Tips
3 Hal yang bisa kamu lakukan di Shimanami Kaido
2017-10-27 08:39:23
HIS Travel

Kamu pernah mendengar tentang jembatan Shimanami Kaido? Bila iya, pasti kamu tahu dengan jembatan ini. Bila dilihat sekilas, jembatan yang satu ini memang cukup mirip dengan jembatan Suramadu yang ada di Indonesia. Meskipun menurut kebanyakan orang jembatan ini terlihat lebih megah, nyatanya tak mengurangi kebanggaan Kita terhadap jembatan yang ada di negri sendiri.

Sebagai jembatan yang menghubungkan beberapa pulau, jembatan ini adalah salah satu jembatan yang paling populer di Jepang. Betapa tidak? Ia merupakan penghubung antara kota Onomichi di Prefektur Hiroshima (bagian wilayah Chugoku) dan kota Imabari yang tergabung ke Prefektur Ehime (wilayah Shikoku) dan merupakan rute alternatif bagi mereka yang lebih memilih rute darat. Oleh karenanya tak heran bila jembatan ini cukup sering dilintasi oleh orang-orang. Termasuk juga para wisatawan.

Sumber : https://matcha-jp.com/

Jembatan Shimanami Kaido sebenarnya memiliki nama resmi “Nishiseto Expressway” (Nishiseto Jidosha-do). Panjang keseluruhan dari jembatan ini adalah sekitar 60 KM, melintasi laut Setouchi beserta 7 pulau yang ada di dekatnya. Meskipun tiap bagiannya memiliki namanya sendiri-sendiri, nyatanya orang sana banyak yang lebih sering menggunakan sebutan Shimanami Kaido untuk merujuk pada jembatan gantung yang satu ini.

Sesuai namanya, jembatan ini ditopang oleh kabel baja yang digantung di menara jembatan. Uniknya jembatan ini juga menyediakan tempat untuk para pejalan kaki. Selain itu para pesepeda juga diperbolehkan untuk melintas diatasnya. Keren kan?

Secara fungsional, sebenarnya jembatan Shimanami Kaido adalah sebuah jembatan layang yang bersifat seperti jalan tol. Namun entah kenapa pihak pengelola jembatan menggratiskan siapa saja yang ingin berlalu lalang diatas jembatan yang satu ini.

Tak sampai disitu. Jembatan Shimanami Kaido juga sering dikunjungi oleh para wisatawan. Tapi, sebenarnya apa saja sih yang dilakukan oleh para wisatawan saat mampir ke jembatan gantung yang satu ini? Kamu penasaran? Sempatkan diri untuk sejenak menyimak artikel yang satu ini yuk!

 

1. Sedang Melintasi Wilayah Ini? Sempatkan Untuk Menikmati Serunya Bersepeda Di Atas Jembatan Gantung Ini Ya! Sensasinya Menantang Loh!

 


Sumber : https://www.flickr.com/photos/aleiva/35753661271/

 

Seperti yang kita tau, orang Jepang memiliki kebiasaan yang agak berbeda dengan orang Indonesia. Bila di negri sendiri kegiatan bersepeda sudah tidak terlalu digemari, di negri Sakura, kegiatan bersepada masih cukup digemari.

 

Kamu pecinta olah raga sepeda dan ingin merasakan nyamannya bersepeda melintasi jembatan Shimanami Kaido? Segera rencanakan liburanmu bersama H.I.S Travel Indonesia yuk! Tak perlu pusing untuk membawa sepeda dari rumah! Disini ada tempat penyewaan sepeda di Onomichi dan Imabari kok!

 

Tapi patut diingat, bersepeda disini juga memerlukan persiapan tenaga yang cukup mumpuni. Apalagi jarak yang ditempuh cukup jauh untu. Bila fisik tak cukup siap kan bisa bahaya! Tak sekedar fisik, kesiapan mental untuk bersepeda di jembatan gantung yang anginnya terkadang cukup kencang juga diperlukan loh! Dicatat ya!

