Food
10 Cemilan Klasik Khas Korea Yang Bisa Menemanimu Bersantai Ria Ketika Sedang Di Korea
2017-09-22 09:04:43
HIS Travel

Jika selama ini makanan Korea yang terkenal adalah Kimchi, Korean BBQ, dan Bulgogi, Anda juga perlu tau tentang cemilan klasik dari Negeri Ginseng ini. Cemilan klasik khas Korea ini sudah diwariskan secara turun temurun loh!

Meskipun cemilan klasik khas Korea ini terbilang murah dan banyak yang dijajakan di pinggiran jalan, cita rasanya yang oriental membuatnya layak untuk Anda coba saat sedang berwisata ke Korea. Untuk itu, pastikan Anda mengenali terlebih dahulu tentang cemilan klasik khas Korea yang akan H.I.S Travel Indonesia bahas di artikel berikut ini.

Oke, selamat menyimak ya!

1. Bungeoppang, Salah Satu Cemilan Klasik Khas Korea Yang Paling Banyak Dicari!

Sumber : https://www.flickr.com/photos/68704365@N04/6868592763/

Bungeoppang adalah cemilan khas musim dingin di Korea. Walaupun berbentuk ikan, tapi bukan berarti ia berbahan dasar ikan ya! Bungeoppang terbuat dari adonan tepung terigu yang kemudian dicetak dengan bentuk ikan, dan dipanggang. Biasanya cemilan ini diisi dengan selai kacang merah, ubi manis, coklat dan chesnut. Karena merupakan cemilan khas musim dingin, tentu nyaman cocok bila disajikan saat masih hangat.

Tahukah Anda jika cara memakan Bungeoppang dapat memperlihatkan kepribadian seseorang? Jika seseorang makan Bungeoppang dari bagian kepala, maka biasanya orang itu bersifat optimisik dan bersemangat. Tapi jika ia memakannya dari bagian ekor, maka orang itu cenderung memiliki bersifat sensitif, romantis dan fashionable.

2. Gukwa-Ppang, Kembaran Bungeoppangyang Tidak Kalah Nikmat!

Sumber : https://viral.kincir.com/

Jika Bungeoppang berbentuk ikan, Gukwa-ppang ini berbentuk seperti bunga. Sangat cocok untuk dijadikan cemilan musim dingin, seperti Bungeoppang. Gukwa-ppang terbuat dari adonan tepung yang dicetak berbentuk bunga krysan dan diisikan dengan pasta kacang merah.

3. Gyeran Ppang Atau Roti Telur Yang Paling Nikmat Untuk Disantap Saat Hangat!

Sumber : https://www.flickr.com/photos/avitania/15634406251/

Cemilan klasik khas Korea yang satu ini, adalah salah satu makanan yang paling banyak diminati saat musim dingin. Gyeran Ppang merupakan sajian roti yang bagian atasnya ditambahkan telur ayam yang dipanggang bersamaan dalam oven. Rasanya yang manis dan gurih, membuatnya laris manis ketika dijual dipinggir jalan. Terlebih saat ia masih hangat. Duh, menggoda sekali!

4. Hotteok, Sejenis Pancake yang Wajib Anda Coba!

Sumber : https://www.flickr.com/photos/132903639@N07/35847178452/

Hotteok biasanya digoreng dan dimakan selagi hangat. Bentuknya bulat dan tebal serta berisi pasta kacang. Adonannya terbuat dari campuran tepung terigu dan tepung beras ketan yang diencerkan kemudian ditambahkan gula, susu dan ragi.

Isiannya (pasta kacang) terdiri dari campuran gula coklat, madu, kacang tanah halus dan aroma kayu manis. Beberapa variasi hotteok ada yang dicampurkan tepung jagung atau teh hijau dalan adonannya, lalu cara memasaknya juga ada yang dipanggang.

5. Songpyeon, Kue Beras yang Imut Dan BiasaTersaji Di Hari Raya
Sumber : https://www.flickr.com/photos/yuhwangwu/8030116887/

Songpyeon merupakan kue beras khas Korea (tteok) yang terbuat dari adonan tepung beras yang dimasak dengan cara dikukus dan berbentuk bulan sabit. Isiannya berupa saus kacang merah, kacang kedelai chesnut, jujube dan wijen.

Tapi ada juga Songpyeon yang tidak ada isinya. Ketika dikukus, Songpyeon ditambahkan duri cemara diatasnya agar kue tidak lengket satu sama lain dan membuat rasa menjadi lebih enak.

Songpyeon biasanya disajikan pada hari raya Chuseok atau pesta panen setiap bulan September. Pada hari raya tersebut, setiap keluarga di Korea akan memberi persembahan kepada arwah nenek moyang di altar. Selain dijadikan salah satu makanan persembahan, Songpyeon juga dibuat bersama-sama dalam keluarga lalu kemudian dibagikan kepada tetanga dan kerabat.

6. Tteok, Cemilan Klasik Khas Korea Yang Terbuat Dari BerasKetan. Penasaran Dan InginMencobanya?
Sumber : https://www.flickr.com/photos/9484242@N03/9548380104/

Tteok adalah cemilan khas Korea yang terbuat dari ketan. Di hari raya, Tteok dibuat sebagai kue dengan rasa yang manis. Tteok yang berasal dari ketan biasanya akan diolah menjadi makanan lain seperti Tteokbokki, Pojangmacha, dan Tteokguk.

Tteok yang berasal dari ketan biasanya dibuat menjadi kue yang manis dengan tambahan madu atau pun gula. Kadang kala labu parang, kacang hijau, kacang azuki atau wijen juga di bubuhkan untuk memperkaya cita rasa cemilan klasik khas Korea yang satu ini.

Cara pembuatan Tteok bisa dilakukan dengan 4 cara. Meskipun begitu, baik dikukus, ditumbuk, direbus atau ditumis, cemilan ini sama enaknya. Tteok yang masih tradisional, dibuat dengan cara dikukus atau yang biasa disebut sirutteok.

7. Yaksik atau Yakbab
Sumber : https://www.flickr.com/photos/koreanet/23578006814/

Secara harfiah, Yaksik ini berarti makanan obat atau nasi obat. Yaksik ini terbuat dari tteok yang dicampur kacang, minyak wijen, madu, kecap dan gula lalu dikukus dengan jujube, kastanye dan kacang cemara.

Yaksik atau Yakbab ini merupakan kue khas festival Jeongwol Daeboreum atau perayaan bulan purnama pertama pada kalender lunar. Tetapi sekarang Yaksik juga biasa dimakan di beberapa hari libur Korea yang lain.

8. Han-Gwa, Biskuit Tradisional Korea Yang Nikmat Untuk Disantap Di Waktu Luang Anda
Sumber :https://www.flickr.com/photos/23261682@N05/2238863362/

Han-gwa bermakna Kue Korea, terbuat dari bahan dasar tepung beras yang ditambahkan madu, gula, minyak wijen dan bahan-bahan lain. Han-gwa memiliki beberapa jenis yaitu:

  • Yakgwa, terbuat dari tepung beras dengan minyak wijen yang dicetak seperti bunga lalu digoreng. Kemudian dicelup madu, sari jahe, arak dan ditaburkan bubuk kulit manis. Yakgwa biasanya disajikan sebagai sesajen pada jesa atau hidangan disaat pesta.
  • Gangjeong, kue mungil seukuran jari yang renyah dan kopong di tengah-tengah. Terbuat dari tepung beras ketan yang dicampur dengan arak dan air, dikukus lalu digoreng. Kemudian dicelupkan kedalam madu, ditaburi wijen dan biji-bijian. Biasanya dihidangkan saat pesta.
  • Dasik, kue tepung beras yang dicampur dengan madu dan serbuk sari lalu dicetak.
9. Chapssaltteok, Kue Mochi Ala Korea
Sumber : http://informationkorea.com/

Kue ini mirip seperti Mochi yang ada di Indonesia yang berisikan kacang hijau. Chapssaltteok merupakan variasi tteok yang diisi dengan pasta kacang merah. Biasanya dijadikan makanan penutup, atau buah tangan untuk sanak saudara saat seseorang pulang berpergian.

10. Maejakgwa atau Tareagwa Yang Patut Anda Coba!
Sumber : http://m.kenterin.net/

Maejakgwa berbentuk mirip kulit pangsit goreng yang bertekstur tipis dan renyah serta berwarna warni dengan rasa jahe. Bagian luarnya biasanya ditaburi kacang pinus yang sudah dihancurkan kasar dan kayu manis bubuk.

 

Nama Maejakgwa, diambil dari bentuknya yang mirip dengan burung pipit. ‘Jak’ yang berarti burung pipit dan ‘Mae’ dari kata ‘Maehwa’ yang berarti pohon aprikot tempat biasa burung pipit hinggap. Seperti hal tampilannya, cita rasa cemilan ini tak kalah unik. Patut anda coba!

Bagaimana pendapat Anda tentang cemilan klasik khas Korea diatas? Makin penasaran dengan cita rasanya yang menggoda selera? Bila iya, jangan lupa untuk mencicipi Cemilan klasik khas Korea saat Anda berwisata kesana bersama H.I.S Travel Indonesia nanti ya!