Food
5 Cemilan Khas Thailand yang Mendunia
2017-10-17 09:02:14
HIS Travel

Thailand memang kaya dengan kuliner yang menggugah selera. Selain makanan-makanan yang mengenyangkan perut, di Thailand kamu juga wajib mencicipi cemilan khas Thailand. Beberapa cemilan bukanlah cemilan biasa, melainkan cemilan yang telah mendunia. Cemilan populer khas Thailand ini juga bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

1. Keripik Durian

Keripik durian atau durian chips menjadi salah satu cemilan yang identik dengan Thailand. Keripik durian dibuat dari durian belum matang yang diiris tipis-tipis dan kemudian digoreng hingga renyah dengan minyak sayur. Mayoritas keripik durian yang dipasarkan di Thailand bukanlah buatan pabrik melainkan hasil produksi usaha rumahan. Contohnya saja di daerah Uttaradit. Jika kamu bepergian dari Bangkok menuju ke Chang Mai, maka kamu akan melewati daerah Uttaradit ini.

Bagi mereka yang kurang suka dengan aroma durian matang yang begitu menyengat, maka keripik durian ini bisa menjadi pilihan lain untuk menikmati durian. Rasa keripik ini mirip dengan keripik kentang hanya saja terasa lebih manis. Selain menikmati kripik durian, para penggemar durian juga bisa datang ke festival durian yang diadakan setiap tahun. Tepatnya setiap bulan Juni. Festival durian ini diadakan di Laplae yang berjarak 14 Km ke arah barat Uttaradit.

Source: http://www.yearofthedurian.com/2013/06/recipe-durian-chips.html

2. Rumput Laut

Di Thailand, rumput laut diolah menjadi snack yang mendunia. Tao Kae Noi merupakan brand dan perusahaan paling besar di Thailand yang memproduksi snack rumput laut yang renyah. Perusahaan ini didirikan oleh seorang anak mudah bernama Aitthipat Kulapongvanich dan telah berdiri sejak tahun 2004. Produk Tao Kae Noi ini tak hanya dijual di Thailand saja tetapi telah merambah seluruh kawasan Asia Pasific.

Snack rumput laut Tao Kae Noi ini berbentuk tipis panjang. Permukaan lembar-lembar snack rumput laut ini dipenuhi gelembung-gelembung kecil yang membuatnya terasa renyah. Snack ini terbuat dari rumput laut yang dicampur dengan minyak kelapa, garam, bubuk lada putih dan perasa yang khas. Salah satu contoh rasa yang unik adalah Tao Kae Noi rasa tom yam. Snack ini wajib kamu beli sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Thailand.

Source: http://www.iamwannee.com/wp-content/uploads/2017/05/ThaiSnack01.jpg

3. Kra Ya Sart

Cemilan ini terbilang sebagai cemilan tradisional Thailand. Kra Ya Sart adalah cemilan yang dibuat dari beras yang telah diolah sehingga mekar atau mengembang, kacang tanah, dan beberapa bijian sejenis lainnya yang dicampur dengan santan kelapa dan gula. Bahan-bahan ini diolah hingga menyatu dan bisa dicetak dan dipotong berbentuk segiempat.

Cemilan ini biasanya dibuat oleh masyarakat Thailand menjelang festival Sart Thai untuk menyambut bulan baru yang biasanya diadakan pada bulan September dan juga saat merayakan masa panen. Saat ini cemilan tradisional Kra Ya Sart telah dikemas secara lebih modern dan dipasarkan luas hingga ke luar Thailand.

Source: http://www.seriouseats.com/images/2014/09/20140922-thai-snacks-crispy-rice-cookie-vicky-wasik-10.jpg

4. Taro Fish Snack

Cemilan yang satu ini 80% bahanya adalah ikan putih segar. Ikan putih segar dikenal sebagai sumber protein yang tinggi. Taro Fish Snack ini berbentuk kecil panjang seperti pita. Karena bentuknya yang kecil dan panjang, jangan membayangkan teksturnya yang renyah. Sebaliknya, cemilan ini cukup keras atau liat, kenyal dan sangat kuat rasanya. Kamu akan merasakan sensasi yang berbeda saat mengunyahnya dimulut. Cemilan ini dikemas dalam plastik-platik berukuran kecil sehingga mudah dibawa dan cocok dipilih sebagai oleh-oleh khas dari Thailand.

Sebenarnya ada berbagai cara untuk menikmati Taro Fish Snack ini. Selain langsung memakannya, kamu juga bisa menaburkannya di atas mie atau salad. Kamu juga bisa menggoreng cemilan ini tanpa menggunakan minyak supaya teksturnya lebih renyah. Atau kamu dapat memasukkannya ke dalam microwave selama kurang lebih 3 menit agar rasanya lebih renyah. Taro Fish Snack tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti rasa barbecue, rasa yang pedas, salmon, kimchi dan beberapa rasa lainnya.

Taro Fish Snack telah menjadi salah satu cemilan favorit di Thailand selama lebih dari 19 tahun. Taro Fish Snack diproduksi dalam skala besar dan tidak hanya dipasarkan di Thailand saja. Cemilan ini telah dipasarkan hampir di semua negara Asia, beberapa negara Eropa dan di berbagai penjuru dunia.

Source:  http://www.iamwannee.com/wp-content/uploads/2017/05/ThaiSnack05.jpg

5. Pisang Kering Dalam Kemasan

Cemilan pisang ini bukanlah pisang dalam bentuknya yang masih segar, melainkan pisang yang sudah diolah. Pisang dalam kemasan ini adalah pisang yang sudah dikeringkan dengan warna karamel keemasan yang menggugah selera. Meskipun sudah dikeringkan, pisang ini terasa cukup lembut saat digigit.

Ada berbagai merek pisang kering yang bisa ditemukan di Thailand. Salah satu merek menawarkan kemasan dalam bentuk kotak yang berisi 25 pisang kering dalam kemasan terpisah. Setiap pisang ini diproses dengan menekannya secara lembut hingga cukup pipih lalu dikeringkan dengan sinar matahari. Waktu yang dibutuhkan untuk proses pengeringan ini sekitar dua hari lamanya dalam cuaca yang cerah. Tak ada tambahan perasa ataupun pengawet dalam proses produksinya sehingga cemilan ini termasuk sebagai cemilan sehat yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa. Pisang kering produksi dari Thailand ini telah dipasarkan ke berbagai penjuru dunia.

Nah, itulah 5 daftar cemilan khas Thailand yang telah mendunia. Wisatawan yang berkunjung ke Thailand pasti tak lupa mencari dan membeli cemilan-cemilan tersebut. Kamu pun wajib mencicipi dan membawanya pulang. Cemilan-cemilan ini akan selalu mengingatkan kamu tentang perjalananmu di Thailand!

 

H.I.S Tours & Travel memiliki 279 cabang yang siap memberikan pelayanan terbaik untuk kamu. Serahkan perjalanan kamu ke Thailand pada H.I.S Travel Indonesia !