Jepang
5 Fakta Menarik Seputar Si Manis Jeruk Dari Prefektur Ehime
2017-11-10 07:23:35
HIS Travel

Prefektur Ehime adalah salah satu destinasi wisata yang ada di negri sakura. Berbeda dengan beberapa prefektur lain yang memiliki andalan pemikat berupa pusat perbelanjaan ataupun taman hiburan, Prefektur ini terbilang cukup unik. Betapa tidak? Dengan “hanya” bermdalkan si manis jeruk dari prefektur Ehime saja, prefektur ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara yang berasal dari berbagai macam negara.

Anda sering ke Jepang namun belum sempat mencicipi si manis Jeruk dari Prefektur Ehime di tempat asalnya? Duh! Sayang sekali! Tak ingin merasakan penyesalan karena selalu mengalami kegagalan yang sama? Segera rencanakan liburan Anda bersama H.I.S Travel Indonesia yuk!

Tapi sebelum membuat rencana liburan, ada baiknya bila Anda menyempatkan waktu untuk menyimak terlebih dahulu artikel tentang 5 fakta menarik seputar si manis jeruk dari prefektur Ehime. Pasti Anda merasa penasaran kan? Selamat menyimak ya!

 

1. Si Manis Jeruk Dari Prefektur Ehime Adalah Salah Satu Jenis Jeruk Yang Paling Digemari Oleh Orang Banyak


Image source : https://thedailyjapan.com/

Di Jepang, su manis jeruk dari prefektur Ehime adalah salah satu buah yang paling digemari di Jepang. Tak hanya karna rasanya yang manis, beberapa mitos lokal tentang tentang varian Gokakukei Iyokan yang mampu membawa keberuntungan, agaknya turut mendongkrak popularitas dari buah jeruk yang rasanya manis ini.

Berbicara tentang Gokakukei Iyokan, jenis buah tersebut adalah kreasi dari jenis jeruk mandarin yang berbentuk persegi lima, yang baru ditanam dalam kurun waktu 3 tahun terakhir. Dengan bentuknya yang unik dan rasanya yang manis, tak mengherankan apabila jeruk ini cukup diminati dan diburu oleh orang banyak. Selain nikmat dikonsumsi sendiri, buah ini juga cocok untuk dijadikan buah tangan!

 

2. Dari 50 Lebih Varietas, Jenis Yang Paling Unggul Adalah Setoka Dan Dekopon


Image source : https://fuyuzakuramatsuyama.wordpress.com/

Tak hanya Gokakukei Iyokan saja. Si manis jeruk dari prefektur ehime masih memiliki banyak varietas lain. Bila ditanya tentang varietas manakah yang paling unggul diantara si manis jeruk dari prefektur ehime tadi, varietas setoka dan dekopon lah jawabannya!

 

3. Fakta Tentang Dekopon Dan Setoka, Si Manis Jeruk Dari Prefektur Ehime


Image source : https://fuyuzakuramatsuyama.wordpress.com/

Berbicara tentang varietas Dekopon, jenis ini adalah salah satu jeruk yang memiliki rasa yang terbilang manis. Bentuk buahnya cukup besar dan tidak begitu bundar. Meskipun begitu, ia memiliki benjolan di kulitnya yang berwarna kuning, namun tak memiliiki biji diantara buliran jeruknya yang cukup padat.


Image source : https://fuyuzakuramatsuyama.wordpress.com/

Untuk yang jenis Setoka, buah jeruk ini memiliki bentuk bulat yang cantik yang berbalut kulit jeruk berwarna oranye. Setelah dikupas dan digigit, Anda dapat menemukan sensasi rasa manis di dalam kulit dagingnya dan bisa memakannya sepuas hati tanpa perlu takut akan menemukan biji. 

 

4. Diantara Jajaran Jeruk Ehime Yang Terkenal Akan Rasanya Yang Manis, Ternyata Ada Pula Loh Varietas Jeruk Yang Rasanya Asam!


Image source : https://fuyuzakuramatsuyama.wordpress.com/

Karena jenis buahnya yang mencapai puluhan, ternyata ada pula loh jeruk Ehime yang rasanya asam! Tapi bukan seperti membeli kucing di dalam karung! Buah yang satu ini biasanya dijual dengan harga yang relatif murah, meskipun dari bentuk fisiknya mereka terlihat cukup menawan. Berani mencicipi jenis buah yang satu ini saat berkunjung ke Ehime bersama H.I.S Travel nanti?

 

5. Prefektur Ehime Mengadakan Lomba Mengupas Kulit Jeruk Yang Boleh Diikuti Oleh Para Wisatawan


Image source : http://ledokan.blogspot.co.id/

Prefektur Ehime memiliki sebuah kota yang terkenal karena lomba mengupas kulit jeruk yang diadakannya. Perlombaan ini terhitung perlombaan tingkat dunia. Betapa tidak? Pesertanya saja terdiri atas para wisatawan yang berasal dari berbagai negara yang tersebar di penjuru dunia.

Ingin mengikuti loba mengupas kulit simanis jeruk dari prefektur Ehime ini? Datang saja ke kota Akehama-cho! Perlombaannya sendiri biasanya diadakan di Akehama Seaside Sunpark, dan dilaksanakan sekitar tanggal 23 Desember setiap tahunnya.

Namun patut diingat, lomba ini bukanlah kompetisi yang cuma-cuma! Anda harus membayar uang pendaftaran sebesar 1000 Yen, dan harus mendaftar sesegera mungkin sebelum ambang batas jumlah peserta terlewati.

Anda memiliki anak yang berusia diatas 6 tahun dan ingin mengikuti perlombaan ini? Boleh-boleh saja kok! Minimal, usia yang diperbolehkan untuk mengikuti lomba ini adalah 6 tahun, dan tidak ada batasan usia selama peserta tersebut mampu berkompetisi secara jujur dan sehat.

Bila Anda memenangkan kompetisi yang diadakan oleh WMC (World Mandari Classic) ini, Anda berhak memenangkan uang tunai 100.000 Yen, sertifikat, dan boleh membawa pulang 10 Kg si manis jeruk dari prefektur Ehime.

Jangan khawatir, akses ke tempat lomba tak begitu sulit untuk diraih kok! Bila Anda naik dari stasiun JR Unomachi, Anda tinggal turun di Tawarazu, kemudian menumpangi bus yang jurusannya ke Daihayatsu selama kurang lebih 40 menit.

Bila Anda ingin berlatih, Anda bisa berlatih sedari sekarang. Sebab, perlombaan ini tidak mengadu kecepatan para pesertanya dalam mengupas kulit jeruk, melainkan mengadu kelihaian para peserta dalam mengupas kulit si manis jeruk dari prefektur Ehime secara mulus, dan tanpa ada putus. Sebagai acuan, rekor yang pernah tercatat di dalam ajang ini mencapai 210 cm.

Bagaimana? Anda merasa tertantang dan berminat untuk mengikuti ajang perlombaan mengupas jeruk ketika Anda sedang berlibur ke Prefektur Ehime nanti? Bila iya, segera rencanakan liburanmu bersama H.I.S Travel Indonesia Yuk!

Oke, itulah tadi artikel singkat dari kami tentang si manis jeruk dari prefektur Ehime. Terimakasih telah menyimak artikel dari kami, sampai jumpa lagi di lain kesempatan ya!