Tips
12 Benda yang Harus Dibawa Saat Liburan Musim Dingin
2018-01-29 04:56:47
HIS Travel

Liburan tentunya butuh persiapan dari jauh-jauh hari, mulai dari tikat pesawat, pemesanan hotel, menyusun itinerary, hingga mencatat benda-benda apa saja yang harus dibawa. Setiap destinasi liburan memiliki perbedaan tentunya, mulai dari iklim hingga budayanya. Oleh karena itu, benda yang harus dibawa saat liburan pun pastinya berbeda.

Saat musim dingin, di mana suhu bisa saja mencapai 0 derajat celcius menjadikan persiapan barang yang dibawa akan lebih banyak. Kira-kira apa saja ya benda yang harus dipersiapkan? Berikut 12 benda yang harus dibawa saat liburan musim dingin!

1. Mantel atau Jaket Musim Dingin

Sumber gambar: www.willowbanks.com​
Ini adalah benda terpenting yang harus dibawa, suhu di musim dingin tentunya sangat berbeda dengan suhu di negara beriklim tropis seperti Indonesia. Di beberapa wilayah musim dingin bisa mencapai 0 derajat celcius. Mantel atau jaket tebal pastinya jadi barang pertama yang harus dipersiapkan. Mantel akan jaket harus tebal dengan bahan yang sangat hangat. Meskipun begitu, hindari membawa mantel yang terlalu berat karena akan menghambat aktivitas selama liburan.
Tips: Memilih mantel atau jaket yang ringan, tetapi hangat. Misalnya mantel dengan bahan bulu angsa.

2. Topi

Sumber gambar: www.willowbanks.com​
Topi juga menjadi benda yang harus dipersiapkan untuk liburan musim dingin. Hindari angin yang mengenai kepala dan telinga secara langsung.
Tips: Pilih topi yang menutupi telinga dan terbuat dari bahan yang nyaman dengan kehangatan maksimal.

3. Sepatu anti slip

Sumber gambar: www.willowbanks.com​
Bagian lain yang harus tetap hangat adalah kaki, maka pemilihan sepatu yang dibawa juga harus diperhatikan. Sepasang sepatu bot musim dingin dengan sol yang rendah serta anti slip bisa jadi pilihat terbaik. Sebagai tambahan, usahakan pilih dengan bahan yang hangat di dalamnya.
Tips: Pilih sepatu dengan warna gelap agar tidak mudah kotor dan pilih bahan luar sepatu yang anti basah karena akan terpapar salju sepanjang hari.

4. Sarung tangan

Sumber gambar: www.willowbanks.com​

Sarung tangan adalah benda yang tidak boleh dilupakan. Sepasang sarung tangan bisa membuat hangat telapak tangan kamu selama berada di luar ruangan. Tangan bisa menjadi penyebab utama seseorang kedinginan, jadi jangan biarkan tangan terasa dingin lama-lama. Saat musim dingin, pilihlah sarung tangan yang nyaman dipakai, bisa menggenggam barang dengan mudah, atau bahkan bisa menekan layar sentuh pada ponsel kamu untuk memudahkan penggunaan ponsel.
Tips: Pilih sarung tangan yang anti air berbahas kulit, tidak membuat tangan terasa lembab, memiliki bahan yang ringan namun tetap hangat.

5. Syal

Sumber gambar: www.willowbanks.com​
Apabila udara semakin dingin, kamu juga harus selalu sedia syal untuk menghindari hawa dingin mengenai leher. Syal berbahan wool bisa jadi pilihan agar menjaga suhu leher tetap hangat saat di luar ruangan.
Tips: Pilih bahan dan model syal yang nyaman dan sesuai dengan gaya kamu

6. Kaos Kaki

Sumber gambar: www.willowbanks.com​
Benda pendukung untuk menghangatkan kaki. Jangan sampai lupa untuk membawa kaos kaki saat liburan musim dingin, kaki menjadi salah satu area yang mudah terserang dingin, jadi melindungi kaki adalah hal yang paling tepat untuk menghindari kedinginan. Usahakan untuk selalu mengganti kaos kaki setiap harinya selama musim dingin karena udara yang basah akan membuat kaki cepat lembab sehingga bisa saja menimbulkan bau. Pakailah kaos kaki berbahan wool dan usahakan tidak memilih bahan yang tipis.

7. Heattech atau Longjohn

Pakaian yang dipakai untuk tubuh bagian dalam ini berbahan tipis tetapi bisa menghangatkan tubuh dari terpaan udara dingin. Pakaian ketat ini berguna agar suhu hangat tetap bertahan di dalam tubuh. Meskipun sudah mengenakan mantel yang tebal, udara dingin bisa saja menerobos masuk melalu celah-celah kemeja atau pakaian luar.

8. Tambahan jaket atau sweater

Sumber gambar: www.willowbanks.com​
Jaket atau sweater tambahan merupakan cadangan saat tubuh mulai kedinginan karena suhunya meningkat atau kondisi kesehatan yang tiba-tiba menurun. Sweater wool bisa menjadi pilihan terbaik untuk dikenakan saat musim dingin dan berada di luar ruangan.

9. Masker

Untuk menghindari udara dingin, sebaiknya saat berada di luar ruangan pakailah masker untuk menutupi hidung dan sekitar pipi. Namun, jika tidak bermasalah dengan dinginnya udara yang mengenai hidung dan sekitar pipi kamu tidak perlu menggunakan masker.

10. Kacamata hitam

Kacamata hitam merupakan benda yang harus dipertimbangkan untuk dibawa di musim dingin, pantulan hamparan salju yang putih bisa jadi terlalu mengganggu.

11. Tabir surya

Membawa tabir surya di musim dingin adalah sebuah keharusan. Terpaan angin dingin dan adaptasi perubahan suhu yang ekstrim akan membuat kulit menjadi kering.

12. Koyo
Benda ini seringnya menjadi penyelamat saat udara dingin tidak bisa tertahankan lagi. Menempelkan koyo di bagian punggung dan betis bisa membantu mempertahankan suhu hangat untuk tubuh, serta menjadi penolong saat badan sudah lelah berjalan mengunjungi berbagai destinasi wisata.

Ada banyak benda yang harus dibawa saat musim dingin demi kelancaran liburan tentunya. Mengemas barang yang banyak tidaklah mudah, kamu harus menjadikan barang-barang tersebut seringkas mungkin agar tidak memenuhi ruang koper. Kira-kira destinasi mana saja yang bisa kamu kunjungi saat musim dingin? Temukan di H.I.S. Travel Indonesia.