Tips
7 Alasan Berlibur ke Jepang di Musim Dingin
2017-11-20 09:49:23
HIS Travel

Biasanya orang-orang di negara empat musim akan menghabiskan lebih banyak waktu musim dingin mereka di dalam rumah, termasuk Jepang. Namun, bagi wisatawan yang akan berlibur ke Jepang, musim dingin merupakan salah satu musim populer yang akan menjadi pilihan. Mulai dari merasakan hangatnya onsen di musim dingin hingga mencicipi kuliner nabe serta iluminasi yang menakjubkan di sepanjang jalan.

Apa saja alasan wisatawan berlibur ke Jepang di musim dingin? Simak 7 tips berikut untuk jadi panduan liburan ke Jepang di musim dingin!

1. Menghindari Kerumunan

Sumber gambar: theculturetrip.com
Jepang, terutama Tokyo, memang terkenal dengan kerumunan orang-orangnya. Apalagi saat kamu keluar dan menyusuri kota Tokyo di jam-jam sibuk. Biasanya, saat musim semi (sakura) dan musim gugur (koyo) beberapa area tempat wisata akan dipenuhi wisatawan asing yang datang dari berbagai tempat. Sementara saat musim panas, banyak rombongan wisatawan bersama keluarga serta anak-anak yang berlibur ke Jepang. Saat musim dingin, wisatawan setidaknya bisa merasakan suasana Jepang yang sedikit tenang karena biasanya orang-orang Jepang akan lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. 

2. Aktivitas Musim Dingin

Sumber gambar: theculturetrip.com
Sebagian besar wilayah di Jepang merupakan pegunungan, hal itu mendukung aktivitas musim dingin seperti ski, snowboarding, ice skating, dan aktivitas olahraga musim dingin lainya. Niseko, daerah utara Hokkaido merupakan destinasi yang populer sebagai resor ski serta hamparan salju yang luas di sekitarnya.

3. Merasakan Onsen Jepang

Sumber gambar: theculturetrip.com
Onsen menjadi tempat identik untuk menghabiskan musim dingin di Jepang, udara yang dingin dengan suhu rendah akan membuat tubuh terasa membeku, jadi berendam di onsen merupakan pilihan yang tepat bagi wisatawan. Ada berbagai pilihan onsen yang bisa wisatawan kunjungi di Jepang, mulai dari onsen lokal, onsen di resor-resor bintang lima, atau onsen yang berada di pusat kota. Dengan berendam di onsen, kamu bisa merasakan nuansa unik Jepang serta bersantai untuk menghangatkan diri dari dinginnya udara luar.

4. Kuliner Musim Dingin

Sumber gambar: theculturetrip.com
Kuliner di Jepang selalu bisa menjadi daya tarik wisatawan asing. Setiap musimnya Jepang punya ciri khas kuliner masing-masing, termasuk saat musim dingin. Karena udara dingin dan suhu yang semakin rendah, beberapa restoran biasanya menyediakan makanan hangat berupa rebusan sayuran, daging, tahu, atau kacang-kacangan berupa hot pot (nabe) dan sake panas yang sangat cocok dinikmati saat bersantai di malam hari.

5. Festival Salju

Sumber gambar: theculturetrip.com
Jepang begitu terkenal dengan iluminasi cahaya yang menakjubkan. Sapporo biasanya menjadi detinasi populer wisatawan asing, perayaan festival salju yang diadakan di Sapporo menjadikan kota tersebut seperti Wonderland di musim dingin selama satu minggu penuh di bulan Februari. Festival ini menampilkan iluminasi, skating, permainan salju, hingga pertunjukan utamanya adalah kompetisi patung es. Kompetisi patung es ini diikuti oleh berbagai negara, karya seni patung yang menarik wisatawan ini menjadi tujuan utama datang ke Hokkaido di musim dingin tentunya. 

6. Iluminasi Musim Dingin

Sumber gambar: theculturetrip.com
Pertunjukan cahaya yang berwarna-warni menjadikan iluminasi di Jepang sangat terkenal bagi wisatawan asing. Kamu bisa melihat kilauan cahaya secara langsung di sepanjang jalan setiap kota selama musim dingin. Kota-kota besar seperti Tokyo dan Osaka sangat terkenal dengan iluminasi spektakuler khas masing-masing daerahnya. Biasanya daerah Ueno dan Roppongi Hills menjadi spot terbaik untuk menikmati iluminasi musim dingin di Jepang.

7. Fukubukuro (Lucky Bag)

Sumber gambar: theculturetrip.com
Musim dingin di Jepang bertepatan dengan pergantian tahun, yang artinya akan ada diskon besar-besaran mulai dari tanggal 2 Januari di setiap toko. Orang-orang akan berbaris di luar berjam-jam karena mengincar Fukubukuro yang paling populer. Fukubukuro merupakan tas besar atau kotak besar yang berisi berbagai barang yang harganya bisa jadi lebih mahal dari nilai jual fukubukuro itu sendiri. Kamu tidak akan tahu apa isi kantong atau kotak yang dijual sampai kamu membeli dan membukanya. Bisa jadi kamu akan menemukan barang acak yang tidak kamu butuhkan di dalamnya. Tapi saat kamu mendapatkan barang yang kamu inginkan dengan harga murah. Itu hal yang sangat menarik bukan?

Itulan 7 alasan mengapa kamu harus berlibur ke Jepang di musim dingin. Perhatikan juga mengenai pakaian dan susun rencana perjalananmu dengan menyesuaikan dengan festival-festival yang diadakan sepanjang musim dingin di Jepang. Cari tahu lebih banyak keindahan musim dingin di Jepang bersama H.I.S. Travel Indonesia, selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan.