Tips
10 Hal yang Harus Dicatat Sebelum Liburan ke Nepal
2018-01-24 02:21:51
HIS Travel

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan wisatawan saat akan berkunjung ke suatu tempat. Perbedaan iklim dan budaya yang ada di negara tujuan mengharuskan kamu untuk mencatat apa saja yang harus dilakukan dan dihindari selama berlibur di negara tersebut. Nepal merupakan negara terdekat untuk mencapai puncak Himalaya. Nepal akhir-akhir ini menjadi sasaran wisatawan untuk liburan dengan gaya yang berbeda, menyatu dengan masyarakat lokal serta menikmati pemandangan pegunungan yang megah. Berikut ini 10 hal yang harus dicatat sebelum liburan ke Nepal, jangan sampai terlewat ya!

1. Bawa Tisu Toilet
Kebersihan adalah hal yang utama, fasilitas umum yang ada di Nepal kebanyakan tidak menyediakan tisu toilet di toilet umumnya, sehingga untuk menjaga kebersihan sebaiknya siapkan tisu toilet saat packing.

2. Rencanakan Trekking

Sumber gambar: www.mountainiq.com
Saat merencanakan untuk liburan ke Nepal, apa yang terlintas dalam pikiran? Gunung Everest mungkin berada di urutan teratas, hal itu tidak mengherankan karena gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Waktu paling populer untuk pergi trekking di Nepal adalah bulan Februari sampai Mei, dan September sampai Oktober, saat cuaca cerah dan ada suhu yang menyenangkan.

3. Tentang Internet

Sumber gambar: glocalkhabar.com
Jangan terlalu berharap banyak pada internet di Nepal. Faktanya Nepal merupakan negara kedua dengan internet terlama di dunia berdasarkan kecepatan internet, sedangkan Libya merupakan yang pertama. Ada banyak jaringan WiFi yang tidak berfungsi untuk akses internet, jadi persiapkan diri untuk permasalahan internet ini.

4. Gunakan Taksi

Sumber gambar: www.nepalitimes.com
Kamu memang bisa menyewa sepeda motor atau naik bus hingga tuk-tuk di Nepal, tetapi pilihan untuk naik taksi di Nepal adalah pilihan paling cepat dan mudah. Taksi ada di mana-mana, kamu bisa melakukan tawar-menawar tarifnya, dan harganya cukup murah. Kamu hanya perlu membayar 150 sampai 300 Rupee atau sekitar 20,000 hingga 40,000 rupiah dengan rute Bandara KTM ke pusat kota. Apabila kamu ingin pergi ke luar kota dengan jarak tempuh lumayan jauh, kamu bisa melakukan kesepakatan harga terlebih dahulu dengan pengemudinya.

5. Tata Cara Berpakaian

Sumber gambar: www.adventureswithluda.com
Saat mengunjungi kuil, sangat penting untuk berpakaian sopan dan tertutup. Perempuan harus menjaga sebagian besar area yang wajib tertutup mulai dari bahu, dada, hingga di bawah lutut sementara pria harus mengenakan celana panjang tidak diperbolehkan celana pendek. Sediakan selendang panjang di tas saat bepergian di Nepal untuk berjaga-jaga mungkin akan mampir ke kuil.

6. Apakah Nepal Mahal?

Sumber gambar: teronggemuk.com
Nepal adalah negara yang sangat murah. Jadi kamu tidak perlu khawatir mengenai budget untuk biaya sehari-hari di Nepal. Kamu bisa mendapatkan makan siang yang layak dengan harga sekitar 60,000 dan biaya hotel untuk 2 orang sekitar 250,000 - 300,000 rupiah.

7. Uang dan Kartu Kredit 
Pastikan untuk menukar rupiah ke Rupee Nepal sebelum pergi. Sama seperti persiapan ke luar negeri pada umumnya, menukar uang adalah hal yang sangat penting. Nepal masih sangat bergantung pada penggunaan kertas tagihan dan mesin kartu kredit sulit ditemui. Bahkan hampir setiap restoran, kafe, toko souvenir, dan transportasi hanya menerima uang Rupee.

8. Tipping di Nepal

Sumber gambar: www.adventureswithluda.com 
Biasanya tip tidak diperlukan di Nepal. Restoran, kafe, dan hotel sudah menambahkan biaya layanan ke tagihan yang akan kamu terima sebesar 10%. Satu-satunya pengecualian adalah pemandu wisata dan pemandu wisata trekking, kamu bisa memberikan sekitar 15 sampai 20% dari total biaya tur, karena mereka yang memandu yang bertugas menuntun kamu kembali ke jalan pulang.

9. Pakain Berlapis
Cuaca Nepal terkadang tidak bisa diprediksi dan mudah berubah. Saat musim dingin usahakan untuk memakai pakaian berlapis-lapis karena suhu udara kadang menurun secara drastis. Apabila cuaca menghangat, kamu bisa membuka lapisat terluar dan menaruhnya lagi ke dalam tas.

10. Membuat Visa
Tidak perlu khawatir visa Nepal kamu akan ditolak. Mendapatkan visa ke Nepal sangat mudah dan tidak menyulitkan. Saat tiba di bandara KTM, akan ada beberapa loket untuk memasukkan informasi data diri kamu, mengambil selembar kertas cetak, dan pergi ke loket untuk menerima visa kamu. Dikenai biaya sebesar 25USD per 15 hari.

Itulah hal yang harus dicatat sebelum liburan ke Nepal. Persiapkan untuk liburan yang berbeda di musim dingin. Lihat informasi mengenai destinasi musim dingin lainnya di H.I.S. Travel Indonesia!