People & Culture
5 Festival Musim Gugur Di Jepang Yang Tidak Boleh Sampai Anda Lewatkan!
2017-10-31 07:49:29
HIS Travel

Jepang adalah salah satu negara yang memiliki empat buah musim yang silih berganti. Musim tersebut adalah musim panas, musim semi, musim dingin, dan musim gugur.Khusus di musim gugur, Negri Jepang memiliki beberapa Festival unik yang tidak boleh sampai Anda lewatkan bila Anda mengaku sebagai traveler sejati yang mencintai negri Jepang.

Tapi, sebenarnya apa saja sih 5 Festival tersebut? Apa sih yang membuatnya terasa istimewa hingga tak boleh Anda lewatkan? Penasaran? Simak artikel yang sudah disusun oleh tim H.I.S Travel Indonesia berikut ini yuk! Artikel yang satu ini cukup spesial loh! Jadi, pastikan agar Anda menyimak artikel ini hingga paragraph terakhir ya! Selamat menyimak!

 

1. Ingin Menyambut Musim Gugur Di Jepang Dengan Cara Yang Tenang? Ikut Festival Tsukimi Yuk!


Image source : http://gate-jp.com/

Festival Tsukimi adalah salah satu Festival musim gugur di Jepang yang masih sering diberlangsungkan. Disana, Festival ini diberlangsungkan untuk menyambut bulan purnama yang muncul pada musim gugur. Jadi jangan heran bila saat Anda kesana di tanggal 25 September dan tanggal 23 Oktober, Anda akan dihimbau untuk turut serta merayakan Festival ini.

Perayaan Festival yang berlangsung pada malam hari ini, biasanya dilakukan dengan suasana yang santai. Kebanyakan masyarakat jepang biasanya akan duduk berkumpul sembari memakan tsukimi dango, lalu menikmati indahnya bulan purnama bersama beberapa botol sake.

Anda tidak bisa minum sake? Jangan ragu untuk berterus terang ya! Namun patut diingat, cara menolaknya juga harus sopan. Toh, orang Jepang juga mengerti tentang apa itu arti saling menghargai. Jangan sampai lupa ya!

 

2. Memiliki Rencana Untuk Berada Di Nagoya Saat Musim Gugur Di Jepang? Ikut Festifal Nagoya Saja!


Image source : https://www.japantimeline.jp/

Festival yang diberlangsungkan di pertengahan Oktober ini adalah salah satu Festival yang cukup populer dikalangan wisatawan mancanegara. Meskipun hanya ada di pertengahan Oktober saat musim gugur tiba, nyatanya Festival ini diberlangsungkan selama dua hari loh!

Di Festival ini Anda dapat melihat arakan Mikoshi para pria dan wanita yang berpakaian ala zaman dahulu, lengkap dengan musik pengiring yang disebut musik Kagura. Konon, Festival Nagoya diberlangsungkan untuk menghormati tiga kesatria terkuat di era zaman pertengahan Jepang. Yap, siapa lagi bila bukan Oda Nobunaga, Toyotomi Hideyoshi, dan Tokugawa Ieyasu.

 

3. Pernah Dengar Tentang Festival Takayama? Festival Ini Juga Dirayakan Di Musim Gugur Loh! Tapi Dengan Konsep Yang Berbeda Tentunya


Image source : https://www.flickr.com/photos/129088164@N02/37572384420/

Disebut-sebut, Festival Takayama ini adalah Festival terbaik yang ada di negri Sakura. Bila Anda pernah mendengar bahwa Festival ini dirayakan di musim semi, Anda tidak salah dengar. Karena kenyataannya, Festival ini diadakan sebanyak 2 kali dalam setahun, yakni musim semi dan musim gugur.

Hanya saja, format pengadaan Festival memiliki beberapa perbedaan ya! Sebut saja, bila di musim semi, Festival ini disebut sebagai Sanno Matsuri. Dan perayaannya diadakan di Kuil Shinto Hie. Namun untuk Festival Takayama yang berlangsung di musim gugur, Festival ini sering disebut dengan Festival Hachiman. Untuk penyelenggaraannya, Sanno Matsuri diadakan di Kuil Shinto Sakurayama Hachiman.

Cukup unik bukan Festival musim gugur di Jepang yang satu ini?

 

4. Senang Dengan Nuansa Suasana Dunia Pertanian? Datang Ke Festival Kaname Yuk!


Image source : http://kaname-japan.com/

Festival musim gugur di Jepang yang satu ini adalah salah satu Festival yang mencerminkan wujud rasa syukur penduduk Jepang. Disana musim gugur adalah musim yang baik untuk memanen hasil sawah. Setelah proses panen dan penggilingan beras selesai dilakukan, pendeta Shinto akan mempersembahkan sebagian beras yang baru panen tadi ke para Dewa yang mereka percayai dapat membawa keberuntungan.

Selain para pendeta, penduduk setempat juga memberikan persembahan berupa beras panen pertamanya ke kuil. Usut punya usut, ternyata kegiatan semacam ini adalah upacara yang bernama Hatsu Ho Hiki (Contoh beras pertama) yang biasa mereka lakukan setiap masa panen tiba. Para wisatawan boleh menonton dan mengambil potret Festival Kaname kok! Tapi, jangan sampai mengganggu jalannya Festival musim gugur di jepang yang satu ini ya!

 

5. Masih Seputar Dunia Pertanian, Festival Tori No Ichi Juga Tak Kalah Menarik Untuk Ditonton Secara Langsung.


Image source : https://www.flickr.com/photos/kenny_banana/15136687203/

Festival yang satu ini adalah salah satu Festival musim gugur di Jepang yang hanya diadakan setahun sekali. Setiap bulan November tiba, para penduduk lokal biasa berkumpul dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar mendapatkan hasil panen yang baik.

Selain berdoa, ternyata penduduk setempat juga terbiasa mempersembahkan Tori ke Kuil yang tak jauh dari rumahnya. Ingin tau tempat yang paling ramai dan diminati para wisatawan? Kuil Chokokuji tempatnya!

Kuil ini tidak begitu sulit diakses kok! Hanya berjarak sekitar 1 Kilometer ke arah utara dari Kuil Sensoji Asakusa. Bagi Anda yang sudah pernah berkunjung ke Kuil Sensoji Asakusa pasti tak akan begitu kesulitan. Namun untuk yang masih asing dengan daerah ini, jangan sungkan untuk bertanya kepada tim H.I.S Travel Indonesia ataupun membawa peta selama di perjalanan nanti ya! Kan kalau sampai tersasar bisa bahaya!

Bagaimana? Apakah Anda merasa tertarik dengan salah satu dari 5 Festival musim gugur di Jepang tadi? Bila tertarik, segera rencanakan liburan Anda ke Jepang bersama H.I.S Travel Indonesia yuk! Tapi jangan lupa, ajak juga teman terdekat Anda agar liburan kali ini terasa lebih seru ya!

Namun bilamana Anda masih memiliki hal yang ingin ditanyakan, kami siap membantu kok! Jadi, tak perlu merasa sungkan untuk menghubungi customer support kami. Kami siap melayani Anda dengan kualitas prima!

Oke, cukup sekian dulu ya artikel tentang 5 Festival musim Gugur di Jepang yang tidak boleh sampai Anda lewatkan. Semoga membantu, sampai jumpa lagi!

Top image source : https://www.flickr.com/photos/129088164@N02/37572384420/