Food
5 Thailand Street Foods yang Wajib Dicoba!
2017-10-17 09:22:53
HIS Travel

Saat berjalan-jalan di Thailand, kamu akan menemukan ada begitu banyak pedagang makanan yang berjualan di tepi-tepi jalan. Ada yang berjualan di pagi hari saja dan banyak pula yang mulai berjualan di sore hari sampai larut malam. Thailand street food ini dikenal dengan kelezatannya dan harganya yang terbilang ramah di kantong. Berikut ini 5 Thailand street food yang wajib kamu coba saat berada di Thailand.

1. Khanom Bueang

Khanom Bueang bisa disebut sebagai crepes khas Thailand. Camilan ini terbuat dari tepung beras, tepung kacang hijau, gula palem dan telur. Semua bahan tersebut dicampur dengan air secukupnya. Adonan ini kemudian diambil sejumput dan diratakan sehingga terbentuk lingkaran yang cukup tipis.

Jika warnanya sudah kecoklatan, tambahkan krim di atasnya. Krim ini dibuat dari bahan putih telur dan gula halus. Di atas krim lantas ditambahkan kelapa parut. Beberapa varian Khanom Bueang menawarkan toping coklat atau buah-buahan. Terakhir, lipat seluruh lapisan sehingga berbentuk setengah lingkaran yang siap untuk dinikmati.

Khanom Bueang bisa ditemukan dengan mudah hampir di setiap tepi jalan di berbagai penjuru Thailand. Camilan ini sebenarnya termasuk camilan tradisional kuno Thailand. Dalam sejarah kuliner Thailand, camilan ini sudah dikenal sejak periode Ayutthaya dari 1350-1769. Selanjutnya seorang wanita Jepang bernama Lady Witchyen yang menikah dengan seorang pria Thailand melestarikan camilan ini hingga dikenal sampai sekarang.

Dalam kebudayaan tradisional Thailand, martabat dan nilai mahar seorang wanita salah satunya ditandai dengan kemampuannya membuat Khanom Bueang. Sebab saat membuat Khanom Bueang, kaum wanita dituntut kecermatannya dalam menghasilkan lapisan dasar yang tipis dan renyah. Pembuatan lapisan dasar ini membutuhkan pikiran yang fokus dan kontrol tangan yang akurat.

https://en.wikipedia.org/wiki/Khanom_bueang

2. Thai Fish Cakes

Thai Fish Cakes atau dikenal juga dengan namaTod Mun Pla Krai. Kuliner khas Thailand yang satu ini menggunakan bahan utama ikan segar. Sedangkan bahan-bahan tambahan lainnya terdiri dari kacang panjang, pasta kari merah dan daun jeruk. Dalam setiap gigitannya, kamu akan menikmati rasa ikan yang begitu kuat dengan bumbu kari merah, serta renyahnya kacang panjang. Biasanya Thai Fish Cakes ini disajikan dengan saus cabai, irisan lemon dan timun.

Makanan khas Thailand ini bisa kamu dapatkan di Chatuchak Market, Taling Pling, atau di Lam Cha-Reon Seafood di Bangkok. Harganya bervariasi antara 20 baht sampai dengan 400 baht.

http://www.healthyfood.co.uk/recipe/thai-fishcakes-crunchy-rice-salad/

3. Ho Mak Pla

Makanan yang satu ini memiliki tampilan yang unik. Makanan ini diletakkan di dalam sebuah wadah berbentuk keranjang kecil yang terbuat dari daun pisang. Di dalamnya dimasukkan lapisan demi lapisan yang terdiri dari ikan segar, pasta kari merah, rempah-rempah dan telur. Selanjutnya bahan-bahan tersebut dipanggang dan di bagian atasnya ditambahkan santan kelapa. Makanan yang kaya gizi sangat mudah ditemukan di tepi-tepi jalan di berbagai penjuru Thailand.

http://www.rachelcooksthai.com/wp-content/uploads/2013/09/hor-mok-13.jpg

4. Kanom Krok

Penjual makanan yang bernama Kanom Krok ini juga mudah kamu ditemukan di tepi-tepi jalan selama berada di Thailand. Ciri khasnya, penjual makanan ini menggunakan wajan bulat dengan lubang-lubang di permukaannya. Lubang-lubang berbentuk setengah lingkaran ini dipakai untuk mencetak dan memasak Kanom Krok.

Kanom Krok terbuat dari santan kelapa dan tepung beras. Lapisan pertama adalah lapisan tepung beras, sedangkan lapisan berikutnya adalah lapisan santan kelapa. Adonan ini kemudian dipanggang hingga matang. Dengan menggunakan wajan berlubang-lubang, sekali panggang akan diperoleh sekitar 15 Kanom Krok. Selanjutnya dua belahan Kanom Krok ditangkupkan sehingga diperoleh setangkup utuh.

Beberapa varian Kanom Krok ada yang ditambahkan dengan toping berupa jagung atau irisan daun bawang. Kanom Krok bisa diperoleh dengan harga antara 15 baht hingga 30 baht. Kamu bisa mendapatkannya di Cicada Night Market ataupun di Ratchawat Market.

Tak hanya lezat di lidah, makanan khas Thailand ini ternyata menyimpan sebuah cerita cinta di baliknya. Dahulu kala di sebuah perkampungan, ada seorang pria bernama Gati yang artinya santan kelapa. Ia jatuh hati dengan seorang wanita yang bernama Pang atau bermakna tepung. Sayangnya, Ayah Pang menolak dan melarang Gati mendekati puterinya. Ayah Pang berencana menikahkan puterinya dengan seorang pejabat.

Ayah Pang merancang rencana jahat untuk mencelakai Pang. Sayangnya, jebakan yang dibuat justru memakan korban puterinya sendiri. Gati berusaha menolong Pang yang terperosok ke dalam lubang jebakan buatan Ayahnya. Saat Gati berada di dalam lubang itulah, orang-orang suruhan Ayah Pang menguburnya. Ayah Pang tak menyadari bahwa puterinya ada di dalam lubang tersebut. Keesokan harinya ketika lubang digali barulah sang ayah mendapati Gati dan Pang telah meninggal sambil berpengangan tangan.

Warga desa lantas membuat makanan yang terdiri dari santan kelapa dan tepung beras untuk mengenang cinta Pang dan Gati. Kanom Krok atau Kanom Haeng Kwaam Rak mengandung makna kue cinta.

https://foodpractice.com/kanom-krok-at-the-morning-market/

5. Khao Neow Dam Sang Kaya

Makanan khas Thailand yang satu ini cocok dipilih sebagai menu sarapan. Tampilannya sangat mengundang selera. Bahan utama Khao Neow Dam Sang Kaya adalah ketan hitam. Di atas ketan hitam disiramkan santan kelapa yang kental. Lalu ditambahkan dengan puding manis yang dibuat dari telur, gula dan susu. Makanan ini diletakkan di atas selembar daun pisang yang dilipat sedemikian rupa.

Makanan yang manis ini akan memberi energi di pagi untuk mengawali perjalanan wisata di Thailand. Biasanya pedagang Khao Neow Dam Sang Kaya berjualan di pagi hari, sekitar pukul 7 sampai pukul 9 pagi.

http://lacucinaeconomica.blogspot.co.id/2013/03/ore-0900-thai-breakfast.html

Nah, itulah 5 Thailand street food yang direkomendasikan untuk dicoba. Tentunya masih ada banyak street food yang akan kamu temukan saat berjalan-jalan di Thailand. Tetapi setidaknya 5 street food ini sudah bisa mewakili kekhasan kuliner Thailand.

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Thailand pada H.I.S Travel Indonesia!