People & Culture
7 Festival Es di Hokkaido
2017-11-29 02:03:50
HIS Travel

Hokkaido merupakan destinasi populer bagi wisatawan saat ingin menghabiskan liburan musim dingin di Jepang. Meskipun dingin, keindahan alam dan keberagaman festival yang ada di Hokkaido membuat wisatawan rela merasakan dinginnya salju dan es, tentunya dengan pakaian yang sudah dipersiapkan dengan baik.

Berbagai festival diadakan sepanjang musim dingin di Hokkaido, salah satunya festival yang bertema es. Pameran pahatan es dengan bentuk yang unik menjadi daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan. Menyaksikan lampu-lampu yang semarak di tengah kota bersalju menjadikan pemandangan Hokkaido selama musim dingin selalu layak dijadikan destinasi wisata terbaik.

Apa saja festival es yang setiap tahunnya diadakan selama musim dingin di Hokkaido? Yuk intip ulasannya di bawah ini!

1. Festival Salju Sapporo

Sumber gambar: Flickr
Sapporo merupakan salah satu kota paling populer di Prefektur Hokkaido yang bisa wisatawan kunjungi sepanjang musim dingin. Festival tahunannya yang disebut Festival Salju Sapporo merupakan salah satu festival es terbesar di dunia. Festival ini menampilkan pameran pahatan patung-patung yang terbuat dari es, biasanya sambil diiringi pertunjukan musik serta hidangan makanan yang lezat khas Hokkaido. Setiap tahunnya ada lebih dari 2 juta pengunjung datang menyaksikan festival ini, patung-patung berupa pahatan es ini berbentuk lebih dari 400 objek terkenal seperti pangeran berkuda, karakter Disney, hingga kemegahan kastil-kastil di negeri dongeng dengan iluminasi yang menghiasi setiap sudutnya. Wisatawan bisa menyaksikan keindahan Festival Salju Sapporo pada minggu pertama bulan Februari setiap tahunnya dengan kunjungan di siang hari atau malam hari.

2. Otaru Snow Festival

Sumber gambar: Flickr
Otaru letaknya tidak jauh dari Sapporo, sebuah kota pelabuhan di sebelah utara kota Sapporo. Ada dua periode festival es selama musim dingin di Otaru, yang pertama dimulai tanggal 11 November 2017 hingga 31 Januari 2017. Pemandangan yang semarak dengan iluminasi lampu-lampu di sepanjang kanal kota Otaru akan memberikan kesan romantis, kanal ini biasanya disebut Canal in Blue. Jumlah lampu yang menghiasi kanal sepanjang malam lebih dari 10.000 lampu yang dinyalakan mulai 16:30 hingga 22:30. Sementara, periode kedua berlangsung di awal Februari dengan sebutan berbeda, yaitu Yuki Akari no Michi dengan iluminasi lampu -lampu yang akan difokuskan di sepanjang kanal kota Otaru.

3. Festival Es Shikotsu

Musim dingin di Hokkaido juga sesekali diselimuti hangatnya cahaya matahari, tetapi suhunya masih tetap dingin bagi wisatawan Indonesia. Perpaduan dingin dan hangat ini menjadi hal paling mengesankan bagi wisatawan. Selama festival berlangsung, patung-patung dari es ditampilkan dengan pencahayaan yang menakjubkan. Wisatawan bisa merasakan berseluncur di atas es sepuasnya tanpa khawatir. Ada juga wahana-wahana yang disediakan seperti carousel untuk menarik perhatian anak-anak.

4. Festival Musim Dingin Asahikawa

Sumber gambar: Flickr
Asahikawa merupakan salah satu kota di Hokkaido. Berada di bagian tengah dan timur laut Hokkaido, menjadikan Asahikawa sebagai rumah bagi kebun binatang terbesar dan paling terkenal di Jepang. Binatang-binatang laut akan muncul menghibur anak-anak, kemudian melakukan atraksi yang lucu, ada juga penguin yang berbaris seperti mengikuti parade. Asahikawa cocok bagi wisatawan yang liburan bersama keluarga, anak-anak pastinya akan bersemangat melihat binatang-binatang yang bahkan sebelumnya belum pernah ditemui.

5. Festival Es Danau Shakysu Chitose

Sumber gambar: Flickr
Wisatawan akan mengunjungi Hokkaido sebagian besar karena musim dinginnya yang menakjubkan serta iluminasi yang megah. Bersiaplah untuk melihat tumpukan salju yang besar! Lake Shikotsu Ice Festival diadakan antara akhir Januari dan pertengahan Februari di Shikotsuko Onsen, sebuah resor air panas di Taman Nasional Shikotsu-Toya . Kunjungan ke festival es yang menakjubkan ini sepertinya Anda sukai, di mana pun Anda melihat-lihat Anda melihat dinding salju yang diterangi cantik di malam hari.

6. Festival Es Sounkyo Waterfall

Sumber gambar: sounkyo.net
Sounkyo dikenal dengan pemandangan yang mengesankan dari empat musim. Ini adalah kota resor air panas kecil di Taman Nasional Daisetsuzan, yang terletak di bagian timur Asahikawa, di kota Kamikawa. Bagi orang fanatik alam, Sounkyo adalah tempat yang wajib dikunjungi di Hokkaido tengah. Meski saya menyukai keindahan warna musim gugur, saya juga mengagumi musim dingin yang hadir dengan acara musim dingin yang seru yang dikenal dengan Soumyo Ice Waterfall Festival .

7. Festival Es Obihiro

Sumber gambar: obikan.jp
Musim dingin Hokkaido cukup lama untuk membuat Anda tergila-gila dengan cuaca dinginnya yang brutal dan hujan salju yang deras di luar sana, namun penduduk setempat menemukan berbagai cara untuk menikmati cuacanya. Di Obihiro , orang mengikuti tradisi yang sama dengan sisa tinggal di Hokkaido. Mereka memiliki gaya mereka sendiri festival salju yang menyerupai Sapporo Winter Festival terbesar.

Cari tahu lebih banyak informasi mengenai makanan khas Jepang lainnya bersama H.I.S. Travel Indonesia, selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan.