Tips
5 Pilihan Restoran Halal di Kamboja
2017-10-25 04:47:05
HIS Travel

Wisata ke Kamboja pastinya tidak akan luput dari makanan khas yang harus dicoba. Namun, beberapa orang akan mempertimbangkan apakah makanan tersebut halal atau tidak di setiap negara yang menjadi destinasi wisata mereka. Salah satunya Kamboja, tidak perlu khawatir mencari makanan halal di salah satu negara Asia Tenggara ini. Selain cita rasa asia yang masih kental, ada banyak restoran-restoran yang pemiliknya merupakan suku Melayu dan muslim. Berikut ulasan 5 restoran halal populer yang bisa wisatawan kunjungi saat wisata ke Kamboja!

1. Cafe Malaya (Malaysia)

Sumber gambar: travelchameleon.net
Sebuah restoran halal dari Malaysia ini berada di Phnom Penh. Restoran ini dilalui kendaraan umum tuk tuk sehingga memudahkan wisatawan menemukannya. Perhatikan papan nama kuning dengan bendera Malaysia yang ada di depan restoran di sekitar Street 118.
Ada banyak orang Malaysia yang bekerja di Phnom Penh datang setiap makan siang, restoran ini bergaya prasmanan, dengan harga 5 USD setiap orang bisa memilih 6 masakan Malaysia sesuai keinginan. Menu yang disediakan mulai dari nasi campur, kari ayam, sambal ikan blibis, rendang, telur dadar, sambal balacan, dan masih banyak lainnya. Wisatawan juga bisa menikmati Es Kopi Nescafe serta bubur pulut hitam sebagai hidangan penutup. Pemilik restoran juga berbahasa Melayu, jadi apabila wisatawan sedikit kesulitan dengan bahasa Kamboja, di sinilah wisatawan bisa sedikit lebih lega.

Lokasi: #65E0, Street 118, Sangkat Phsar Thmei 1, Khan Daun Penh, Phnom Penh
Nomor telepon: +855 16 719 475
Jam buka: Setiap hari (10:30-20:00)

2. Halal Khmer Noodle Stall - Night Market (Khmer)

Sumber gambar: travelchameleon.net
Wisatawan yang datang ke Night Market untuk berbelanja bisa akan melihat susunan piring yang berjajar di atas meja dengan menu-menu makanan beragam seperti Pad Thai, mie goreng, mie Khmer (kari merah atau hijau) hingga lumpia sayuran. Wisatawan bisa merasakan sajian lokal Kamboja di sini.
Pilihan lain yang menari untuk dicoba adalah lumpia sayuran dengan udang dalam porsi besar, harganya sekitar 2.000 riel atau 0,5USD untuk satu potongnya. Tidak ada kursi dan meja yang disediakan, kios makanan ini selalu ramai dikunjungi dari sore hingga malam hari.

Lokasi: Night Market Phnom Penh, Jalan 1, Riverside, Phnom Penh
Jam buka: Jumat - Minggu (3:00-22:00)

3. Warung Bali (Indonesia)

Sumber gambar: travelchameleon.net
Ini dia yang pasti dicari wisatawan Indonesia. Restoran halal ini dekat dengan pusat kota. Warung Bali menyajikan makanan asli Indonesia yang pastinya halal dengan harga terjangkau mulai dari 2 USD. Tempat ini bisa mudah ditemukan karena terletak di pinggir jalan menghadap Hotel Royal Palace yang populer. Dekorasinya dibuat khas Bali yang menakjubkan dengan lukisan laut berbingkai batik Jawa.
Makanan yang populer adalah nasi putih, telur goreng, ayam cincang, hingga es kelapa yang biasanya banyak dipesan wisatawan.

Lokasi: #25, Street 178, Phnom Penh
Nomor telepon: +855 012 967 480
Jam buka: Setiap hari (10:00-21:00)

4. Restoran Halal (Khmer)

Sumber gambar: travelchameleon.net
Restoran ini menjadi favorit bagi wisatawan hingga penduduk lokal di Phnom Penh karena menyajikan hidangan khas Kamboja. Wisatawan pastinya ingin mencoba hidangan lokal Kamboja. Restoran ini merupakan tempat yang nyaman untuk duduk santai dengan es teh atau es susu (Milo). Pemilik restoran ini fasih berbahasa Melayu dan beberapa karyawan di restoran merupakan penduduk Muslim Kamboja. Restoran ini buka sejak pagi hari, yaitu pukul 07:00 dengan menu bubur ayam dan ikan, bihun goreng, serta minuman panas. Harga makanan di restoran ini juga begitu terjangkau mulai dari 5000 riel atau sekitar 1,25 USD.
Sementara menu makan siang dan makan malam adalah ala carte seperti daging sapi lok lak, sup ayam, ikan goreng dengan saus mangga, dan lainnya. Menu nasi gorengnya juga patut dicoba.

Lokasi: #15E0, Street 130, (dekat Riverside), Sangkat Psar Kandal 1, Phnom Penh
Nomor telepon: +855 12 536 969
Jam buka: Senin-Minggu (7:30-21:00)

5. Royal India Restaurant (India)

Sumber gambar: travelchameleon.net
Royal India Restaurant merupakan restoran India pertama di Kamboja. Letaknya berada di Pasar Orussey. Menu yang tersedia hanya nasi goreng dengan variasi yang beragam. Restoran ini juga melayani katering dan pengiriman di sekitar Phnom Penh.

Lokasi: No. 21, Street 111 (dekat Pasar Orussey), Phnom Penh
Nomor telepon: +855 12 855 651
Jam buka: Senin-Minggu (10:00-11:00)

Jadi, bagi wisatawan muslim tidak perlu khawatir saat traveling ke Kamboja. Nah, mulai tertarik untuk berkunjung ke Kamboja? Ada banyak referensi mengenai informasi wisata, one day tour, dan paket-paket wisata di H.I.S. Travel Indonesia. Kunjungi lebih banyak tempat-tempat wisata untuk dapatkan pengalaman yang lebih banyak.