Tips
kumpulan bahasa Jepang praktis yang harus dipahami
2018-05-01 08:55:16
HIS Travel

Jepang adalah salah satu negara yang sangat mempesona, jika kalian ingin berkunjung ke Jepang untuk berlibur maka kalian harus belajar sedikit mengenai bahasa Jepang ya. Walau mungkin kalian tidak bisa berbahasa Jepang dengan fasih, tapi setidaknya kalian harus mengetahui beberapa frasa Jepang sehingga ketika sampai di negara tersebut kita bisa sedikit menyapa atau berbicara singkat dengan warga lokal disana. Nah kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada kalian mengenai kumpulan bahasa Jepang praktis yang harus dipahami. Pastikan untuk memahami artikel di bawah ini agar semakin lancar bahasa Jepangnya ya :

Hasil gambar untuk japan speak

image source : google

Salam

Ketika berkunjung ke negara lainnya, seharusnya kita juga harus sudah paham bagaimana cara mengucapkan salam menggunakan bahasa negara tersebut. Sehingga ketika kita tersesat di jalan maka akan lebih mudah untuk bertanya dan selain itu kita juga dianggap sebagi turis yang sopan dan ramah. Kali ini kami akan memberikan beberapa frasa untuk salam yang harus kalian hafalkan sebelum pergi ke Jepang. Berikut ini beberapa salam yang harus kalian pelajari :

Ohayo Gozaimasu

Ohayo Gozaimasu berarti “selamat pagi” dan dilafalkan dengan [ohayo: gozaimas]. Kalian bisa mengucapkan salam ini di pagi hari.

Konnichiwa

Konichiwa berarti “selamat siang” dan dilafalkan dengan [konnichiwa]. Kalian bisa menyapa warga Jepang yang kalian temui pada siang hari menggunakan konnichiwa. Dan untuk bagian nni sebaiknya agak diperpanjang sehingga aksen bahasa Jepangnya lebih kental.

Konbanwa

Konbanwa berarti”selamat malam” dan dilafalkan dengan [kombanwa]. Kalian bisa menyapa warga lokal pada malam hari menggunakan frasa ini. Huruf w yang ada pada frasa ini cara mengucapkannya sama seperti huruf w yang ada di dalam kata went. Namun diucapkan dengan lembut tanpa bibir dibulatkan.

Dewa Mata

Dewa mata adalah bahasa Jepang yang berarti “sampai bertemu lagi” dan dilafalkan dengan [dewa mata]. Dewa mata adalah ucapan selama tinggal yang formal dan bisa kalian ucapkan sambil tersenyum.

Oyasumi Nasai

Salam yang terakhir yang bisa kalian ucapkan adalah Oyasumi Nasai yang berarti “selamat beristirahat” dan dilafalkan dengan [oyasumi nasai]. Kalian bisa mengucapkan ini kepada orang Jepang sewaktu berpisah pada malam hari.

Ungkapan Reaksi

kumpulan bahasa Jepang praktis yang harus dipahami yang selanjutnya adalah Ungkapan reaksi. Selain mengucapkan salam yang sudah kita bahas di atas tadi, kalian juga harus memahami beberpa ungkapan reaksi sehingga kalian bisa berinteraksi sedikit-sedikit dengan orang Jepang. Berikut adalah beberapa ungkapan reaksi yang harus kalian hafalkan :

Hai

Hai berarti “iya” dan dilafalkan dengan [hai]. Hai adalah kata persetujuan dan memiiki tingkatan yang formal ya. Hampir sama dengan (un) hanya saja kata (un) itu lebih tidak formal dan sebaiknya hanya dikatakan kepada teman saja.

Iie

Kata selanjutnya yang bisa kamu hafal adalah Iie yang berarti “tidak” dan dilafalkan dengan [ie]. Mengungkapkan ketidaksetujuan, pengucapannya biasa ya.

Arigato Gozaimasu

Semua orang mungkin sudah tahu ya arti dari kata yang satu ini. Arigato Gozaimasu ini berarti “terima kasih” dan dilafalkan dengan[arigato: gozaimas]. Setelah bertanya pada warga lokal atau setelah membeli mungkin kalian bisa mengucapkan kata terimakasih ini sambil tersenyum. Dengan mengucapkan kata ini sambil tersenyum maka masyarakat Jepang akan  mengenal jika Indonesia memiliki turis yang ramah.

Kata yang sering diucapkan

Setelah mengetahui beberapa salam dan juga ungkapan reaksi, sekarang kami akan memberitahu kepada kalian mengenai kata yang sering diucapkan di toko atau mungkin kota di Jepang. Dengan memahami kata serbaguna di bawah ini mungkin akan memudahkan kalian jika ingin berinteraksi dengan warga lokal. Berikut adalah beberapa akta yang sering diucapkan :

Sumimasen

Kata serbaguna yang pertama adalah sumimasen yang bisa berarti banyak yaitu “permisi, maaf, atau mungkin terima kasih”. Dilafalkan dengan [sumimasen], lalu pada keadaan apa saja kita bisa mengucapkan sumimasen? Kita bisa mengucapkan kata ini untuk mengungakpan rasa maaf yang tidak terlalu serius, mengucapkan terima kasih atau permisi. Karena pelafalannya yang cukup sulit Sumimasen ini artinya sama saja dengan suimasen yang dilafalkan dengan [suimasen]. Memiiki arti yang sama yaitu permisi, maaf, dan juga terima kasih.

Massugu, Migi, Hidari

Kata selanjutnya yang harus kalian hapalkan adalah Massugu, Migi, dan juga Hidari yang dilafalkan sebagai [massugu], [migi], [hidari]. Massugu memiliki arti lurus, sedangkan migi memiliki arti kanan, dan hidari itu berarti kiri. Kata ini harus kalian hapalkan sehingga ketika nanti kita mungkin bertanya arah kepada warga lokal kita bisa mengetahui arti dari jawaban para warga. Sehingga tidak lagi tersesat ya.

Oikura Desuka

Kata ini juga wajib kalian hafalkan, karena ketika ke Jepang kalian pasti akan belanja oleh-oleh dan juga belanja makanan bukan dan pasti kalian perlu bertnaya tentang harga juga. Oikura Desuka berarti “harganya berapa?” dan dilafalkan dengan [oikura deska]. Sehingga kalian bisa bertanya berapa harga barang yang akan kalian beli dengan frasa ini ya.

Nah itu dia beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada kalian semua mengenai kumpulan bahasa Jepang praktis yang harus dipahami. Jika ingin mendapatkan liburan ke Jepang yang murah dan terjamin maka kami sarankan agar kalian mempercayakan liburan kali ini kepada HIS Travel Indonesia yang melayani client dengan baik dan sepenuh hati. Semoga artikel tentang Jepang yang kami berikan kali ini bermanfaat bagi kalian semuanya ya!