City Travel
10 Makanan Khas Toyama yang Harus Dicicipi
2017-11-09 23:08:55
HIS Travel

Prefektur Toyama merupakan salah satu prefektur di Jepang yang terletak di wilayah Hokuriku, Pulau Honshu. Toyama sudah terkenal sejak Zaman Edo sebagai tempat penjualan obat, dan dibidang industri lainnya. Toyama juga terkenal dengan keindahan alam dan hasil lautnya yang segar.

Berikut ini 10 makanan khas yang harus kamu cicipi saat berkunjung ke Toyama!

1. Toyama Port Sushi

Sumber gambar: www.taberukoto.jp
Karena letak Toyama Port dekat dengan tempat memancing serta pasar ikan, ikan-ikan segar dan alami yang dihasilkan sangat cocok dihidangkan menjadi sushi. Wisatawan bisa menikmati Toyama Port Sushi di sini, yaitu sepuluh potongan sushi yang disajikan dengan sup miso, biasanya dihidangkan dengan nasi lokal dan ikan lokal yang baru ditangkap di sekitar 60 restoran sushi di seluruh prefektur. Bergantung pada toko, satu porsinya dijual seharga antara JPY 2.000 dan JPY 3.500.

2. Toyama Mountain Degustation

Sumber gambar: www.taberukoto.jp
Toyama adalah sebuah prefektur yang dikelilingi oleh pegunungan, mulai dari pegunungan Tateyama hingga pegunungan lain di sekitarnya. Sangat menarik untuk mencoba seluruh makanan di setiap musimnya, mulai dari sayuran alami pegunungan hingga ikan-ikan air tawar yang segar. Ada delapan restoran di prefektur Toyama yang menawarkan hidangan lezat khas pegunungan, mulai dari JPY 10.000 dan harus melakukan reservasi sebelum datang. Jika memesan menu Toyama Mountain Degustation ini, wisatawan bisa menikmati seluruh makanan setiap musimnya yang ditawarkan dari pegunungan Toyama.

3. Black Ramen Toyama

Black Ramen Toyama Khasnya adalah pada kuah kaldu mi ramen ini berwarna hitam. Bahan baku yang digunakan yaitu shoyu dimasak selama berjam-jam hingga warnanya hitam.

Menu ini semakin istimewa karena resep yang digunakan merupakan hasil kolaborasi sang pemilik yang telah empat kali memenangkan Tokyo Ramen Show di Jepang dengan jawara Iron Chef khusus masakan Cina, Iron Chef Chen. Hasilnya, kuah terasa pedas gurih dan sedikit asin dengan tekstur mi kenyal.

4. Masu Sushi

Sumber gambar: www.taberukoto.jp
Masu sushi adalah salah hidangan klasik Toyama. Daging ikan merah muda yang dihidangkan di atas piring begitu mencolok, pastinyaa menggugah selera dari aroma segar daun bambu dan bunga sakura yang mekar. Di bawah ikan trout, nasi putih dengan campuran cuka diletakkan, jadilah hidangan sushi dengan bentuk yang beraturan, yang dipastikan sangat menggugah selera. Ada citarasa spesial dari masing-masing restoran yang menyediakan Masu Sushi ini, citarasa tersebut diturunkan dari generasi ke generasi selama lebih dari 200 tahun.

5. Shinminato Red and White Bowl

Sumber gambar: www.taberukoto.jp
Udang kaca Jepang (atau udang beludru luas) dikenal sebagai permata pelabuhan Toyama dan memiliki tekstur krim yang unik dan kualitas tinggi, rasa manis yang kaya yang tidak akan Anda temukan dalam hal lain. Kepiting salju merah yang hidup di kedalaman di bawah 800M juga dicari karena juiciness dan kualitasnya yang manis.
Di piring ini Anda bisa mencicipi para pemimpin produk pelabuhan Toyama ini dalam satu kesempatan. Hidangan ini hanya ditawarkan antara bulan September dan Mei saat kepiting salju merah tersedia.

6. Whelk Rice

Sumber gambar: www.taberukoto.jp
4 jenis siput air (whelk) tertangkap di pelabuhan Toyama. Mereka dikenal dengan teksturnya yang renyah dan rasanya berasal dari laut dan sering dimakan mentah seperti sashimi atau di piring rebus. Di Kota Uozu di Toyama Anda dapat membeli whelk di atas sajian nasi yang dulu biasa disantap nelayan di rumah kos setelah kembali dari pekerjaan sehari. Salah satu jenis bekicot, "tsubai", direbus dalam cangkangnya, menghasilkan rasa penuh makanan laut dan menciptakan kaldu penuh dengan rasa lembut.

7. Cod Soup (Asahi-machi)

Sumber gambar: www.taberukoto.jp
Daerah sekitar pantai Miyazaki di prefektur Toyama timur terkenal sebagai tempat memancing ikan cod. Sup cod adalah hidangan lokal yang dibuat dengan potongan potongan cod lokal dengan miso. Anda bisa menikmati rasa murni dari bahan aslinya dalam sajian sederhana ini.
Rute nasional 8 berjalan di sepanjang pantai dan dikenal sebagai "jalan sup cod" karena dilapisi oleh tanda-tanda banyak toko yang menawarkan sup cod.

8. Himi Winter Yellowtail

Sumber gambar: www.taberukoto.jp
Kuning yang dikeraskan oleh gelombang kasar Laut Jepang di musim dingin memiliki rasa yang indah dan lapisan lemak yang sempurna. Kuning Himi sangat terkenal di seluruh Jepang sebagai merek dengan kualitas sangat tinggi.
Tersedia mulai bulan November sampai Februari, kuning musim dingin bisa dinikmati di berbagai hidangan spesial termasuk sashimi, sabu sabu kuning, dipanggang dengan garam atau direbus dengan lobak daikon.

9. Firefly Squid

Sumber gambar: www.taberukoto.jp
Di musim semi, pelabuhan Toyama bermandikan cahaya biru putih yang magis dan cumi-cumi kunang-kunang harus muncul dari laut dalam di sekolah-sekolah besar untuk melakukan pemijahan.
Tubuh mereka yang subur berukuran sampai 5-6cm dan, saat dimakan, karung dalamnya terbuka, mengisi mulut Anda dengan rasa yang luar biasa. Mereka bisa dibeli sebagai suvenir, disiapkan dengan citarasa seperti cuka miso atau acar dengan garam.

10. Toyama Lokal Sake

Sumber gambar: www.taberukoto.jp
Toyama adalah salah satu rumah terdepan di Jepang dengan kualitas tinggi, pilih air dengan pasokan alami yang melimpah. Sake lokal Toyama (rice wine) dibuat dari air murni dan nasi lokal yang lezat ini, dan sejumlah merek sake pilihan yang terkenal di seluruh Jepang adalah kebanggaan dan kegembiraan para pembuat Toyama mereka. Sajikan beberapa sake lezat dengan beberapa ikan segar musiman Toyama dan untuk pengalaman yang sangat memanjakan.

Mencicipi berbagai makanan khas daerah yang dikunjungi akan selalu menyenangkan, rasa makanan yang lezat dan unik akan membuat pengalaman wisata yang tidak terlupakan. Cari tahu lebih banyak keindahan Jepang di H.I.S. Travel Indonesia, selain informasi-informasi tentang Jepang bisa kamu dapatkan dengan mudah, tiket ke Jepang murah dan tour-tour dengan harga terjangkau lainnya bisa kamu temukan.