Tips
3 Tips Berwisata di Kota Paris
2017-06-23 04:55:59
HIS Travel

Siapa sih yang tak kenal kota Paris ? kota yang menyajikan segudang obyek wisata dan sederet karya seni yang dipajang di museum. Belum lagi reputasinya sebagai salah satu barometer fashion di dunia menjadikannya surga belanja bagi para wisatawan. Selain itu kota ini juga menawarkan suasana yang romantis layaknya setting film-film kenamaan. Maksimalkan pengalaman berwisata yang dapat anda peroleh di kota Paris dengan menjalankan beberapa tips dibawah ini :

 

Menghadapi Warga Paris

imagesource : www.theyellowtable.com

Hal utama yang membedakan warga Prancis pada umumnya dengan warga Indonesia adalah tingkat formalitas yang dimiliki mereka. Mereka cenderung berusaha meminimalisir interaksi dengan orang asing karena hal tersebut merupakan salah satu tindakan yang sopan di Prancis. Maka, anda dapat menghindari tindakan yang terlalu friendly kepada mereka, apabila anda tidak ingin dicap sebagai orang yang tidak sopan. Namun, ketika anda terpaksa untuk bertanya kepada seseorang, usahakan untuk menggunakan bahasa Prancis; setidak-tidaknya untuk mengucapkan salam atau kata-kata dasar lainnya. Dengan demikian, anda akan mendapatkan perlakuan yang lebih baik daripada mereka yang bertanya hanya dengan menggunakan bahasa Inggris.

Ketika anda memasuki sebuah toko di kota Paris, ucapkan “Bonjour” kepada pemilik toko atau pekerja yang sedang menjaga toko. Sehingga anda dipandang sebagai orang yang ber-etiket baik, mengingat hal tersebut merupakan kebiasaan yang diajarkan sejak dini di Prancis. Dan yang tidak kalah penting adalah mengucapkan “Au revoir” ketika anda meninggalkan toko tersebut. Perlu diingat, bahwa tidak mengucapkan salam perpisahan merupakan hal yang tidak sopan, sebanding dengan tidak mengucapkan salam saat memasuki toko.

 

Transportasi

Layaknya kota besar lainnya, Paris memiliki sistem transportasi yang ekstensif dan menjangkau seluruh daerah bernama Metro System. Anda dapat bepergian dengan leluasa dan dengan akurasi waktu yang tinggi menggunakan kereta yang disediakan Metro System. Namun, para turis seringkali kesulitan ketika menggunakan mesin otomatis yang disediakan, terutama bagi mereka yang baru pertama kali mengunjungi kota Paris. Sehingga, dibutuhkan sedikit trial-and-error ketika mempergunakannya.

Sarana transportasi lain yang tersedia di Paris adalah Taxi. Anda dapat dengan mudah menemukan armada-armada Taxi lalu-lalang di jalanan Paris dan anda dapat menggunakannya, selama mobil tersebut tidak dalam kondisi penuh atau in-service. Dengan keunggulan berupa ruang privat dalam melakukan perjalanan, anda harus merogoh kocek yang lebih dalam daripada Metro System. Anda juga dapat mempertimbangkan menggunakan moda transportasi Car­-Sharing dalam mengunjungi obyek-obyek wisata di Paris, dengan biaya yang lebih bersahabat bagi para turis.

Tentu saja, apabila anda ingin lebih menghayati suasana di kota nan romantis ini, anda dapat mempertimbangkan untuk berjalan kaki; baik untuk sekedar mencari udara segar, maupun untuk berpindah lokasi dari satu obyek ke obyek wisata lainnya. Selain gratis, anda tidak perlu takut tersesat, karena cukup dengan berbekal aplikasi Google Map anda dapat mendapatkan arah dan rute menuju tujuan wisata anda.

 

Kejahatan dan Tindak Kriminal

imagesource : By francois from Strasbourg, france (Rally Alsace France, World Title 2010) [CC BY 2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by/2.0)], via Wikimedia Commons

Tidak jarang para turis yang sedang mengunjungi daerah yang ramai menjadi target empuk dari para pencuri dan penipu; terlebih di kota Paris, yang memiliki arus wisatawan sejumlah 83 juta orang di tahun 2016. Untuk mencegah agar anda tidak menjadi korban, anda dapat meletakkan barang-barang berharga yang anda miliki di tempat penginapan anda, dan hanya membawa barang seperlunya. Selain itu, ketika anda berhadapan dengan orang yang bersikeras untuk menjual barang dagangannya kepada anda, atau ketika seorang memaksa anda untuk menandatangani petisi, katakan tidak dengan jelas kepada mereka dan segera tinggalkan area tersebut. Usahakan untuk tidak mengecek smartphone anda terlalu sering, terlebih apabila smartphone anda merupakan keluaran terbaru dari pabrikan.

Dan yang terakhir, apabila anda merasa dibuntuti atau tidak nyaman dengan pandangan seseorang, segeralah menuju pos keamanan yang tersedia; dengan demikian resiko anda untuk menjadi sasaran empuk para pencuri akan berkurang dengan drastis.