Info Muslim
6 Makanan ‘Aman’ Bagi Turis Muslim di Jepang
2016-05-18 09:31:54
HIS Travel

Bagi kamu traveller muslim yang sedang berlibur di Jepang, urusan makanan mungkin menjadi salah satu hal yang perlu kamu perhatikan. Jika sedang berada di daerah yang tidak ada sama sekali restoran halal, maka apa yang harus kamu makan? Berikut beberapa rekomendasi makanan khas Jepang, yang aman dimakan bagi muslim, dan mungkin bisa jadi alternatif kamu saat berpetualang di Jepang.

-    Udon

Makanan jepang satu ini dapat kamu temukan dimana-mana. Warungnya kerap kali berada dekat sekali dengan stasiun, bahkan beberapa warung dapat kamu temukan di dalam stasiun. Mie yang berwarna putih dan berbentuk tebal ini bahan bakunya adalah tepung gandum, air dan garam. Biasanya udon disajikan panas maupun dingin. Jika musim dingin udon disajikan hangat, tetapi saat musim panas udon yang disajikan dingin sangat populer di Jepang.

Kamu juga bisa menambahkan topping seperti tempura udang dan sayuran lainnya. Biasanya juga dihidangkan dengan bakso ikan, rumput laut, dan sedikit irisan daun bawang.

-    Tempura dan Tendon

Tempura bisa jadi makanan favorit kamu saat berada di Jepang. Karena tempura merupakan makanan goreng-gorengan tepung, maka masakan ini mendekati makanan Indonesia, yang mayoritas gorengan. Biasanya isi dari tempura yaitu udang, daun green bell, cumi, terong, ubi, kentang, wortel, jamur, shisho (perilla) dan labu Jepang.

Ditaburi dengan saus dan wijen, Tendon merupakan beragam tempura yang diletakkan di atas nasi hangat. Ditambah topping telur, hidangan satu ini dijamin akan membuatmu ketagihan!

-    Sushi

Sushi merupakan, satu dari beragam makanan khas Jepang. makanan ini juga paling dikenal dan sangat populer di seluruh dunia. Di Indonesia pun restoran sushi gampang sekali ditemukan, tapi sayang bukan kalau ke Jepang tidak mencicipi sushi dengandaging ikan segar langsung dari negara khasnya?

Komposisi makanan sushi di Jepang adalah segala hasil laut seperti tuna, salmon, udang, ada pula belut yang biasa disebut unagi. Disajikan di atas nasi yang ukurannya seukuran satu kali lahap, kamu bisa menikmati cita rasa Jepang dengan unsur budaya di dalam tiap hidangan sushi.

-    Onigiri

Onigiri adalah makanan yang sering dimakan sehari-hari di Jepang. terbuat dari nasi yang dikepal, diberi garam sehingga rasanya gurih. Di dalam nasinya biasanya diisi dengan tuna yang sudah diisi dengan mayonnaise, atau salmon, udang, ayam, asinan plum, atau apa saja sesuka hati.

Kamu bisa menemukan makanan satu ini dengan sangat mudah di toko-toko waralaba, atau di Jepang disebut dengan Konbini. Berbagai macam onigiri bisa kamu temukan, termasuk onigiri nasi goreng ala Jepang! tapi hati-hati dalam membaca komposisinya, ya. Jika kamu menemukan kanji  「豚」ini merupakan kanji untuk ‘babi’, dan sebaiknya kamu hindari dan pilih rasa onigiri yang lain.

-    Soba

Soba adalah mie yang berbahan baku dari gandum hitam. Ukuran soba lebih kecil dan lebih tipis dibandingkan dengan udon. Dengan tekstur lebih kasar, soba biasanya disajikan hangat atau dingin sesuai dengan permintaan pelanggan. Biasanya restoran udon juga menjual soba, dan begitu sebaliknya. Komposisi dalam mie soba ini adalah daun bawang, saus celupan atau sering disebut shoyu, dan wasabi, sambal dari Jepang yang berasal dari tanaman bernama wasabi.

Selain soba celup, ada juga soba yang sudah berkuah dan biasanya ditambahkan topping tempura udang, sayuran, juga daun bawang sebagai pelengkap.

-    Shojin Ryori

Bagi kamu yang juga vegetarian, di Jepang terdapat menu masakan yang bernama Shojin Ryouri. Makanan ini merupakan masakan yang biasa dimakan oleh para biksu dan pengikut Buddha.

Masakan ini 100% tidak ada terdapat daging, tidak ada ikan, bawang dan akar tumbuhan lain yang menyebabkan tumbuhan itu mati. Sebagian besar komposisi dari Shojin Ryouri yaitu kacang-kacangan dan buah-buahan.

jadi, setidaknya kamu bisa memiliki pilihan makanan lain saat kamu tidak menemukan restoran halal di jepang. Sekaligus, kamu dapat mencicipi hidangan khas Jepang yang lezat dan memiliki nilai historis!

H.I.S. Tours & Travel memiliki 279 cabang di Jepang, yang siap memberikan pelayanan terbaik kepada kamu. Serahkan perjalanan ke Jepang kamu pada H.I.S.!

https://his-travel.co.id/jepang

https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia