disarankan untuk meninggalkan benda elektronik di penginapan, atau membungkus alat elektronik Anda dengan waterproof case. Anda tak ingin gadget kesayangan menjadi rusak bukan?

 

4.Beli Pistol Air Saat Festival Songkran Diberlangsungkan Itu Mahal!


Image source : https://www.flickr.com/photos/karavan/

Sebenarnya, di Thailand ada banyak tempat yang menjual pistol air berukuran jumbo. Namun, makin dekat ke hari H, Anda akan dikejutkan dengan harga yang naik berkali lipat dari harga normal. Hal ini wajar, mengingat bukan hanya Anda saja yang akan memburu pistol air untuk menyemarakan festival nanti. Bila Anda sudah menyiapkannya dari jauh-jauh hari, ongkos jalan-jalan dapat Anda hemat!

 

5.Biarpun Seru, Anda Tetap Harus Waspada! Daripada Lengah Lalu Terjadi Apa-Apa Kan?


Image source : https://www.flickr.com/photos/cescsala/

Dari foto tadi kita bisa sama-sama melihat suasana yang ekstra ramai. Semua orang hanyut dalam euphoria perang air, dan saling menyiramkan air satu sama lain. Baik yang hanya sekedar memakai botol pelastik, pistol air, balon berisi air, hingga ember!

Memang seru sih, namun tetap saja, disela-sela keseruan yang terasa, Anda sebaiknya tetap waspada. Hal-hal seperti tersenggol dan terdorong oleh peserta lain harus Anda maklumi. Anda juga harus ekstra hati-hati saat sedang berjalan. Salah-salah Anda bisa terpeleset di jalan yang basah.

Lalu, Anda juga harus mengingat bahwa festival ini juga punya aturan main. Orang-orang yang sedang berkendara ataupun sedang makan jangan Anda semproti air ya! Selain itu, pastikan cara Anda membasahi peserta lain tidak menimbulkan rasa sakit ke pihak lawan, apalagi sampai membahayakan keselamatan mereka. Hayo catat!

 

6.Pakaian Yang Tidak Cocok, Hanya Akan Mengurangi Kesenanganmu Di Festival Ini!


Image source : https://www.flickr.com/photos/35095078@N02/33683408414/

Di festival ini, pakaian yang baik juga akan mempengaruhi kesenangan yang akan Anda rasakan. Bayangkan saja bila pakaian yang Anda pakai salah, dan terbuat dari bahan yang transparan. Bagian tubuhmu mungkin bisa ditrawang orang, dan Anda akan merasa malu di depan banyak orang.

Sebisa mungkin gunakan pakaian berwarna gelap dan agak tebal, agar tubuhmu nyaman dalam kondisi basah sekalipun. Kemudian sediakan sandal jepit yang tidak licin, dan mempermudahmu dalam melangkah dalam keadaan basah sekalipun. Bila sudah begini, Anda tinggal bersenang-senang di Festival Songkran deh!

 

7.Anda Tidak Bisa Datang Mendadak Bila Menginginkan Kesenangan Yang Maksimal


Image source : https://www.pexels.com/

Sudah menjadi kewajaran bila Festival Songkran yang unik ini menarik minat banyak Wisatawan. Betapa tidak? Festival ini menawarkan banyak kesenangan, dan pengalaman seru yang sulit untuk terlupakan. Namun sayang, Anda tidak bisa ikut festival ini bila semua tiket perjalanan sudah habis terjual. Anda tentunya tak ingin melewatkan festival ini bukan?

Untuk itu, ada baiknya bila Anda merencanakan liburan dari sekarang, dan memesan paket liburan ke H.I.S Travel yang bisa Anda percayai. Terus pantau website H.I.S Travel ya! Promo menarik menanti Anda! Sampai jumpa!

 

Top image source : https://www.flickr.com/photos/karavan/