 

Sekedar tips, pasikan bahwa kamu membawa air minum yang cukup untuk mengantisipasi dehidrasi saat cuaca sendang panas. Jangan lupa pula untuk mengenakan jaket, dan terlebih dahulu memeriksa kondisi ban sepeda. Bila tips tadi sudah kamu lakukan, aktifitas bersepedamu pasti akan lebih terasa menyenangkan!

 

2. Tidak Memiliki Cukup Keberanian Untuk Bersepeda Di Atas Jembatan Gantung? Naik Kapal Feri Saja!


Sumber : https://www.flickr.com/photos/goldtops/36244972291/

 

Meskipun jembatan Shimanami Kaido sudah berdiri kokoh sejak lama, nyatanya masih ada saja perusahaan yang melayani jasa penyebrangan dengan menggunakan kapal feri. Moda transportasi ini masih cukup diminati. Apalagi, ia cukup membantu untuk mempermudah lancarnya proses bertransportasi. Kamu ingin mencoba naik kapal feri? Boleh-boleh saja kok!

 

Untuk dapat menyebarang dengan kapal feri dari Kota Onomichi Hiroshima, Kamu harus memesan tiket dari pengelola jasa penyebrangan yang beroperasi di pelabuhan Onomichi. Dari kapal ini Kamu dapat menentukan apakah ingin mampir ke Mukaishima yang terkenal akan kualitas buah jeruknya, Innoshima yang terkenal dengan museum bajak lautnya, hingga pulau lain yang memiliki daya tariknya masing-masing.

 

Sedang mencari objek untuk Kamu foto? Siapkan saja kamera saat berada di sekitar jembatan Tatara Ohashi yang menghubungkan Ikuchijima dan Omishima. Pemandangan siluet segitiganya amat sayang untuk dilewatkan loh! Bila Kamu melintasi Kurushima Ohasi yang ada di antara pulau Kurushima dan Kota Imabari, Kamu juga wajib mengabadikan keindahan sunset bila Kamu memang mengaku sebagai penyuka dunia fotografi.

 

3. Jangan Terburu-Buru Naik Kapal Ya! Di Sekitar Sini Banyak Kuil Tua Bersejarah Yang Layak Untuk Kamu Kunjungi Loh! Pemandangannya Juga Cukup Indah Untuk Diabadikan Dengan Kamera Kesayangan


Sumber : https://matcha-jp.com/

 

Selain keindahan yang ada di sekitar jembatan, Shimanami Kaido juga dikelilingi oleh beberapa objek wisata yang bisa Kamu jadikan tempat persinggahan. Salah satunya Taman Gunung Kiro (Kiro-san Tenbo Koen) yang merupakan tempat yang berfungsi sebagai gardu pandang yang menyajikan view apik yang begitu unik.


Sumber : https://matcha-jp.com/

 

Tapi bila Kamu sudah sampai ke Imabari, Ehime, Kamu bisa mengunjungi Kastil Imabari yang dibangun pada tahun 1604. Pemandangan disini cukup keren dan penuh dengan nuansa historis! Pasti tak akan menyesal deh bila berkunjung kesini.

Sumber : https://matcha-jp.com/

 

Selain berkunjung ke kastil Kamu juga dapat mampir ke Imabari Towel Main Store dan membeli beberapa handuk untuk oleh-oleh  Kamu nanti. Handuk disini kualitasnya istimewa loh! Lihat saja dari sertifikat yang menunjukan keaslian dan tingginya kualitas pembuatan handuk.

 

Oke, itulah tadi artikel kami tentang 3 hal yang bisa kamu lakukan di Shimanami Kaido. Dari ketiga hal yang kami sebutkan tadi, adakah yang membuat Kamu semakin tertarik untuk berlibur kesini? Bila ada, jangan sungkan untuk menghubungi H.I.S Travel Indonesia ya! Bersama kami, liburan Kamu pasti akan lebih terasa bermakna.

 

Sekian dulu, sampai jumpa lagi!